PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMEDIASI PERSEPSI, INFORMASI, DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA SECARA ONLINE PADA SHOPEE (Studi Pada Mahasantri UNISMA )

Authors

  • Ahmad Rozieqy

DOI:

https://doi.org/10.33474/jimmu.v5i2.8850

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan media sosial dalam memediasi pengaruh persepsi, informasi, dan motivasi terhadap keputusan pembelian Mahasantri UNISMA secara online pada Shopee. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling yaitu teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis) dan sobel test dengan menggunakan SPSS versi 19. 

Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi dan informasi berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian Mahasantri UNISMA secara online, sedangkan motivasi tidak berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian Mahasantri UNISMA secara online. Variabel persepsi dan informasi tidak berpengaruh terhadap penggunaan media sosial, sedangkan motivasi berpengaruh terhadap penggunaan media sosial. Adapun penggunaan media sosial tidak mampu memediasi pengaruh persepsi, informasi dan motivasi terhadap keputusan pembelian Mahasantri UNISMA secara online.

Kata Kunci: Persepsi, Informasi, Motivasi, Penggunaan Media Sosial, Keputusan Pembelian, dan Mahasantri.

 

 

This study aims to know and analyze the effect of social media on Santri of UNISMA’s perception, information and motivation to use online shop at Shopee. The method used in sampling is non probability samplingnamety purposive sampling technique. The data analysis technique used is path analysis and multiple test using SPSS version 19.

Based on the results, the finding shows that student’s perception and information affect the student’s decision to purchase by online shop, while student’s motivation does not affect the student’s decision to purchase by online shop. In addition, student’s perception and information do not affect the use of social media, while student’s motivation does. In the other words, the use of social media can not mediate the effect of student’s perception, information and motivation to make decision in purchasing by online shop.

Keywords: Perception, Information, Motivation, Use of Social Media, Purchasing Decisions, and Santri of UNISMA

References

Agustian, Wiwin, 2013. Pengaruh persepsi konsumen terhadap pembelian di Indomaret unit panjaitan 2 Plaju Palembang

Arikunto, S, 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya

Azhar, Susanto, 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Bandung Jaya

Fathadhika, Sarentya., Afriani, 2018. Social media engagement sebagai mediator antara fear of missing out dengan kecanduan media sosial pada Remaja

Hult, Pride., Ferrel, 2013. Marketing, 17th Edition. South Western :Cengage Learning

Huriartanto, Aditya., Djamhur Hamid, dan Pravissi Shanti, 2015. Pengaruh motivasi dan persepsi konsumen terhadap pembelian tiket pesawat

Ida, Nuraida, 2008. Manajemen Administrasi Perkantoran. Yogyakarta: Kanisius.

Indriyani, Ratih., Atita Suri, 2020. Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian melalui motivasi pada produk Fast Fashion

Jun, Seung Pyo., Do Hyung Park, 2016. Consumer information search behavior and purchasing decision: Empirical evidence from Korea

Khairani, Siti, 2015. Pengaruh kepercayaan, kualitas informasi dan layanan terhadap keputusan membeli melalui media sosial

Kotler, Philip, 2003. Manajemen Pemasaran. Edisi 11. Jakarta:Indeks Kelompok Gramedia.

Mileva, Lubiana., Achmad Fauzi DH, 2018. Pengaruh Sosial Media terhadap keputusan pembelian

Mulyadi, Agustinus, Dian Eka, dan Welly Nailis, 2018. Pengaruh Kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian di Toko online Lazada.

Nasrullah, Ruli, 2017. Etnografi Virtual: Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi di Internet. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Newman, Aldo., Edwin Japarianto, 2014. Pengaruh motivation terhadap purchase intention dengan perception variabel intervening di Toko obat Bang Seng Tong Surabaya..

Nurlinda, Raden Ayu., Putri Utami, 2019. Pengaruh persepsi dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan berbelanja online melalui Instagram

Sangadji, E.M., Sopiah, 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Setiadi, Nugroho. J, 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

https://www..cnbcindonesia .com.persaingan.shopee-tokopedia-bukalapak

Downloads

Published

2020-09-24

Issue

Section

Articles