ANALISIS KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI PADA ANAK TUNAGRAHITA BERAT
DOI:
https://doi.org/10.33474/thufuli.v5i1.19056Keywords:
Tunagrahita Berat , ,Motorik Kasar , Permainan Tradisional Lompat TaliAbstract
Anak tunagrahita kategori idiot cenderung mengalami keterlambatan dalam beberapa aspek kemampuan salah satunya kemampuan motorik kasar. Hal itu dipengaruhi oleh anak tunagrahita yang pasif dan jarang melakukan aktivitas gerak membuat otot-otot, otak dan saraf tidak berkoordinasi dengan optimal. Untuk mengoptimalkan kememampuan motorik anak dapat dilakukan melalui aktivitas yang digemari anak yang mengandung banyak gerakan dalam kegiatannya salah satunya melalui permainan tradisional lompat tali dalam melatih tiga kategori gerak dasar yaitu lokomotor, non lokomotor dan manipulatif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perkembangan kamampuan motorik anak tunagrahita kategori berat melalui permainan tradisional lompat tali yang dilakukan di sekolah SLB-C Darma Rena Ring Putra II. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dengan pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan motorik kasar anak tunagrahita berat dapat di stimulasi menggunkaan permainan tradisional lompat tali yang menciptakan berbagai macam gerak tubuh secara optimal. Sehingga dapat melatih anak dalammelakukan berbagai macam gerak dengan rasa percaya diri dan berani melakukannya seperti berjalan, berlari, mengangkat satu kaki, dan melompat.
References
Dari, W., & Irdamurni, I. (2019). Visualisasi Video Pembelajaran dalam Melatih Kemampuan Mencuci Tangan bagi Anak Tunagrahita Kategori Sedang di SLB Negeri 2 Padang. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 155–164. https://doi.org/10.51529/ijiece.v4i2.167
Deo, J. (2022). Craniofacial syndromes: Literature review and a proposed classification. Journal of Indira Gandhi Institute Of Medical Sciences, 8(2), 109. https://doi.org/10.4103/jigims.jigims_9_22
Devita, D., & Desmayanasari, D. (2021). Landasan Penyusunan Program Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Tunagrahita Ringan. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME), 4(2), 121–129. https://doi.org/10.36269/hjrme.v4i2.514
Fajzrina, L. N. W., Ngaisah, N. C., & Pratamasari, I. (2022). Analysis of Detection of Growth and Development In Gross Motor Toddlers (Case Study of Babies Aged 6 Months Cannot Pronning, Roll and Crooked). JOYCED: Journal of Early Childhood Education, 2(2), 206–217. https://doi.org/10.14421/joyced.2022.22-10
Festiawan, R. (2021). Terapi Dan Rehabilitasi Cedera Olahraga. OSF Preprints. January, January. https://doi.org/10.31219/osf.io/gzcr3
Girard, C., Bastelica, T., Léone, J., Epinat-Duclos, J., Longo, L., & Prado, J. (2021). The relation between home numeracy practices and a variety of math skills in elementary school children. PLoS ONE, 16(9 September), 1–25. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0255400
Husna, F., Yunus, N. R., & Gunawan, A. (2019). Hak Mendapatkan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Dimensi Politik Hukum Pendidikan. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 6(2), 207–222. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i1.10454
Imani, R. A., Muslihin, H. Y., & Elan. (2020). Permainan Bola Terhadap Perkembangan Gerak Manipulatif Anak Usia 4-5 Tahun. PAUD Agapedia, 4(2), 273–284.
Kumalasari, I., & Sormin, D. (2019). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Tunagrahita di SLB C Muzdalifah Medan. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 05(1), 1–24.
Linda, R. F., & Rifki, M. S. (2020). Upaya Meningkatkan Gerak Lokomotor Anak Tunagrahita Ringan melalui Permainan Tradisional Engklek Modifiksi. Stamina.Ppj.Unp.Ac.Id, 3(6), 417–425.
Maghfiroh, Y. (2020). Peran Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 01–09. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n2.20861
Mayasari, N. (2019). Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita Dengan Tipe Down Syndrome. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 14(1), 111–134. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i1.2847
Merry Agustina. (2009). Pengembangan Kecerdasan Quantum pada Anak dalam Keluarga (Perspektif Pendidikan Islam). 10(2), 69–82. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2396/
Neli, M., Indrawadi, J., & Isnarmi, I. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Mandiri Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di Panti Sosial Bina Grahita “Harapan Ibu” Padang. Journal of Civic Education, 3(2), 172–177. https://doi.org/10.24036/jce.v3i2.138
Putri, O. M., Qalbi, Z., Delrefi, & Putera, R. F. (2018). Pengaruh Permainan Lompat Tali Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmialh Pesona PAUD, 8(1), 46–55. http://journal2.uad.ac.id/index.php/jecce
Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161
Simahate, S., & Munip, A. (2020). Latihan Gerak Lokomotor Sebagai Upaya Mengembangkan Motorik Kasar Anak Down Syndrome. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 236. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7656
Simanungkalit, A. (2020). Pelayanan Kristen bagi Penyandang Tunagrahita. PNEUMATIKOS: Jurnal Teologi Kependetaan, 11(1), 16–27. https://stapin.ac.id/e-journal/index.php/pneumatikos/article/download/21/21
Slamet, Y. (2020). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Egrang Batok Pada Anak Usia Dini (PAUD Melati 4 Jakarta Pusat). SKripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IPTIA, Jakarta.
Susanti, Heri Yusuf Muslihin, S. (2022). Manfaat Permainan Tradisional Lompat Tali bagi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. JPP PAUD FKIP Untirta, 9, 77–84.
Sutini, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 67–77. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386
Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Wahyuni, S., & Muliati, F. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca, Menulis Dan Menghitung Melalui Remedial Teaching Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di Wisma Paulo 6 Yayasan Bhakti Luhur Malang. Jurnal Pelayanan Pastoral, 3(1), 24–32. https://doi.org/10.53544/jpp.v3i1.286
Wati, E. R. (2018). Tari Merak Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik kasar Anal Tunagrahita Ringan Di SLB. Jurnal Pendidikan Khusus, 2(1), 1–16.