PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PADA MATEI TRIGONOMETRI KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.33474/jpm.v3i1.2603Keywords:
pengembangan, modul, PQ4R, trigonometriAbstract
Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan modul matematika berbasis Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada materi trigonometri kelas XI. Pengembangan modul ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Produk yang dihasilkan berupa modul matematika yang telah divalidasi. Validator ahli materi menyatakan valid dengan persentase skor 80,97%, ahli desain menyatakan valid dengan persentase skor 84,92%, dan praktisi menyatakan valid dengan persentase skor 86,46%. Sedangkan hasil validasi pengguna (user) menyatakan modul valid dengan persentase skor 82,33%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan sudah valid untuk digunakan dalam pembelajaran.References
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Pribadi, Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.