PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK B DI KB PUTRA BANGSA

Authors

  • Dwi Imam Efendi Universitas PGRI Ronggolawe
  • Erlin Nur Azizah Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6839

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebesar mana kemampuan berbicara  melalui media gambar pada Kelompok Bermain Putra Bangsa Desa. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif.   Subjek penelitian yaitu siswa Kelompok B yang berjumlah 24 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Penelitian dilakukan di Kelompok B di KB Putra Bangsa Ngemplak  Kecamatan Baureno   Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019. Data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan berbicara melalui media gambar pada kelompok B di Kelompok Bermain Putra Bangsa Desa Ngemplak Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai dengan sebesar 92,7% anak mampu berbicara lancar, 91,7% anak mampu berbicara menggunakan artikulasi yang jelas, 96,9% anak mampu berbicara menggunakan kalimat yang lengkap (S-P-O-K).

References

Djuanda, Dadan. (2006) Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.

Efendi, Dwi Imam. (2019). Pengaruh Latihan Ladder Drill Terhadap Kelincahan Pada Anak Usia Dini Kelompok B di Taman Kanak-kanak Khoiriyatussibyan. Prosiding SNasPPM. Volume 4 No 1, 16-21

Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Ihtiar, Citra. (2015). Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Pada Anak Kelompok A Di TK PKK Gedongkiwo Mantrijeron Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru PAUD. Volume 4 No 9.

Isnaini, Siti Nur Indah. 2019. Pelaksanaan Metode Bercakap-Cakap Dalam Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Kelompok B. 1 Di RA Permata Belia Kalipancur Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Semarang: UIN Walisongo.

Jalongo, Mary Renck (2000). Early Childhood Language Arts: Meeting Diverse Literacy Needs through Collaboration with Families and Professionals. United State: Allin Bacon.

Poerwadarminta, W J S. (2003). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Riyanto, Arifah A.(2002). Teori Busana. Bandung: Yapemdo.

Sadiman, Arief S. (2009). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Perss.

Sri, Wahyuni. (2016). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Krama Alus Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 1 Baki Sukoharjo Tahun 2015/206. Skripsi. Surabaya: Universitas Widya Dharma.

Sudijono, Anas. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suyanto, Slamet (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Downloads

Published

2020-06-10

How to Cite

Efendi, D. I., & Azizah, E. N. (2020). PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK B DI KB PUTRA BANGSA. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 14–23. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6839