Pelaksanaan Keterampilan Berbicara Di sentra Bermain Peran Di Taman Kanak-Kanak Islam Nibras

Authors

  • Diah Islamiarty UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Dra. yul syofriend

DOI:

https://doi.org/10.33474/thufuli.v5i2.20573

Keywords:

Speaking Skills, Role , Playing Centers

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi perkembangan bahasa anak TK Islam Nibras dalam berbicara berkembang dengan baik, terbukti setelah anak melakukan tes sitidini dan tes taraf untuk masuk SD dari psikolog di nyata bahwa anak mampu berbicara dengan baik dan jelas.  Penelitian ini  bertujuan mendeskripsikan kemampuan berbicara dari anak, mendeskripsikan proses realisasi pengajaran sentra bermain peran pada pengembangan kemampuan berbicara dari anak, mendeskripsikan media pembelajaran dalam pelaksanaan keterampilan berbicara dari anak, mendeskripsikan evaluasi yang digunakan guru pada pelaksanaan keterampilan berbicara anak, dan mendeskripsikan metode yang digunakan pada keterampilan berbicara anak. Metode yang dipakai yakni pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini teknik untuk mengumpulkan data yang dipakai mencakup atas: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik dalam menganalisis data yang dipakai pada penelitian ini mencakup atas reduksi data (data reduction), data display (display data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian memperlihatkan perencanaan pelaksanaan keterampilan berbicara anak sudah dirancang didasari terhadap kurikulum merdeka dan indikator dari proses belajar, pelaksanaan keterampilan berbicara anak terstimulasi dengan baik yang didukung dengan metode dan media yang digunakan guru, serta evaluasi pelaksanaan keterampilan berbicara anak ditinjau melalui anak datang kesekolah sampai anak pulang dari sekolah.

Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Sentra, Bermain Peran

 

ABSTRACT

The research background is that the language development of islamic kindergarten children in nibras develops well in speaking, it is proven that after the child it is evident that the child is able to speak well and clearly. The research purpose is to describe skills of speaking by childrens, describe the process of implementing role-playing center learning in developing children's speaking skills, describe the learning media in implementing the skills of speaking by childrens, describe the evaluation used by teachers in implementing the skills of speaking by childrens, and describe the methods used on children's speaking skills. talking child. The method used is a qualitative approach. In this research, the techniques for data collection used were: observation, interviews, and documentation. The techniques for data analysis used in research are reduction of data, display of data, and conclusion drawing (verification). The results shown that the planning for the implementation of children's speaking skills had been prepared referring to the independent curriculum and learning indicators, the implementation of well-stimulated children's speech skills supported by the methods and media teacher used, as well as the evaluation of the implementation skills of speaking by childrens seen from the child coming to school until the child went home school.

Keywords: Speaking Skills, Role, Playing Centers

References

Albi Anggito Dan Johan Setiawan. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat Cv Jejak.

Anas Muhammad. 2014. Mengenal Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 6, No 1 Februari 2021

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi PAnggraini, V., Yulsyofriend, Y. and Yeni, I. (2019) ‘Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini’, Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), p. 73.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Direktorat Jendral. 2015. Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat KEMENDKBUD.

Erste Sohn Chandra, W., & Eliza, D. (2020). Pengaruh Permainan Magic Card terhadap Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 820.

Gunawan, Imam. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hartati, S., & Zulminiati, Z. (2020). Fakta-Fakta Penerapan Penilaian Otentik di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1035–1044.

Hayati Miratul dan Purnama Sigit 2019. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Hal 51.

Huliyah, m. 2017. Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 1, 60-71

Ketut Sudarsana, O. I. (2017). Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Membentuk Karakter Anak, Volume 1 n, 41–48.

Iskandarwassid dan Sunendar. 2011. Strategi Pemebelajaran Bahasa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Kuriniawan, Heru Dan Kasmiati.2020. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Purwokerto: RKWK

Mardyawati Lilis. 2016. Straegi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group. Diambil Dari Jurnal Instruksional, Vol 1, No 1.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nur Ardianti, Selvviana, Umar Sulaiman. (2019). Tingkat Pencapaian Aspek Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Berdasarkan Standar Pendidikan Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Nanaeke. 2(1): 52-65.

Saddhono, Kundharu, Slame. St. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudarsana, I. K. 2018. Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya. Vol 1.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.

Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang: UNP Press Padang.

Suryana. Dadan. 2019. Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Umi Faizah, 2011. Pengantar Keterampilan Berbicara Berbasis Cooperative Learning Think Pair Share Teori dan Prakik. Yogyakarta: Yuma Pressindo.

Veny Iswantinigtyas dan Widi Wulansari, 2018. Pentingnya Penilaian Anak Usia Dini. Proceeding Of The Icecrs, Vol. 1no 3.

Wahyudin U dan Agustin M. 2011. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini: Panduan Guru, Tutor, Fasilitator dan Pengelola Pendidikan, Bandung: Refika Aditama.

Yusuf, A. M. 2014. Kuantitatf, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana.

Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Kencana: Jakarta.

Downloads

Published

2023-11-09

How to Cite

Diah Islamiarty, & Dra. yul syofriend. (2023). Pelaksanaan Keterampilan Berbicara Di sentra Bermain Peran Di Taman Kanak-Kanak Islam Nibras. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 23–32. https://doi.org/10.33474/thufuli.v5i2.20573