PERAN MEDIASI ORIENTASI KEWIRUSAHAAN PADA ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN

Authors

  • Muhammad Ali Yafi Malang Konsultan Entrepreneur

DOI:

https://doi.org/10.33474/jimmu.v6i1.11136

Abstract

 

            Tujuan penelitian ini adalah: untuk menguji Peran mediasi orientasi kewirausahaan pada orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Populasi penelitian ini adalah 200 UMKM toko elektronik yang ada di cyber mall mall . Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 67 orang. Alat analisis yang digunakan adalah Path Analysis, analisis ini menggunakan program SPSS versi 19.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara orientasi pasar terhadap orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap orientasi kewirausahaaan. Namun hasil penelitian juga menunjukan bahwa orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran tidak memiliki pengaruh signifikan, inovasi produk terhadap kinerja pemasaran tidak memiliki pengaruh signifikan, orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran tidak memiliki pengaruh signifikan  dan orientasi kewirausahaan tidak memediasi orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran

Kata Kunci:  UMKM , Kinerja pemasaran, Orientasi  kewirausahaan, Inovasi produk, Orientasi pasar .

 

            The purpose of this study is: to test the role of mediation of entrepreneurial orientation on market orientation and product innovation on marketing performance. The population of this study was 200 UMKM of electronic stores in Cyber Mall. The sampling technique used in this study was purposive sampling. The number of samples used was 67 participant. Path Analysis was used to analyze the data using the SPSS Program version 19. The results showed that there was an influence between market orientation to entrepreneurial orientation and product innovation on entrepreneurial orientation. However, market orientation has no significant influence on marketing performance, product innovation has no signidicance influence on marketing performance, entrepreneurial orientation has no significant influence on marketing performance,  and entrepreneurial orientation does not mediate market orientation and product innovation on marketing performance.

Keywords:  UMKM, marketing performance, entrepreneurial orientation, product innovation, market orientation

 

References

Arini, dkk. 2017. Pengaruh strategi pemasaran dan orientasi wirausaha terhadap kinerja pemasaran yang dimoderisasi oleh lingkungan persaingan pada industry batik sokoraja kabupaten banyumas. universitas muhammadiyah purwokerto

Arikunto, dkk. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asashi, T. 2017. Peran Inovasi produk dalam memediasi pengaruh orientasi pasar Terhadap Kinerja pemasaran. Universitas Udayana Bali

Azra, Azyumardi. 1994. Pendidikan Islam. Jakarta : Logos Wacana Ilmu.

Chan, Syafruddin. 2003. Relationship Marketing. Jakarta: PT. Gramedia.

Djayadiningrat, AF. 2017. Peran inovasi produk memediasi orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Universitas Udayana Bali

Ellitan, Lena. 2008. Supply Chain Management. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanif, M. 2014. Pengaruh orientasi pasar terhadap nilai Inovasi produk, keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan . Universitas islam negeri malang.

Kotler, Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Marahela, dkk. 2018. Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap inovasi produk dan kinerja pemasaran. Universitas Sam Ratulangi.

Mulyani, IT. 2015. Upaya meningkatkan kinerja pemasaran melalui orientasi pasar dan orientasi dengan inovasi sebagai variabel interviening pada UMKM kota semarang. Universitas Diponegoro Semarang.

Mustikowati, RI. 2014. Orientasi kewirausahaan, inovasi dan strategi bisnis terhadap kinerja perusahaan di kabupaten malang. Universitas Kanjuruhan malang.

Pramesthi. 2016. Peran Orientasi pasar memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja ukm industry kerajinan endek. Universitas udayana Bali.

Sangadji, Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Sanusi, A. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, dkk. 2002. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Liberty.

Trawas, HN. 2014. Pengaruh orientasi perusahaan ,inovasi produk dan keunggulan bersaing terhadap kinerja perusahaan dikota manado. Universitas Sam Ratulangi.

Utaminingsih, A. 2016. Pengaruh Orientasi pasar, Inovasi dan Kreatifitas strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UMKM rotan desa teluk wetan, welahan jepara. Universitas Negeri Semarang.

Wahyono. 2002. Orientasi Pasar dan Inovasi: Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol.1,No.1,Mei.

Widia dkk. 2014. Pengaruh orientasi pasar dan Orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui inovasi produk sebagai variabel intervening. Universitas Diponegoro Semarang.

Widiyanto, Ibnu. (2008), Pointers Metodologi Penelitian. Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro.

Yusrin. 2017. Pengaruh orientasi pasar dan kewiraussahaan terhadap kineja pemasaran dengan inovasi produk sebagai variable intervening. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Zainal. 2014. Peran kemampuan manajemen dan orientasi pasar sebagai mediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis. Universitas Negeri Gorontalo.

Downloads

Published

2021-06-09

Issue

Section

Articles