PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENGENALAN LITERASI KEUANGAN PADA KELOMPOK B DI RA MAMBA’UL HIKMAH DESA GIRIMOYO KECAMATAN KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG

Authors

  • Zulfa Hanifil Faizah Universitas Islam Malang
  • Ari Kusuma Sulyandari Universitas Islam Malang
  • Eko Setiawan Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/thufuli.v4i1.15986

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Literasi Keuangan Pada Kelompok B Di Ra Mamba’ul Hikmah Desa Girimolyo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Latar belakang dari penelitian ini adalah tentang pengenalan literasi keuangan pada anak usia dini yang masih belum ada, sehingga perlu diperkenalkan tentang literasi keuangan ini melalui pengembangan media pembelajaran berupa buku cerita bergambar. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan borg and gall. Data pengembangan diperoleh melalui hasil wawancara dan observasi di RA Mamba’ul Hikmah Desa Girimolyo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang dan dari hasil uji coba pada kelompok kecil dan kelompok besar melalui angket dan juga kegiatan observasi selama kegiatan belangsung. Hasil dari penelitian awal di RA Mamba’ul Hikmah Desa Girimoyo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang diperoleh hasil data kualitatif yakni melibat guru yang ahli pada bidang pembelajaran dan media. Hasilnya anak usia meliputi ketiga aspek tersebut adalah, Koginitif, Afektif, dan Psikimotorik dalam pembelajaran literasi keuangan. Hasil data kuantitatif diperoleh dari hasil Uji kelompok kecil dan Uji kelompok besar, diperoleh hasil 75%  dari data statistik yang meliputi kemudahan, kesenangan, dan keamanan.

References

Dewayani, S., Budihardja, J., & Natakusumah, Y. (2020). Menumbuhkan Kecakapan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini. Otoritas Jasa Keuangan.

Fianto. (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Langgi, N. R., & Susilaningsih, S. (2022). Analisis Implementasi Pendidikan Keuangan pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2429–2438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1625

Maulana, & Kurniasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Literasi Finansial Siswa SD. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(2), 102–108.

Mukhibat, M. (2020). Konstruksi Mutu Pendidikan melalui Literasi Keuangan pada Pendidikan Anak Usia Dini di Magetan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 620. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.412

Novieningtyas, A. (2018). Pentingnya Edukasi Literasi Keuangan Sejak Dini. Jurnal Manners, 1(2), 133–137.

Rapih, S. (n.d.). PENDIDIKAN LITERASI KEUANGAN PADA ANAK: Mengapa dan Bagaimana?

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Setiawan, E., & Nadar, W. (2021). Konsep Dasar PAUD. Penerbit Erlangga.

Siti Badriyah. (2016). Pengembangan Buku Cerita Bergambar “Mili dan Kotak Ajaib†sebagai Media Pembelajaran Literasi Keuangan Kompetensi Menabung dan Investasi Untuk Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Pakel Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Yogyakarta.

Sudijono, & Anas. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Sulyandari, A. K. (2022). Pengembangan Pembelajaran Motorik Halus Anak TK A Melalui Media Figure Ground Meteal Insets di RA Syihabuddin Malang. Abata.

Tantiana Ngura, E., Guru Pendidikan Anak Usia Dini, P., & Citra Bakti, S. (2018). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Dan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Tk Maria Virgo Kabupaten Ende. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(1), 6–14. http://ejournal.citrabakti.ac.id/index.php/jipcb/article/view/132

Wahyuni, S., & Reswita, R. (2020). Pemahaman Guru mengenai Pendidikan Sosial Finansial pada Anak Usia Dini menggunakan Media Loose Parts. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 962. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.493

Watulingas, H. F., & Wantah, M. E. (2021). THUFULI : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 3 Nomor 1 Tahun 2021 e-ISSN: 2685161X. 3(58), 1–7.

Yuwono, W. (2020). Konseptualisasi Peran Strategis dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak melalui Pendekatan Systematic Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1419–1429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.663

Downloads

Published

2022-06-07

How to Cite

Faizah, Z. H., Sulyandari, A. K., & Setiawan, E. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENGENALAN LITERASI KEUANGAN PADA KELOMPOK B DI RA MAMBA’UL HIKMAH DESA GIRIMOYO KECAMATAN KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 39–56. https://doi.org/10.33474/thufuli.v4i1.15986