PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN GULAI TIKUNGAN BLOK M

Authors

  • Muhammad Fuad Khasan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA
  • Ety Rochaety Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA
  • Deni Adha Akbari Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.33474/jimmu.v6i1.10130

Abstract

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dari 100 responden dari komunitas kebayoran lama utara ja yang pernah mengunjungi gulaitikungan blok m. pengolahan data menggunakan analisis regresi dengan menggunakan statistik ibm spss 25. Hasil penelitian menemukan bahwa kualitas produk dan kualitas layanan media berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. , hal ini terlihat dari hasil nilai fhitung sebesar 108,253 lebih besar dari nilai tabel (n = 98, 2) 3,09 atau 108,253 > 3,09 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti variabel bebas (x ), yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (y) yaitu kepuasan konsumen. Hasil ini menunjukkan bahwa dengan meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan gulaitikunganblok m diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. kepuasan konsumen dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kualitas produk dan kualitas layanan.

Kata Kunci:  Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.

 

            This studi aims to determine the effect of product quality and service quality on purchasing decisions. the data were collected using a questionnaire from 100 respondents from the kebayoran lama utara ja community who had visited gulaitikungan blok m. the data were processed using regression analysis using ibm spss statistics 25. the results of the studi found that product quality and service quality media had a positive and significant effect on consumer satisfaction. , this can be seen from the results of the value of fcount of 108,253 greater than the value of the table (n = 98, 2) 3.09 or 108,253> 3.09 and the significance value of 0.000 <0.05, which means the independent variable (x), namely product qualyoity, service quality, together or simultaneously have a significant effect on the dependent variable (y), namely consumer satisfaction. these results indicate that to improve product quality and service quality gulaitikunganblok m is expected to increase customer satisfaction. consumer satisfaction can be increased by improving product quality and service quality.

Keywords:  Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction.

References

Abimanyu, T., Elpawati, E., & Nugraha, A.T. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Teh Walini di Industri Hilir Teh PT. Perkebunan Nusantara VIII Bandung. Agribusiness journal,13(1),82-95.

Barry R, Heizer, Jay (2001). Prinsip-Prinsip Manajemen Operasi, Penerbit Salemba Empat dan Pearson Education Asia, Ptc. Ltd.

Dewi, E. R., Sudjiono, S., & Prastiti, E. (2019) .Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada UD. Plastik Bagong Trenggalek. Jimek: JurnalI lmiah Mahasiswa Ekonomi, 2 (2), 265-280.

Fandy, Tjiptono (2000). Perspektif Manajemen dan Pemasaran.Yogyakarta: Andi.

Frank M. Gyrna, Juran, J.M. (1993). Edisi 3. Quality Planning and Analysis. Singapore: McGraw-Hill International Editions.

Gerson, Richard F. (2004). Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PPM.

Handi, Irawan (2008). Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama: PT. Gramedia: Jakarta.

Hasanuddin, M.R., Rachma, N., & Wahono, B. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Pada Pelanggan Kedai Kopi MrBeard Coffee Jl, Saxophone No.47 Tunggul Wulung Lowokwaru Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(11).

Hermawan, Sigit. (2018). 2018-Persepsi Pemilik dan Pengetahuan Akuntansi UMKM. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 3 (2).

J. Paul Peter, Jerryc. Olson. (2000). Consumer Behavior Perilaku Konsumen 2nd. ed. 4 Jakarta: Penerbit Erlangga.

John Wirtz, Lovelock C. (2011). “Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7â€. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2009). Manajemen pemasaran.

Nasution, T.I.S., & Kurniawati, T. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Nissan Grand Livina. Jurnal Ecogen, 1(4), 880-886.

Novitawati, R.A.D., & Prihatminingtyas, B. (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 8 (4), 175-180.

Nursya’bani, Purnama (2006). Manajemen Kualitas Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Ekonisia.

Putra, A. P. (2017). Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Konsumen BPJS Ketenagakerjaan pada Program Jaminan Hari Tua

https://travel.kompas.com/read/2013/09/10/0815279/Gulai.Tikungan.Kuliner.Kaki.Lima.Ternama

https://www.kompasiana.com/foodlove/59dc31523f8bf40ca8606ab2/gulaitikungan-blok-m-kuliner-murah-jakarta-yang-tak-boleh-kamu-lewatkan.

Downloads

Published

2021-06-09

Issue

Section

Articles