Peningkatan Motivasi dan Koneksi Matematis Siswa SMP Melalui Pictorial Riddle

Authors

  • Kiki Febrianti Santoso UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Kusaeri Kusaeri UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Agus Prasetyo Kurniawan UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v7i1.4898

Keywords:

Motivasi, Koneksi Matematis, Pictorial Riddle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan motivasi dan koneksi matematis siswa SMP melalui pictorial riddle. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 55 Surabaya. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini ada 4 siswa. Pemilihan subjek dilakukan secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket motivasi, lembar tes koneksi matematis dan pedoman wawancara. Lembar angket motivasi berisi 15 pernyataan yang sesuai dengan indikator motivasi, lembar tes koneksi matematis berisi 3 soal yang sesuai dengan indikator koneksi matematis dan pedoman wawancara berisi 11 pertanyaan yang sesuai dengan indikator koneksi matematis. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan wawancara. Teknik analisis data yaitu analisis hasil angket berdasarkan indikator motivasi, analisis hasil tes dan wawancara berdasarkan indikator koneksi matematis. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu motivasi dan koneksi matematis siswa mengalami peningkatan setelah penggunaan pictorial riddle. Peningkatan ini terlihat dari hasil angket motivasi dan hasil tes koneksi matematis yang menunjukkan terpenuhinya semua indikator motivasi dan koneksi matematis setelah penggunaan pictorial riddle.

References

Astalini, Dwi Agus Kurniawan, Ririn Melsayanti, dan Afka Destianti. (2018). “Sikap Terhadap Mata Pelajaran IPA Di SMP Se-Kabupaten Muaro Jambiâ€, Lentera Pendidikan, Vol. 21 No. 2, 216.

Hasibuan, Eka Khairani. (2018). “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP Negeri 12 Bandungâ€, AXIOM, Vol. 7 No. 1, 29.

Ismail, Husain. (2014). “Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas V SD Inpres Palupiâ€. Kreatif Tadulako Online, Vol. 4 No. 4. 343

Kristianingsih, D. D., S. E. Sukiswo, dan S. Khanafiyah. (2010). “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Pictorial Riddle Pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik di SMPâ€. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6, 11.

Kusaeri, K., & Cahyan, E. D. H. (2016). Sikap, harapan, dan persepsi siswa pada Matematika serta implikasinya terhadap kemampuan regulasi diri. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(2), 114-121.

Kusaeri, K. (2017). Historiografi Matematika: Rujukan paling otoritatif tentang sejarah perkembangan Matematika. Yogyakarta: Penerbit Matematika.

Kusaeri, K. (2020). Reorientasi penilaian pembelajaran Matematika: Dulu, kini, dan mendatang. Naskah Pidato Pengukuhan Guru Besar Bidang Evaluasi pembelajaran Matematika. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Merdian, Arista, Veny Triyana Andika Sari dan Asep Ikin Sugandi. (2018). “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Keaktifan Siswa SMA Dengan Pendekatan Problem Posingâ€. Sosiohumaniora, Vol. 4 No.1. 45

Middleton, J. A. dan P. A. Spanias. (1999). “Motivation for achievement in mathematics: Findings, generalizationand criticism of th researchâ€, Journal for Research in Mathematics Education, 30 (1), 65-88

Misyanto. (2016). “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematikaâ€. Anterior Jurnal, Vol. 15 No. 2. 149

Muhalim. (2015). “Improving The Students’ Motivation in Speaking by Using Pictorial Riddleâ€. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP) FKIP Unismuh Makassar, Vol. 2 No. 1, 88.

Nurbaiti, Siti Halidjah, dan Kartono, “Peningkatan Proses Pembelajaran Kelipatan dan Faktor Menggunakan Pita Bilanganâ€.

Romli, Muhammad. (2008). “Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA dengan Kemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematikaâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 2. 146.

Saminanto dan Kartono. (2015). Analysis Of Mathematical Connection Ability In LinearEquation With One Variable Based On Connectivity Theory. International Journal of Education and Research

Skinner, E. dan M. Belmont. (1991). A Longitudinal study of motivation in school: Reciprocal effects of teacher behavior and student engagement. Unpublished manuscript, University of Rochester, NY.

Suhendra. (2007). Materi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Syaripah. (2016). “Pengaruh Persepsi Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Dalam Bidang Matematika Di Sekolah SMAN 1 Curup Timur T. P 2015/2016â€, EduTech, Vol. 2 No. 2, 129.

Trowbridge, Lesli W. dan Rodger W. Bybee. (1990). Becoming A Secondary School Science Teacher. Ohio: Prentice-Hall.

Ulya, Iik Faiqotul, Rana Irawati, dan Maulana. (2016). “Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstualâ€. Pena Ilmiah, Vol.1 No.1, 128

Uno, Hamzah B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2020-10-10

How to Cite

Santoso, K. F., Kusaeri, K., & Kurniawan, A. P. (2020). Peningkatan Motivasi dan Koneksi Matematis Siswa SMP Melalui Pictorial Riddle. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 7(1), 1–8. https://doi.org/10.33474/jpm.v7i1.4898