Pengembangan Media Permainan Monopoli Buah (MOBU) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 TAHUN

Authors

  • Jenica Yulia Meintika Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Linda Dwiyanti
  • Veny Iswantiningtyas

DOI:

https://doi.org/10.33474/thufuli.v5i2.20411

Keywords:

Learning media, Fruit Monopoly game media (MOBU), early childhood.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media permainan monopoli buah (MOBU) yang cocok digunakan oleh anak usia dini. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau sering disebut R&D. Desain penelitian pengembangan ini menggunakan modifikasi dan model Borg and Gall. Teknik analisis data validitas produk menggunakan rumus V sebagai Aiken dan menggunakan SPSS dalam uji coba lapangan (uji coba terbatas) dan uji coba ekspansi. Dari hasil penilaian validator mendapat nilai lebih dari 0,05 sehingga media permainan monopoli buah bisa dikatakan sangat layak digunakan. Didukung dengan hasil uji coba media dari segi kenyamanan dan daya tarik, persentase hasilnya adalah 95%. Oleh karena itu, media permainan monopoli buah dapat dikatakan valid dan tepat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini, terutama untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun.

References

Andini, Y. T., & Markamah, S. (2021). Permainan Monopoli Religius Dalam Meningkatkan Perilaku Religius Anak Usia 4-5 Tahun. Al Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2, 1–9.

Ayuningtyas, M., CENDEKIA, N. S.-J. C., & 2022, undefined. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Sospoly (Sosem Monopoli) Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5. Journal.Upy.Ac.Id, 02(02), 5–6. http://journal.upy.ac.id/index.php/CIKAL/article/view/2239

Dwiyanti, L., Pratiwi, A. K., Negeri, T., Kabupaten Blitar, P., Kunci, K., Mengenal, K., & Bilangan, K. (2015). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1 – 10 MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER " EDUCATION GAMES " PADA ANAK KELOMPOK A2 TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN BLITAR Prodi PG-PAUD FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 1(1), 59–65.

Fauzi, F. (2018). Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 15(3), 386–402. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552

Febriani, A., Utomo, H. B., & Dwiyanti, L. (2022). Pengembangan Dadu Hitung Edukatif sebagai Media untuk Menstimulasi Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 180–187. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1667

Handayani, W., & Zahro, I. F. (2022). PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN DENGAN MEDIA MONOPOLI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. 6(3), 258–262.

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 17–26.

Iswantiningtyas, V. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Selama Belajar Di Rumah. Efektor, 8(1), 9–20. https://doi.org/10.29407/e.v8i1.15835

Kediri, K., & Permulaan, B. (2019). PENGEMBANGAN PERMAINAN SMART ADVENTURE UNTUK MENING- DINI Linda Dwiyanti Rosa Imani Khan email : rossa_rose@unpkediri.ac.id Epritha Kurniawati THE DEVELOPMENT OF SMART ADVENTURE GAME TO IMPROVE EAR-. 14(1), 59–66.

Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 69–82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508

Mu’min, S. A. (2013). Teori Pengembangan Kognitif Jian Piaget. Jurnal AL-Ta’dib, 6(1), 89–99. https://ejournal.iainkendari.ac.id

Novitasari, U. N., Yulianto, D., & Iswantiningtyas, V. (2022). Penggunaan Media Adiktif (Animasi Media Interkatif) Untuk Pengenalan Huruf Abjad Pada Anak Usia Dini. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 7(2), 24–33. https://doi.org/10.29407/pn.v7i2.16560

Prasetyo, I. (2012). The Use of Patient-Controlled. PLS FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). Bab Iii Metode Penelitian Dan Pengembangan. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.

Series, W. (2020). Digital Repository Universitas Jember HIPOSPADIA Digital Repository Universitas Jember. 5(9), 65–74.

Tarigan, F. D. (2021). Pengembangan Mediavisual Outdoor Untuk Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 134–140. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1868

Wiwik Pratiwi. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam , 5, 106–117.

Yusra, N. (2022). Pengembangan Media Permainan Monopoli Sholat Untuk Meningkatkan Belajar Sholat Anak Usia Dini. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (Uinfas) Bengkulu.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Zubaidah, S., Nasuhah, L., & Banyuwangi, K. P. (2016). Karakteristik pendidikan anak usia dini. Al-‘Adâlah, 19, 269–284.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Jenica Yulia Meintika, Linda Dwiyanti, & Veny Iswantiningtyas. (2023). Pengembangan Media Permainan Monopoli Buah (MOBU) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 TAHUN . Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 44–57. https://doi.org/10.33474/thufuli.v5i2.20411