ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DAN CARA MENGATASINYA PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII-C SMP NEGERI 13 MALANG
DOI:
https://doi.org/10.33474/jpm.v3i1.2606Keywords:
miskonsepsi, cara mengatasi, bentuk aljabarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis miskonsepsi siswa, penyebab miskonsespsi siswa, dan cara mengatasinya pada materi bentuk aljabar kelas VII-C SMP Negeri 13 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 13 Malang tahun ajaran 2016/2017 yang telah menempuh materi bentuk aljabar kemudian dipilih tiga siswa untuk dijadikan subjek penelitian. Penelitian ini berlangsung bulan Januari 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, siswa mengalami miskonsepsi pada bentuk aljabar. Selanjutnya miskonsepsi tersebut diatasi dengan menggunakan strategi analogi dan metode penemuan terbimbing. Cara tersebut disesuaikan dengan miskonsepsi yang dialami masing-masing siswa. Setelah miskonsepsi diatasi, diberikan tes tertulis bentuk aljabar dan wawancara kepada siswa dan hasilnya siswa tidak mengalami miskonsepsi bentuk aljabar lagi.References
Abdurrahman, Mulyono. 2012. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.
Abidin, Zainal. 2004. Pentingnya Pemahaman Konseptual dan Prosedural dalam Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: FKIP Universitas Islam Malang.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. 2011. Stategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Moleong, Lexy. 2014. Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustangin. 2002. Dasar-dasar Pembelajaran Matematika. Modul tidak diterbitkan. Malang: Universitas Islam Malang.
Riduwan dan Akdon. 2009. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.