PENGARUH KUALITAS PRODUK, DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI HARGA PADA PELAKU EKONOMI KREATIF SUBSEKTOR FASHION DI KOTA JOMBANG

Authors

  • Achmad Fikri Hanif Bank CIMB Niaga Cabang Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jimmu.v6i1.10194

Abstract

 

            Tujuan penelitian ini adalah: untuk menguju pengaruh kualitas produk, desain produk terhadap keputusan pembelian melalui harga pada pelaku ekonomi kreatif subsektor fashion dikota Jombang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen pada distro dikota jombang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden dengan menggunakan rumus Lameshow. Teknik analisa data yang digunakan adalah PATH. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, harga mampu memediasi hubungan antar variabel kualitas produk terhadap variabel leputusan pembelian, dan penelitian ini juga menyebutkan harga mampu memediasi hubungan antar variabel desain produk terhadap variabel keputusan pembelian

Kata Kunci:  kualitas produk, desain produk, keputusan pembelian, harga

 

            The purpose of this study is: to examine the effect of product quality, product design on purchasing decisions through prices on creative economy actors in the fashion sub-sector in the city of Jombang.The sample used in this study were consumers of the distribution in the city of Jombang. The number of samples in this study were 97 respondents using the Lameshow formula. The data analysis technique used is PATH. The results showed that product quality had a positive effect on purchasing decisions, price was able to mediate the relationship between product quality variables and purchase decision variables, and this study also stated that price was able to mediate the relationship between product design variables to purchasing decision variables.

Keywords:  product quality, product design, purchase decisions, price

References

Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Al-Ansori Afda’u Nasution (2016) Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Dan Fitur Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa STIE Labuhanbatu)

Asshiddieqi. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk dan Citra Merek terhadap keputusan pembelian pada produk Crooz di Distro Ultraa Store Semarang

Ariella (2018) Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Filayati. 2015. Pengaruh Harga, Desain Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Produk Inspired27 di Distro Inspired Store Malang)

Burhanuddin Firmansyah (2018) Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Batik Tulis Jetis Sidoarjo

Ferdinand, A. (2018). Metodologi Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. 21. Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro,.

Kotler dan Armstrong . (2016). Prinsip-prinsipPemasaran. Edisi. 13. Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Lane. (2016). Manajemen Pemasaran, Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Nikita Prisilia Gunadi (2015) The Influence Of Product Quality And Consumer Perception To Purchase Decision On Canon Dslr Camera In Manado

Pajaree Ackaradejruangsri (2013) The effect of product quality attributes on Thai consumers’ buying decisions

Putthiwat Singhdong (2016) Analysis of Effect of Product Quality, Product Design and Distribution Channel toward Purchase Decision of Soy Milk with ABC company

Rahmawati. 2016, Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap keputusan pembelian produk di Nurul Izza Yogyakarta

Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Djaslim, Saladin. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan,. Pelaksanaan dan Pengendalian. Edisi Ketiga. Bandung : CV. Alfabeta

Schiffman dan Kanuk . (2014). Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Soekarno & Basuki,Lanawati (2004). Panduan Membuat Desain Ilustrasi Busana. Jakarta : PT Kawan Pustaka

Simamora. (2009). Riset Pemasaran. Gramedia: Gramedia.

Swastha, Basu dan Ibnu Sukotjo. (2015) Pengantar Bisnis Modern, Edisis Ketigabelas, Yogyakarta : Liberty

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swasta, Basu dan Irawan. (2012). Manajemen Pemasaran Modern,. Yogyakarta: Liberty.

Umar, H. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran . Yogyakarta: Andi.

Victoria Dian Kartikarini (2011) The Influence Of Product Quality And Promotion Mix “R†PT Air Mancur Of Consumer Purchasing Decisions In Surakarta

Wulandari, R. D. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT.

Downloads

Published

2021-06-09

Issue

Section

Articles