URGENSI PEMAHAMAN JENIS KELAMIN DAN GENDER PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Shofiatul Jannah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Lutfia Sefta Bramastia Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/thufuli.v3i2.13788

Abstract

Abstrak

Anak usia dini adalah yang berusia 0-8 tahun, anak usia dini usia 4-6 tahun mendapatkan pendidikan formal yang disebut dengan pendidikan anak usia dini di Taman Kanak-Kanak/Raudhatul Athfal, pendidikan ini memiliki fungsi untuk memberi stimulus pada anak usia dini agar aspek-aspek perkembangan dan potensi dasar yang dimiliki oleh anak berkembang hingga dapat menjadi fundamental awal anak agar dapat melanjutkan pendidikan selanjutnya. Pendidik berperan penting dalam edukasi pendidikan tentang gender dan jenis kelamin pada anak usia dini dengan menyesuaikan karakteristik anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pendidik dalam edukasi pendidikan tentang jenis kelamin dan gender pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pendidik memiliki beberapa upaya untuk memberi edukasi pendidikan tentang gender dan jenis kelamin pada anak usia dini.

 

Kata Kunci: Anak Usia Dini, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidik, Edukasi jenis kelamin dan gender.

References

Suyadi & Ulfah, Maulidya. 2015. Konsep Dasar PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sujiono, Nurani Yuliani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks.

Aldianto, Rudi. Jasruddin & Quraisy, Hidayah. 2015. Kesetaraan Gender Masyarakat Transmigrasi Etnis Jawa. Jurnal Equilibrium. III(1): 88.

Jatmiko, Endang Tri. Angin, Ria & Ernawati, Ernawati. Model dan Materi Pendidikan Seks Anak Usia Dini Perspektif Gender untuk Menghindarkan Sexual Abuse. Jurnal Cakrawala Pendidikan. XXIV(3) : 435 & 439.

Rusni, Syaribulan & Nurdin. 2015. Geneologi Gender Pada Perempuan Pembuat Ikan Kering. Jurnal Equilibrium. III(1): 96 & 99.

Puspitawati, Herien. 2013. Konsep, Teori dan Analisis Gender. Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia- Institut Pertanian Bogor. Hal 3-4.

Ramli, M. 2015. Hakikat Pendidik dan Peserta Didik. Tarbiyah Islamiyah. 5(3) : 62 & 67.

Purwanto, M. Ngalim. 2011. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ika, BM. 2016. Peran Pendidik PAUD Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak. V(1): 748.

Kriyantono, Rachmat. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-01-16

How to Cite

Jannah, S., & Bramastia, L. S. (2022). URGENSI PEMAHAMAN JENIS KELAMIN DAN GENDER PADA ANAK USIA DINI. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 35–45. https://doi.org/10.33474/thufuli.v3i2.13788