METODE GERAK DAN LAGU UNTUK MENGENALKAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SINGARAJA

Authors

  • Putu Dian Marcelina Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Aditya Antara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Rendy Setyowahyudi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.33474/thufuli.v5i2.20398

Keywords:

Movement and Song, English, , Early Childhood

Abstract

Kemampuan bahasa inggris penting untuk dimiliki saat ini. Kemampuan bahasa inggris harus mulai dikenalkan sejak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode gerak dan lagu untuk mengenalkan bahasa inggris pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Subjek penelitian adalah guru dan kepala sekolah di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Singaraja. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan model Miles & Huberman. Hasil yang di dapatkan adalah penerapan metode gerak dan lagu untuk mengenalkan bahasa inggris di TK Aisyiyah Bustanul Athfal dilakukan dalam tiga tahap yaitu (1) perencanaan saat guru mulai mempersiapakan peralatan, lagu dan barisan murid, (2) pelaksanaan saat gerak dan lagu mulai dilaksanakan dengan bimbingan guru dan  (3) penutup/evaluasi yaitu saat guru melakukan recalling untuk mengetahui perubahan kemampuan bahasa inggris anak.

References

Arianti, B. D. D., Aswasulasikin, A., Hadi, Y. A., Ibrahim, D. S. M., & Suryansah, S. (2021). Pengembangan Kamus Bergambar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Golden Age, 5(2), 425-434.

Arwati, N. M., & Fadillah, S. (2019). Pengaruh gerak dan lagu (music and movement) terhadap peningkatan kosakata bahasa Inggris pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Kasih Ibu. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 67-75.

Budiharto, R. A., Santoso, S. A., & Lestari, R. A. (2021). Pengenalan English vocabulary pada anak usia dini melalui English for kids. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 287-293.

Fadlan, A., Ridwan, R., Nopriansyah, U., & Nurfaizah, N. (2021). Penerapan Metode TPR (Total Physical Respone) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 137-151.

Firdaus, M., & Muryanti, E. (2020). Games edukasi bahasa inggris untuk pengembangan kosakata bahasa inggris pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1216-1227.

Fitriana, I. (2012). Menguasai Bahasa Inggris: Bekal Potensial dalam Pengembangan Wirausaha. Prosiding Seminas Competitive Advantage, 1(2).

Fitri, Y. M., & Nurhafizah, N. (2021). Pengaruh Metode Gerak dan Lagu Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak di Kota Padang. Jurnal Basicedu, 5(2), 636-642.

Hamzah, I., Wahyudin, A. Y., Oktaviani, L., Aldino, A. A., Alfathaan, M., & Julius, A. (2022). Pendampingan Pembelajaran Public Speaking Bagi Siswa-Siswi MAN 1 Lampung Tengah. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 76-81.

Handayani, S. (2016). Pentingnya kemampuan berbahasa Inggris sebagai dalam menyongsong ASEAN Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1), 102-106.

Harits, I. W. (2010). Model Pengajaran Bilingual pada Anak Usia Dini pada SD Anak Saleh Sidoarjo. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 3(2), 188-196.

Jazuly, A. (2016). Peran bahasa inggris pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 6(01), 33-40.

Nurlaili, H. S. (2022). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Dan Karakter Pelajar Anak Bangsa Pada Pertukaran Mahasiswa Merdeka (Pmm). Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1-8.

Purwanti, R. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Gerak dan Lagu. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 91-105.

Purwanti, R., & Suhaimi, S. (2020). Model GELPITAS (gerak & lagu, picture & picture, talking stick) untuk meningkatkan perkembangan bahasa Inggris anak taman kanak-kanak. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(2), 124-134.

Sutrisna, G. (2022). MENGENALKAN DAN MEMBERIKAN EKSPOSUR BAHASA INGGRIS PADA ANAK SEJAK USIA DINI. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 31-40.

Tamrin, A. F., & Yanti, Y. (2019). Peningkatan keterampilan bahasa Inggris masyarakat pegunungan di Desa Betao Kabupaten Sidrap. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 61-72.

Thariq, P. A., Husna, A., Aulia, E., Djusfi, A. R., Lestari, R., Fahrimal, Y., & Jhoanda, R. (2021). Sosialisasi pentingnya menguasai bahasa Inggris bagi mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(2), 316-325.

Uzer, Y. (2019). Implementasi pembelajaran bahasa inggris anak melalui metode gerak dan lagu untuk anak paud. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 187-193.

Virdyna, N. K. (2015). Penerapan metode fonik dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak usia dini. OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(1), 113-130.

Westhisi, S. M. (2019). Metode fonik dalam pembelajaran membaca permulaan bahasa inggris anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 5(1), 23-37.

Downloads

Published

2023-11-09

How to Cite

Marcelina, P. D., Antara, P. A., & Setyowahyudi, R. (2023). METODE GERAK DAN LAGU UNTUK MENGENALKAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SINGARAJA. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 15–22. https://doi.org/10.33474/thufuli.v5i2.20398