PENGARUH KOMUNIKASI DARI MULUT KE MULUT, CITRA PERUSAHAAN DAN LOKASI PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Agus Mulyanto PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Pandaan I – Kantor Cabang Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.33474/jimmu.v6i1.9812

Abstract

 

            Tujuan penelitian untuk menganalisa pengaruh antara komunikasi dari mulut ke mulut, citra perusahaan, dan lokasi perusahaan terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan nasabah. Metode yang digunakan yaitu insedental sampling yang merupakan bagian dari non probablity sampling. Alat analisa dari hasil statistik menggunakan Structural Equation Modeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel komunikasi dari mulut ke mulut berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dan keputusan pembelian, variabel lokasi perusahaan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah tetapi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, variabel citra perusahaan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dan keputusan pembelian, variabel kepuasan nasabah berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel kepuasan nasabah mampu memediasi variabel komunikasi mulut ke mulut, lokasi perusahaan, dan citra perusahaan terhadap keputusan pembelian

Kata Kunci:  komunikasi dari mulut ke mulut, citra perusahaan, lokasi perusahaan, keputusan pembelian, dan kepuasan nasabah.


            The aim of this research is to analize the effect of words of mouth, corporate image, and corporate location towards customer decision through customer satisfaction. The researh methology is using insedental sampling which is a part of non probablity sampling. To analize the data is using Structural Equation Modeling.The research shows that words of mouth take an effact toward customer satisfaction and customer decision,  corporate location take an effact toward customer satisfaction and customer decision, corporate image take an effact toward customer satisfaction and customer decision, customer satisfaction take an effact toward customer decision. Customer satisfaction can be able intervent word of mouth, corporate location and corporate image toward customer decisions.

Keywords:  word of mouth, corporate location, corporate image, customer satisfaction, customer decision.

References

Dewi, W, S, dkk, 2016, Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening, Jurnal of Management,Vol 2 No 2, pp 1-19

Ferdinand, 2005, Metode Penelitian Manajemen, Semarang: BP Universitas Diponegoro

Hasanuddin, Makmur, 2016, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, dan Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Vol 4 No 1, pp 49-66

Jeffrey, Preffer, dkk, 2002,Paradigma Baru – Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Amara Books,

Kotler, Philip dan Karen F,A, Fox, 1995,Strategic Marketing for Educational Institutions 2nd Editions, New Jersey: Prentice-Hall, Inc,

Kotler, Philip,& Keller, Kevin Lane, 2007,Manajemen Pemasaran, Ed12, Jilid 2,Jakarta: PT Indek: Jakarta.

Kotler, Philip and Gary Amstrong, 2007, Dasar dan Prinsip Pemasaran, Jakarta: Prenhallindo.

Lupiyoadi, Rambat & Hamdani, A, 2011, Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat

Muktar, Bustari, 2016, Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Jakarta: KENCANA,

Diana, Anastasia dan Fandy Tjiptono, 2000, Prinsip dan Dinamika Pemasaran, Bandung: Mizan

Silverman, George, 2001. The Secret Of Word Of Mouth Marketing : How to Trigger Exponential Sales Through Runaway Word Of Mouth, United States Of America : Amacam

Sumaatmadja, Nursid. 1988. Studi Geografi Suatu Pendekatan dan Analisa Keuangan. Jakarta : PT. Alumni Jakarta

Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta : Graha Ilmu

Swastha, Basu, 2012. Manajemen Penjualan, Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta

Tjiptono, Fandy, 2008, Service Managemen: Mewujudkan Layanan Prima, Yogyakarta: Andy Offset.

Tjiptono, Fandy, 2008,Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi Offset

Umar, Husein, 2005, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen: Penerbit PT, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Downloads

Published

2021-06-09

Issue

Section

Articles