PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUSPASIAL PADA KECERDASAN VISUAL SPASIAL PADA TINGKAT PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-6 TAHUN

Authors

  • Linda Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Kartika Rinakit Adhe Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian berikut ini untuk mengetahui tingkat keefektifan media game eduspasial yang menggunakan aplikasi dan mudah diakses melalui handphone. Kecerdasan visual spasial bertujuan untuk membuat seseorang memiliki tingkat keahlian dalam memahami secara mendalam hubungan antara objek, ruang dan numerik. Game Eduspasial menjadi faktor penunjang yang dibuat agar anak memiliki minat belajar dirumah yang dapat mengasah kecerdasan visual spasial anak melalui konsep bermain game spasial, tujuan dari pembuatan game eduspasial ini untuk menambah pengetahuan anak dalam mengenal huruf, konsep, numerik yaitu berhitung bahkan dapat menyusun puzzel. Sehingga dengan anak bisa bermain game eduspasial ini diharapkan bisa menunjang anak dalam belajar dan mengasah kemampuan kecerdasan visual spasial pada anak usia diniJenis penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek pengambilan sampel adalah validator media,  validator  materi dan 30 anak usia 4-6 Tahun. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik penyebaran kuesioner online melalui google form disertai link game pendukung prosedur penggunaan media game eduspasial. Kelayakan uji coba ahli media diperoleh hasil dengan kriteria “baik†keterangan “layak†(80%), uji coba ahli materi diperoleh hasil dengan kriteria “baik†keterangan “layak†(80%), uji coba oleh orang tua diperoleh hasil dengan kriteria “sangat baik†keterangan “sangat layak†(89%). Dari penelitian ini kiranya anak mampu melatih dan mengasah kecerdasan visual spasialnya dengan media yang tersedia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka media pembelajaran game eduspasial yang didesain khusus untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial anak ini mampu menunjang proses belajar anak ini layak dan efektif digunakan pada pembelajaran kecerdasan visual spasial untuk anak usia dini.

Kata Kunci : Kecerdasan Visual Spasial, Game Eduspasial.

References

Haryati, S,. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalahh Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.

Howard, Gardner. 2013 . Multiple Intellegences. Jakarta : Daras Books.

Ivy Savitri , Montesssori for Multiple Intelligences ( Bentang Pustaka, 2019), 7.

Leslie, Terry, dan George. (2012). Basics Of Early Childhood Management. America : South Western Publishing Compani.

Linda Campbell and Bruce Campbell “ Multiple Intelligences: Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan,†Alih Bahasa: Tim Inisiasi). Depok: Inisiasi Pers (2002): 108.

Mahnun, N. (2012) . Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-34 https:// http://ejournal.uin-suska.ac.id.

Musfiroh, T. 2014.“Pengembangan Kecerdasan Majemuk.†Jurnal Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences) Volume 60. (Hlm 1–60). TM.pdf

Mutiah & Srikandii , S. (2021). Konsep Pengembangan Kreativitas AUD. Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(1), 1-15.

Kasmadi & Nia, S Sunariah, (2013). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Kristanto, Anndi. 2016. Media Pembelajaran. Surabaya: Penerbit Bintang Surabaya.

Panji Tok. 2013. “Metode Penelitian R&D (Research and Development)â€, https://www.edubio.info/2013/09/penelitian-rresearch-and-development.html, diakes pada 29 Februari 2020 pukul 22.08.

Redi AwalMaulaa. . Math Untuk Anak Usia Dini. Sumedang, 2002.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Safariia Aan T. 2010. Mengembangkan Kecerdasan Anak: Meningkatkan Kemampuan IQ Anak Agar Tumbuh Cerdas. Yogjakarta: Pohon Cahaya

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudono, Anggani. Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Grasindo, 2000.

Sujana, P. Syukri, A., & Musa, M. (2019). Melalui Kegiatan Mencoret, Merobek dan Meenempel (3M) Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Autis Di Taman Kanak-Kanak Buah Hati Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Suharni, Wahyuni, S., & Astri, Y. (2021). Improving Environmental Care Attitudes Of Early Childhood By Utilizing Reecycled Materials. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2),2017-2024. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.783

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Dadan. Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media, 2016.

Downloads

Published

2022-05-12

How to Cite

Sari, L., & Adhe, K. R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUSPASIAL PADA KECERDASAN VISUAL SPASIAL PADA TINGKAT PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-6 TAHUN. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1–17. Retrieved from https://riset.unisma.ac.id/index.php/thufuli/article/view/13773