PENGEMBANGAN E-MODULE INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.33474/jpm.v3i1.2608Keywords:
Pengembangan, e-module, interaktif, Problem Based Learning, kubus dan balokAbstract
Tujuan pengembangan ini adalah tersusunnya e-module interaktif berbasis ProblemBased Learning materi kubus dan balok kelas VIII SMP. Pengembangan e-module interaktif ini mengunakan model 4-D yang meliputi 4 tahap yaitu define, design, develop, dan dissemminate. Produk yang dihasilkan berupa e-module interaktif yang telah divalidasi. Validator ahli media menyatakan valid dengan skor 3,3, ahli materi meyatakan valid dengan skor 3,52, ahli praktisi menyatakan valid dengan skor 3,16. Sedangkan hasil uji coba user menyatakan bahwa modul valid dengan skor 3,1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan sudah valid untuk digunakan dalam pembelajaran.References
Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosda Karya
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.
Sani, Abdullah, Ridwan. 2015.Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta: Bumi Aksara
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Malang: Kencana Prenadamedia Group.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Pustaka Ilmu.