PENGARUH MEDIA KOKORU TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Authors

  • Resa Tifeni Az-Zahra Resa Universitas Negeri Padang
  • Suryana Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.33474/thufuli.v5i1.19551

Keywords:

Pembelajaran Eksperimen, Kemampuan Motorik Halus, Pembuatan Media Kokoru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengembangkan kemampuan motorik halus anak di TK Pengembangan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa TK Pengembangan Laboratorium Universitas Negeri Padang, dengan sampel kelas B2 dan B3 yang masing-masing berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah tes lisan, tes tindakan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Alat pengumpulan data menggunakan lembar pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji beda (t-test) dengan menggunakan aplikasi SPSS 22.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, rata-rata pretest kelas eksperimen 10,73 dan kelas kontrol 10,53, sedangkan rata-rata posttest kelas eksperimen 15,07 dan kelas kontrol 12,27. Berdasarkan data pre-test dan post-test, rata-rata gain score untuk kelas eksperimen adalah 4,33 sedangkan rata-rata gain score untuk kelas kontrol adalah 1,73. Berdasarkan nilai sig (2-tailed) adalah 0,00 < 0,05. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan hasil penelitian bahwa penggunaan media kokoru berpengaruh terhadap motorik halus anak usia dini.

References

Adriyani, S., & Suryana, D. (2020). Efektivitas Napkin Folding Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 2 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 282-286.

Alfianika, N. (2018). Buku ajar metode penelitian pengajaran bahasa Indonesia. ___: Deepublish.

Amalia, M., Pransiska, R., & Yulsofriend, Y. (2019). Pengaruh Kreasi Kertas Kokoru

Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak di Taman Kanak-Kanak Nurul Yakin Ringan-Ringan Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 78-86.

Hildayani. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Universitas Terbuka: Tangerang Selatan.

Mayar, Farida. (2021). Menggambar Melalui Ekspresi Bebas Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Budi Utama

Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rakimahwati, R., Lestari, N. A., & Hartati, S. (2018). Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 98. https://doi.org/10.31004/ obsesi.v2i1.13

Sanenek, A. K., Nurhafizah, N., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Analisis Pengembangan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1391-1401.

Sari, I., & Rakimahwati, R. (2019). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui bermain playdough di taman kanak-kanak qur’aniah air runding pasaman barat. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(1), 37-43.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: CV Alfabeta

Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Padang: UNP Press

Suryana, D. (2016). Pendidikan anak usia dini: stimulasi & aspek perkembangan anak. Prenada Media.

Suryana, D. (2017). Dasar-Dasar Pendidikan TK. Hakikat Anak Usia Dini, 1, 1–65.

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.

Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094.

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 351-358.

Downloads

Published

2023-05-12

How to Cite

Resa, R. T. A.-Z., & Suryana. (2023). PENGARUH MEDIA KOKORU TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 42–52. https://doi.org/10.33474/thufuli.v5i1.19551