Hubungan antara Kegiatan Bermain Benda Alam terhadap Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini (Penelitian di Kelompok B1 RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung)

Authors

  • Nurfitriyani Nurfitriyani Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aam Kurnia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Syam’iyah Syam’iyah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33474/thufuli.v4i1.15810

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas kegiatan bermain benda alam, realitas kemampuan mengenal angka anak usia dini, hubungan antara kegiatan bermain benda alam terhadap kemampuan mengenal angka anak usia dini di kelompok B1 RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung. Metode  penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelompok B1 RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung pada Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 18 anak. Hasil analisis pada kegiatan bermain benda alam diperoleh nilai rata-rata sebesar 84. Angka tersebut berada pada interval 80 – 100 dengan kategori sangat baik. Sedangkan, kemampuan mengenal angka anak usia dini diperoleh nilai rata-rata sebesar 76. Angka tersebut berada pada interval 70 – 79 dengan kategori baik. Hubungan antara kegiatan bermain benda alam terhadap kemampuan mengenal angka anak usia dini diperoleh harga koefisien korelasi melalui rumus Spearman Rank (  sebesar 0,71. Angka koefisien korelasi ini termasuk pada kategori kuat karena berada pada interval 0,600-0,799. Hasil uji signifikansi diperoleh  = 4,0329 ˃ harga  = 2,120. Artinya hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dengan kata lain, kegiatan bermain benda alam memiliki hubungan positif yang signifikan dengan kemampuan mengenal angka anak usia dini di Kelompok B1 RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung. Adapun kontribusi/pengaruh kegiatan bermain benda alam terhadap kemampuan mengenal angka anak usia dini sebesar 50,41%. Hal ini menunjukkan terdapat 49,59% faktor lain yang mempengaruhi kemampuan mengenal angka anak usia dini.

References

B.E.F. Montolalu. (2007). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fitriyanti. (2015). “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1 –10 Dengan Media Gambar Asosiatif (di Kelompok B Tk Budi Rahayu) “.

Hasan Maimunah. (2012). Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press

Hayati, Tuti. (2014). Pengantar Statistika Pendidikan. Bandung: CV. Insan Mandiri.

Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Latif, Mukhtar. Dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Muhibbin, Syah. (2003). Psikologi Belajar. Depok: Raja Gr afindo Persada.

Rakimahwati, R., & Marlina, S. (2018). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Jurnal Usia Dini, 4(2), 102-110.

Risaldy, sabili, (2014). Bermain, Berceritan dan Menyanyi Bagi AUD. Jakarta Timur: Luxima Metro Media.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sri Rejeki. (2015). “Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 sebagai Lambang Banyaknya Benda melalui Media Benda Alam pada Anak Kelompok “Aâ€Tk Al Husna Yogyakartaâ€.

Suryana, Dadan. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP

Suyadi. (2011). Manajemen PAUD. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Yogyakarta: Hikayat Publising.

Tedjasaputra, Mayke S. (2001). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT. Grasindo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor. 20. Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1, Pasal 1, Butir 14.

Sulyandari, Ari Kusuma. (2017) Representasi Simbol Matematika pada Aktivitas bermain di Anak TK. http://pasca.um.ac.id/repository/index.php/ 2016/11/05/ representasi-simbol-matematika-pada-proses-bermain-di-anak-tk/ (online) diakses tanggal 5 Mei 2022

Downloads

Published

2022-06-08

How to Cite

Nurfitriyani, N., Kurnia, A., & Syam’iyah, S. (2022). Hubungan antara Kegiatan Bermain Benda Alam terhadap Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini (Penelitian di Kelompok B1 RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung). Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 57–64. https://doi.org/10.33474/thufuli.v4i1.15810