Peningkatan Motivasi dan Koneksi Matematis Siswa SMP Melalui Pictorial Riddle

Kiki Febrianti Santoso, Kusaeri Kusaeri, Agus Prasetyo Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan motivasi dan koneksi matematis siswa SMP melalui pictorial riddle. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 55 Surabaya. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini ada 4 siswa. Pemilihan subjek dilakukan secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket motivasi, lembar tes koneksi matematis dan pedoman wawancara. Lembar angket motivasi berisi 15 pernyataan yang sesuai dengan indikator motivasi, lembar tes koneksi matematis berisi 3 soal yang sesuai dengan indikator koneksi matematis dan pedoman wawancara berisi 11 pertanyaan yang sesuai dengan indikator koneksi matematis. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan wawancara. Teknik analisis data yaitu analisis hasil angket berdasarkan indikator motivasi, analisis hasil tes dan wawancara berdasarkan indikator koneksi matematis. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu motivasi dan koneksi matematis siswa mengalami peningkatan setelah penggunaan pictorial riddle. Peningkatan ini terlihat dari hasil angket motivasi dan hasil tes koneksi matematis yang menunjukkan terpenuhinya semua indikator motivasi dan koneksi matematis setelah penggunaan pictorial riddle.


Keywords


Motivasi, Koneksi Matematis, Pictorial Riddle

Full Text:

PDF

References


Astalini, Dwi Agus Kurniawan, Ririn Melsayanti, dan Afka Destianti. (2018). “Sikap Terhadap Mata Pelajaran IPA Di SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi”, Lentera Pendidikan, Vol. 21 No. 2, 216.

Hasibuan, Eka Khairani. (2018). “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP Negeri 12 Bandung”, AXIOM, Vol. 7 No. 1, 29.

Ismail, Husain. (2014). “Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas V SD Inpres Palupi”. Kreatif Tadulako Online, Vol. 4 No. 4. 343

Kristianingsih, D. D., S. E. Sukiswo, dan S. Khanafiyah. (2010). “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Pictorial Riddle Pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik di SMP”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6, 11.

Kusaeri, K., & Cahyan, E. D. H. (2016). Sikap, harapan, dan persepsi siswa pada Matematika serta implikasinya terhadap kemampuan regulasi diri. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(2), 114-121.

Kusaeri, K. (2017). Historiografi Matematika: Rujukan paling otoritatif tentang sejarah perkembangan Matematika. Yogyakarta: Penerbit Matematika.

Kusaeri, K. (2020). Reorientasi penilaian pembelajaran Matematika: Dulu, kini, dan mendatang. Naskah Pidato Pengukuhan Guru Besar Bidang Evaluasi pembelajaran Matematika. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Merdian, Arista, Veny Triyana Andika Sari dan Asep Ikin Sugandi. (2018). “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Keaktifan Siswa SMA Dengan Pendekatan Problem Posing”. Sosiohumaniora, Vol. 4 No.1. 45

Middleton, J. A. dan P. A. Spanias. (1999). “Motivation for achievement in mathematics: Findings, generalizationand criticism of th research”, Journal for Research in Mathematics Education, 30 (1), 65-88

Misyanto. (2016). “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika”. Anterior Jurnal, Vol. 15 No. 2. 149

Muhalim. (2015). “Improving The Students’ Motivation in Speaking by Using Pictorial Riddle”. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP) FKIP Unismuh Makassar, Vol. 2 No. 1, 88.

Nurbaiti, Siti Halidjah, dan Kartono, “Peningkatan Proses Pembelajaran Kelipatan dan Faktor Menggunakan Pita Bilangan”.

Romli, Muhammad. (2008). “Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA dengan Kemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 2. 146.

Saminanto dan Kartono. (2015). Analysis Of Mathematical Connection Ability In LinearEquation With One Variable Based On Connectivity Theory. International Journal of Education and Research

Skinner, E. dan M. Belmont. (1991). A Longitudinal study of motivation in school: Reciprocal effects of teacher behavior and student engagement. Unpublished manuscript, University of Rochester, NY.

Suhendra. (2007). Materi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Syaripah. (2016). “Pengaruh Persepsi Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Dalam Bidang Matematika Di Sekolah SMAN 1 Curup Timur T. P 2015/2016”, EduTech, Vol. 2 No. 2, 129.

Trowbridge, Lesli W. dan Rodger W. Bybee. (1990). Becoming A Secondary School Science Teacher. Ohio: Prentice-Hall.

Ulya, Iik Faiqotul, Rana Irawati, dan Maulana. (2016). “Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual”. Pena Ilmiah, Vol.1 No.1, 128

Uno, Hamzah B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v7i1.4898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

   

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License