MENGUNGKAP FAKTOR KUNCI YANG MEMBENTUK KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN LAHAP CHICKEN

Penulis

  • Zulfatul Jannah Universitas Nusa Mandiri
  • Reza Yuniar Universitas Nusa Mandiri
  • Wiwit Fitria Asih Universitas Nusa Mandiri
  • Muhammad Abdullah Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.33474/jimmu.v9i1.21359

Kata Kunci:

Service Quality, Price, Purchase Decision

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang seberapa besar pengaruh dari kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Lahap Chicken. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tujuan mengungkap kausalitas antar variabel independen dengan variabel dependen. Sampel dalam riset berjumlah 195 orang konsumen Lahap Chicken, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Pengolahan data dalam riset ini menggunakan konsep statistik parametrik, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan maupun harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dan secara simultan kualitas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.

            This research aims to uncover the extent of the influence of service quality and pricing on consumer purchasing decisions at Lahap Chicken. The study employs a quantitative method with the objective of revealing causality between independent variables and the dependent variable. The research sample consists of 195 Lahap Chicken consumers, selected using probability sampling, specifically simple random sampling. Data processing in this study utilizes parametric statistical concepts. The findings indicate that both service quality and pricing individually have a significant impact on consumer purchasing decisions. Moreover, when considered simultaneously, service quality and pricing also significantly influence consumer purchasing decisions.

 

Referensi

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda Suryadin, Fadilla, Z., Ardiawan, Ngurah, K., & Sari, Eka, M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Albushairi, S. A., Huda, N., & Rifan, A. (2018). Perilaku Konsumen (Teori Dan Aplikasi Pada Riset Pemasaran). Depok: RajaGrafindo Persada.

Amrudin, Priyanda, R., Agustina, S. T., Ariantini, S. N., Rusmayani, L. A. G. N., Aslindar, A. D., … Wicaksono, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Danawira, A. (2019). Pengaruh Differensiasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Cepat Saji Richeese Factory Rempoa. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 76–87.

Dataindustri.com. (2023). Pertumbuhan Industri Makanan dan Minuman, 2011 – 2023. Retrieved January 6, 2024, from https://www.dataindustri.com/produk/data-pertumbuhan-industri-makanan-dan-minuman/

Farida, Y., Lamsah, & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Fauzy, A. (2019). Metode Sampling. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Fawzi, H. G. M., Iskandar, S. A., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2021). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Ghulam, R. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Layanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Ayam BTP. Jurnal E-Bussiness Institut Teknologi Dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar, 3(2), 22–32.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kompas.com. (2023). Pola Konsumsi Fast Food di Indonesia: Tantangan dan Dampaknya Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Pola Konsumsi Fast Food di Indonesia: Tantangan dan Dampaknya”, Klik untuk baca: https://www.kompasiana.com/a63610/646642ab08a8b532af1a51. Retrieved January 6, 2024, from https://www.kompasiana.com/a63610/646642ab08a8b532af1a5152/pola-konsumsi-fast-food-di-indonesia-tantangan-dan-dampaknya

Mutaqin, M. R., Rohandi, M. M. A., & Mahani, S. A. E. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Transportasi Online Indrive di Bandung. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 69–78.

Napitupulu, S., Tapiomas, N., & Tobink, R. (2021). Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis dengan Teori-Teori Para Ahli. Jakarta: Atalya Rileni Sudeco.

Nugraheni, D. A., Nawantoro, F., & Gunaningrat, R. (2024). Pengaruh Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 2(1), 231–243.

Prasetyo, A. A., & Putri, R. Y. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Locomotive Resto & Cafe Melalui Media Sosial Instagram @Locomotive. Resto. EProceedings of Management Universitas Telkom, 10(6).

Pujiwati, M., Dewi, R. S., & Hadi, S. P. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Konsumen Oasis Bubble Milktea And Dessert Di Kota Magelang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(3), 729–737.

Purnamasari, I. I. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Dira Café And Pool Ambulu. Majalah Ilmiah Cahaya Ilmu, 5(1), 1–12.

Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. Magelang: Staia Press.

Saparso. (2021). Marketing Process. Jakarta: Ukrida Press.

Sari, R. M., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 1171–1184.

Sitepu, K. K. R., & Sebayang, B. V. (2019). Metode Kuantitatif Untuk Manajemen. Bogor: CV. Sinar Jaya.

Suhirman, & Yusuf. (2019). Penelitian Kuantitatif Sebuah Panduan Praktis. Mataram: CV. Sanabil.

Techinasia.com. (2023). Riset Ungkap Potensi Resto Fast Food Tumbuh di Kota Kecil. Retrieved January 6, 2024, from https://id.techinasia.com/riset-potensi-resto-fast-food-tumbuh-kota-kecil

Telaumbanua, M., Ginting, E. K., & Siboro, N. S. (2023). Memetakan Target Pasar Teh Celup; Strategi Pemasaran Yang Efektif dan Efisien Untuk Konsumen Muda. Student Research Journal, 1(6), 235–239.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2020). Pemasaran Strategik. Domain, Determinan, Dinamika. Yogyakarta: ANDI.

Widana, W. I., & Muliani, L. P. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Lumajang: Klik Media.

Yuliyanti, R. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Harga Produk, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Anak Muda Pada Coffee Shop Di Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 9(3), 263–270.

Diterbitkan

2024-04-08

Terbitan

Bagian

Articles