UPAYA MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE PERMAINAN TRADISIONAL SUNDA MANDA

Authors

  • Anwardiani Iftaqul Janah Wardoyo Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nur Cahyati Ngaisah

DOI:

https://doi.org/10.33474/thufuli.v5i1.19247

Keywords:

Kecerdasan Kinestetik, Anak Usia Dini, Sunda Manda

Abstract

Kecerdasan kinestetik menjadi bagian penting dalam proses perkembangan motorik anak melalui aktivitas gerak yang saling berkoordinasi dan dapat melatih anak dalam keterampilan, keseimbangan, kekuatan, kelenturan dan kelincahan. Rendahnya kecerdasan kinesterik dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti aktivitas gerak yang tidak optimal, sehingga membutuhkan kegiatan yang menarik anak untuk beraktivitas seperti bermain sunda manda yang menimbulkan beragam gerak bagi yang memainkannya. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan subjek penelitian anak usia 5-7 tahun yang berjumlah lima anak. Penelitian dilakukan di daerah Klurak Baru, Bokoharjo, Prambanan, Sleman dengan menggunakan instrumen observasi dan wawancara yang dilakukan kepada orang tua ataupun masyarakat sekitar. Teknik analisis menggunakan kondensasi data, penyajian hasil serta pembuatan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tehnik traingulasi. Temuan dalam penelitian ini bahwa kecerdasan kinesterik dalam permainan tradisional sunda manda dapat melatih gerak koordinasi yang rumit seperti kekuatan kaki saat melompat dengan satu kaki bersamaan dengan melempar dan menangkap gaco menggunakan tangan sambil berjalan berpindah tempat. Selain itu juga dapat melatih keseimbangan anak, kekuatan anggota tubuh, ketangkasan anak dan kelincahan anak dalam beraktivitas gerak. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa keserdasan kinesterik dapat dikembangkan melalui metode permainan tradisional sunda manda.

References

Anggraini, D. D. (2014). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Bermain Sirkuit Dengan Bola (Penelitian Tindakan di Kelompok A TK Al Muhajirin Malang Jawa Timur, Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 2(2), 67.

Anggreni, M. A. (2022). Untuk Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah STIKES Yarsi Mataram, 1–9

Anita, D. (2020). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Pembangunan Pedesaan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 4(2), 29–33. https://doi.org/10.36057/jips.v4i2.409

Annisa, A. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Natural Messy Play sebagai Optimalisasi Kecerdasan Kinestetik Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 410–419. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.914

Aulia, R., & Ngaisah, N. C. (2023). Peran Pendidikan Anak Usia Dini dalam Fungsi Sosialisasi Keluarga di Kelurahan Teluk Merarti. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 49–62.

Brusseau, T. A., Hannon, J. C., Fu, Y., Fang, Y., Nam, K., Goodrum, S., & Burns, R. D. (2018). Trends in physical activity, health-related fitness, and gross motor skills in children during a two-year comprehensive school physical activity program. Journal of Science and Medicine in Sport, 21(8), 828–832. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2017.12.015

Fajzrina, L. N. W., Ngaisah, N. C., & Pratamasari, I. (2022). Analysis of Detection of Growth and Development In Gross Motor Toddlers (Case Study of Babies Aged 6 Months Cannot Pronning, Roll and Crooked). JOYCED: Journal of Early Childhood Education, 2(2), 206–217. https://doi.org/10.14421/joyced.2022.22-10

Karim, A. (2011). Pengaruh Pembelajaran Gerak dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163

Karina, C. D., U.S, S., & L.A, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Indonesia Komunitas TGR (Traditional Games Return). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1599–1615. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.674

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19

Nadziroh, N., Chairiyah, C., & Pratomo, W. (2019). Nilai-Nilai Karakter Dalam Permainan Tradisional. In TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an (Vol. 5, Issue 3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v5i3.6119

Ngaisah, N. C., & Aulia, R. (2023). Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/ bunayya.v9i1.16890

Ngaisah, N. C., Janah, A. I., & Azizah, S. N. (2023). Permainan Tradisional Engklek sebagai Mengembangkan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Upaya. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 74–85. https://doi.org/10.37985 /murhum.v4i1.159

Nur Cahyati Ngaisah, Muhammad Al Ayyubi, Lati Nurliana Wati Fajzrina, Reza Aulia, Munawarah, Chairun Nisa Fadillah, N. P. Z. (2023). Permainan Tradisional Kelereng dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 103–113

Perreault, M., Haibach-Beach, P., Lieberman, L., & Foster, E. (2021). Motor Competence in Children with CHARGE Syndrome. Research and Practice for Persons with Severe Disabilities, 46(2), 67–76. https://doi.org/10.1177/ 1540796921998011

Pratiwi, Y., & Kristanto, M. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Keseimbangan Tubuh Anak Melalui Permainan Tradisonal Engklek Di Kelompok B Tunas Rimba II Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian PAUDIA, 18–39

Pujiati, S., Kurniawati, Y., & Kustiono, K. (2020). The Effectiveness of Zondag Mandaag’s Game on the Improvement of Basic Movement and Early Childhood Character. Journal of Primary Education, 9(5), 493–500. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i5.43056

Aqobah, Qory Jumrotul, Masnur Ali, G. D., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisonal. Untirta, 5 (2)(2), 134–142

Rohmah, A. A., & Jauhari. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Multiple Intelligences. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 32–41. https://doi.org/10.35719/preschool.v1i1.9

Septianto, I., Arif, M., & Nugraha, H. (2022). Penerapan permainan modfikasi engklek untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak usia dini 6-8 tahu n diperumahan regency1 tangerang. Journal Olahrga Rekat (Rekreasi Masyarakat), 1(1), 53–60

Suhaimi, I. (2017). Memberdayakan Kecerdasan Kinestetik Anak. Jurnal Illmiyah Bahasa Dan Sastra, 1(1), 72–90

Supriyono, A. (2018). Serunya Permainan Tradisional Anak Zaman Dulu. In Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Suryawan, I. . A. J. (2020). Permainan Tradisional Sebagai Media Pelestarian Budaya dan Penanaman Nilai Karakter Bangsa. Genta Hredaya, 2(2), 1–10

Wiranti, D. A., & Mawarti, D. A. (2018). Keefektiffan Permainan Engklek Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176 /re.v9i1.2810

Downloads

Published

2023-05-12

How to Cite

Wardoyo, A. I. J., & Nur Cahyati Ngaisah. (2023). UPAYA MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE PERMAINAN TRADISIONAL SUNDA MANDA . Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 53–65. https://doi.org/10.33474/thufuli.v5i1.19247