POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA MORAL ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI TK WACHID HASYIM SURABAYA

Authors

  • Susi Maulida STITNU Al Hikmah Mojokerto
  • Putri Ismawati STITNU Al Hikmah Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.33474/thufuli.v3i2.13559

Abstract

Abstract

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai agama dan moral anak usia dini (4-6 tahun) kurangnya kemampuan anak dalam nilai kemoralan dan agama anak usia dini. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pola asuh orangtua terhadap perkembangan nilai agama moral anak usia dini di TK Wachid Hasyim Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah menjawab rumusan masalah dan penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan fenomenologi dengan subyek penelitian yaitu anak usia 4-6 tahun di. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diperiksa keabsahan datanya dengan triangulasi sumber, metode dan waktu. Data dianalisis dengan teknik analisis data model interaktif Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pengembangan nilai agama dan moral di TK Wachid Hasyim Surabaya dengan pola asuh demokratis, dengan cara mengajarkan nilai kereligiusan, kemandirian, sopansantun, kemudian hal-hal yang baik melaluiproses pembiasaan. 2) Faktor pendukung pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini yaitu (a) adanya relawan mahasiswa yang motivasi pada anak, (b) perhatian orangtua dalam memeberikan pembelajaran nilai agama dan moral pada anak. Sementara itu faktor penghambat pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini adalah (a) kondisi lingkungan yang dapat memberikan pengaruh negatif kepada anak, baik itu dari perkataan, sikap, maupun cara berpakaian yang kurang baik dan sopan, (b) minimnya pemahaman orangtua terhadap pelajaran keagamaan, (c) minimnya orangtua memberikan contoh kepada anak, dikarenakan waktu orangtua bersama anak sangat sedikit.

References

Ari Kusuma Sulyandari. 2019. “PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENGENAL BILANGAN MELALUI TANGGA MANIK-MANIK.†AL HIKMAH: INDONESIAN JOURNAL OF EARLY CHILDHOOD ISLAMIC 3(2):113–26.

Hidayati, Tutik. 2019. “Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai Moral Pada Anak Keluarga Pemulung Di Desa Winong, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara (Studi Kasus Keluarga Pemulung).†Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1(1):1–19. doi: 10.21831/diklus.v1i1.23846.

Boker, Washington. (2002). Character education. Greenwood Village, Colorado: A Division of Greenwood Publishing Group, Inc.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Renika Cipta.

Damon, Willian. (2002). Bringin in a New era in a Character education. California: Hoover Institution Press.

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Teoritis Dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Hidayati. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai Moral Pada Anak Keluarga Pemulung Di Desa Winong, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara (Studi Kasus Keluarga Pemulung. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. (On line). https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/ article/view/23846/11823. 1 (1), halaman: 1-9

Ibung, Dian. (2009). Mengembangkan Nilai Moral Pada Anak. Jakarta: PT Elex Media Kompuindo.

Imamah, Z. (2019). Pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini di lingkungan keluarga perkotaan: studi kasus anak usia dini di RW 03 Kelurahan Randusari Kota Semarang (Doctoral dissertation, UIN Walisongo Semarang)

Miller, Jamie C., (2003). Mengasah Kecerdasan Moral Anak. Bandung: KAFIA

Moleong, Lexy J., (2007). Metode Penelitian Kualitatif. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mursid. (2015). Belajar dan pembelajaran PAUD, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Santrock, John W. (2011). Life Span Developmment. Jakarta: Erlangga

Zuriah, Nurul. (2008). Pendidikan Moral Dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-11-23

How to Cite

Maulida, S., & Ismawati, P. (2021). POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA MORAL ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI TK WACHID HASYIM SURABAYA. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 7–14. https://doi.org/10.33474/thufuli.v3i2.13559