DAMPAK PEMASARAN DIGITAL DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
DOI:
https://doi.org/10.33474/jimmu.v6i1.11135Abstract
Â
           Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis Dampak Pemasaran Digital dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi di Toko Kusuma, Toko Sandang Ayu dan Toko Ragil Kuning di Pasuruan). Jenis penelian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah atau pelanggan Toko Kusuma, Toko Sandang Ayu dan Toko Ragil Kuning di Pasuruan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 96 responden. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada pengaruh tidak langsung variabel Pemasaran Digital dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepuasan Pelanggan, serta semakin tinggi Kepuasan Pelanggan maka Keputusan Pembelian akan semakin meningkat.
Kata kunci : Pemasaran Digital, Kualitas Layanan, kepuasan Pelanggan, Keputusan Pembelian
Â
           The purpose of this research is to analyze the impact of digital marketing and service quality on purchasing decisions and customer satisfaction as an intervening variable (studies at Kusuma shop, Sandang Ayu shop and Ragil Kuning shop in Pasuruan). This type of research is explanatory research using a quantitative approach. The population in this study were customers or customers of Toko Kusuma, Toko Sandang Ayu and Toko Ragil Kuning in Pasuruan. The sampling technique was carried out by purposive sampling and obtained a sample of 96 respondents. The results of the study indicate that there is an indirect influence of Digital Marketing and Service Quality variables on Purchasing Decisions through Customer Satisfaction, and the higher the Customer Satisfaction, the Purchasing Decision will increase.
Keyword : Digital Marketing, Service Quality, Customer Satisfaction, Purchasing Decision
Â
References
A Aaker, David A. (2008) Manajemen Ekuitas merek. Jakarta: Mitra Utama
Alma, Buchari. (2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Keenam. Alfabeta. Bandung.
Arikunto, Suharsimi. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Keempat. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Cooper, Donald R. 2000. Metode Penelitian Bisnis. Edisi ke-5, Jilid 2. Erlangga : Jakarta.
Darmadi Durianto, Sugiarto, Tony Sitinjak. 2001. “Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek.†Jakarta : Gramedia.
Fauziyah “Pengaruh brand trust dan brand equity terhadap loyalitas konsumen pada produk kosmetik wardah (Survey Konsumen Pada PT. Paragon Technology And Innovation Cabang Pekanbaru)†JOM FISIP Vol. 3 No. 2 – Oktober 2016
Hidayat, R., Pemasaran, M., & Telkom, U. (2015). PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAMPU PHILIPS (STUDI KASUS PADA MAHASISWA TELKOM UNIVERSITY). 3(1), 305–310.
Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi 1.Penerbit BPFE. Yogyakarta.
J.Setiadi 2010. Perilaku Konsumen, KENCANA prenada media group :Jakarta
Kotler, Philip. (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13, Jilid 1. Terjemahan: Bob Sabran. Erlangga : Jakarta.
Mahalaxmi, K. R., & P. Ranjith. (2016). A Study on Impact of Digital Marketing in Customer Purchase Decision in Trichy. International Journal for Innovative Research in Science & Technology, 2(10), 332–338.
Nagaraj, K. V, & Reddy, B. M. (2018). INTERNATIONAL JOURNAL OF BUSINESS , MANAGEMENT AND ALLIED SCIENCES ( IJBMAS ) A STUDY ON IMPACT OF DIGITAL MARKETING IN CONSUMER PURCHASE DECISION IN VISAKHAPATNAM. 51–53.
Nasabah, K., Berdampak, D. A. N., Citra, P., & Perbankan, L. (2019). DIGITAL MARKETING IMPLEMENTATION TO IMPROVE CUSTOMER SATISFACTION AND IMPACT ON BANKING INDUSTRY IMAGES (A Survey of National Banking Institutions) PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. 21(3), 355–364. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v21i3.23464
Oentoro, Deliyanti, SE., MM. (2010). Manajemen Pemasaran Modern. Cetakan 12.Yogyakarta : LaksBang Pressindo.
Putra, H. A. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA KONSUMEN PT. LONTAR MEDIA DIGITAL PRINTING SEMARANG). DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITICAL, 1–8. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Suryani, S., & Rosalina, S. S. (2019). Pengaruh brand image , brand trust , dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel moderating. 04(1), 41–53.
Tjiptono, F. 2005. Brand Management and Strategy. Yogyakarta : Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.