PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER ENTREPRENEURSHIP ANAK MELALUI KEGIATAN MARKET DAY DI RA HARAPAN KITA

Authors

  • Munawarah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Ikhsan IAIN Lhoukseumawe
  • Santika IAIN Takengon Aceh
  • Muhammad Ghafur University Technology And Since Yaman

DOI:

https://doi.org/10.33474/thufuli.v5i1.19422

Keywords:

Entrepreneurship, Anak Usia Dini, Market Day.

Abstract

Pembinaan karakter pada anak harus dilaksanakan sejak dini. Termasuk membangun karakter wirausaha pada anak. Membangun karakter wirausaha pada anak membutuhkan stimulasi yang sesuai dengan perkembangan anak. Oleh karena itu dibutuhkan beberapa upaya untuk mengimplementasikannya. Penelitian ini dilakukan di RA Harapan Kita, Kec. Lut Tawar, Kab. Aceh Tengah
untuk guru dan anak usia 5-6 tahun, dengan jumlah 15 anak. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yaitu melalui observasi, wawancara dan penelitian terkait studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam membangun karakter wirausaha pada anak dapat
dilakukan dengan memberikan stimulasi melalui kegiatan market day. Pelaksanaan kegiatan market day dapat dikatakan berjalan dengan baik yang dibuktikan dengan perencanaan hingga tahap evaluasi kegiatan. Manfaat pelaksanaan kegiatan market day dalam membentuk karakter wirausaha memunculkan karakter sebagai berikut. 1) memiliki rasa tanggung jawab. 2) mengenali potensi diri. 3) memiliki rasa tanggung jawab. 4) kreatif. 5) Mampu memecahkan masalah.

References

Amalia, S. (2022). Analisis Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Keaktifan Dan Motivasi Belajar Pasca Pandemi Covid 19 Pada Siswa Kelas VB di MI Darul Huda Bandar Lampung. 33(1), 1–12.

Anwar, S., & Salim, A. (2019). Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bangsa di Era Milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 233. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3628

Aris Ariyanto, et al. (2021). Entrepreneurial Mindsets & Skills (H. A. A. Wijoyo (ed.); Edisi 1). Insan Cendikia Mandiri. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Bahri, S. (2020). Internalisasi Entrepreneurship Dalam Perspektif Islam. In Medan Merdeka (Riinawati). CV. Radja Republika. https://medanmerdeka.com/kolom/entrepreneurship-dalam-perspektif-islam/

Eka, S. N. A., & Laili, L. M. (2022). Strategi dan Hambatan Manajemen Pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 90–101.

Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, & Amat Nyoto. (2021). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era GLOBAL. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.

Fardani, D. N., & Lismanda, Y. F. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Dalam Film “Nussa.” Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 34. https://doi.org/10.33474/thufuli.v1i2.4921

H. Zuchri Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In P. Rapanna (Ed.), cv Syakir Media Press (Edisi Dese). CV Syakir Media Press. https://doi.org/https://osf.io/preprints/juwxn/

Hasan, M., Harahap, T. K., Inanna, Khasanah, U., Rif, ati, B., Musyaffa, Susanti, Hasyim, S. H., Nuraisyiah, Fuadi, A., Suranto, M., Fakhrurrazi, Arisah, N., Zaki, A., & Setyawan, C. E. (2021). Landasan Pendidikan. In M. Hasan (Ed.), CV Tahta Media Group (Cetakan Pe). Tahta Media Group.

Hernani, S. Y. (2022). i IMPLEMENTASI KEGIATAN MARKET DAY DALAM UPAYA MENUMBUHKAN KARAKTER KEJUJURAN ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A RA AL HUSNA SUGIHREJO GABUS PATI. 1–23.

Khusna, N. (2022). The Value Of Creativity In Early Children Entrepreneurship Through Cooking Day Activities At Ra Roudlotusysyubban. Journal Of Early Childhood Education And Research, 3(2), 61–69. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jecer.v3i2.32016

Mashita, W., Diana, P., & Miftachul, M. (2022). Peran Menanamkan Nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal BISECER : Bussiness Economic Entrepreneurship, V(2), 14–22.

Meisitha, L., Pujiati, & Suroto. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kepribadian Wirausaha dan Program Market Day di Sekolah Terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 3(3), 18–24.

Ningsih, I. F., Munastiwi, E., & Gusti, N. S. (2018). Implementasi Nilai – Nilai Kewirausahaan Melalui Market Day Di TK IT Ar-Rahmah. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 21–29. https://doi.org/10.19109/ra.v6i1.12480

Nugrahani, R., Munastiwi, E., & Suhendro, E. (2020). Strategi Pengembangan Nilai-Nilai Entrepreneurship Pada Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 2(2), 138–154. https://doi.org/10.15408/jece.v2i2.17390

Pratiwi, A. P., & Anwar, A. S. (2023). MENGEMBANGKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SEJAK DINI PADA KELAS 4 SD. Abdima Jurnal Pengapdian Mahasiswa, 2(1), 698–704.

Ramadhanti, S., & Handayani, T. (2020). Pembentukan Karakter Kerja Sama Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Entrepreneur. Eklektik: Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(2), 94–102. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v3i2.10950

Rufaedah, E. A. (2020). Peranan Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak-Anak. Jurnal Bimbingan Dan Koseling, 1(2), 8–25. https://doi.org/10.28944/afkar.v1i2.6

Septiana, Y., & Salahudin, S. (2021). Perencanaan pembangunan daerah melalui pendidikan: Sebuah kajian pustaka terstruktur. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(1), 30. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i1.42222

Siti, R., Ipah, H., & Nurmaya, S. (2022). Kegiatan Market Day untuk Mengenalkan Literasi keuangan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA), 6(2), 57–61.

Sulistia, I. (2023). MEMBANGUN JIWA ENTREPRENEUR DIWAKTU MUDA DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL-MUJAHIDIN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), 11–19. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.35870/jpmn.v3i1.821

Tri Novia, S. A. R. K. M. R. E. N. A. I. O. D. R. P. (2021). Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Membangun Karakter Entrepreneurship pada Anak. Jurnal Counseling CARAE, 5, 13–20. http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/ counseling

Uswatun, H. (2019). Upaya Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Melalui Kegiatan Market Day Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–19.

Wulandari, S. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini melalui Berdagang Pada TK Nailul Maram Jember. Education Journal : Journal Education Research and Development, 7(1), 20–24. https://doi.org/https://doi.org/ 10.31537/ej.v7i1.971

Yusuf, M. (2020). Model Pembelajaran Kompetisi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Asosiasi Dosen Tarbiyah STAI Darussalam, 2(2), 61–73.

Zulfikar., R. H. M. S. N. F. A. F. C. M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 Sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 1(1), 29–40.

Downloads

Published

2023-05-15

How to Cite

Munawarah, Ikhsan, Santika, & Ghafur, M. (2023). PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER ENTREPRENEURSHIP ANAK MELALUI KEGIATAN MARKET DAY DI RA HARAPAN KITA. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 66–77. https://doi.org/10.33474/thufuli.v5i1.19422