IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ANNUR ASSALAFY TUMPANG PACARKELING KEJAYAN PASURUAN
DOI:
https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6825Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Implementasi pendekatan saintifik terhadap kemampuan kognitif sains anak usia 5-6 tahun di RA Annur Assalafy Tumpang Pacarkeling Kejayan Pasuruan. Dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan pemahaman 5M ( mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikan) di harapkan proses pembelajaran di RA terutama dalam perkembangan kognitif sains bisa menarik perhatian anak sehingga minat anak dalam belajar sangat baik sehingga aspek perkembangan anak bisa tercapai sesuai yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang mendiskripsikan pemahaman peneliti dalam melaksanakan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran terutama kognitif sains. Data tesebut di peroleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah (1) Pemahaman awal peneliti tentang pendekatan kognitif sains sudah cukup baik. (2) perencanaan pembelajaran dalam pendekatan saintifik dalam menyususn rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) dan media sudah mengacu dalam langkah-langkah yang sesuai karena peneliti sudah mendapatkan pelatian-pelatian di kampus sehingga dalam menyususn rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) peneliti sudah cukup baik. (3) Pelaksanaan pembelajaran kognitif sains dengan menggunakan pendekatan sintifik di kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup sudah cukup baik dengan pemahaman 5 M (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikan). Pembelajaran berpusat pada anak. Anak lebih aktif dalam pembelajaran dibanding guru yang mengakibatkan keterampilan berfikir anak lebih tinggi.
References
Daryanto. (2014).Pendekatan Pembelajaran Saentifik Kurikulum 2913. Yogyakarta: Gava Media.
Hamdani, (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hosman.(2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21.Bogor: Ghalia Indonesia.
Imas, Kurniasih & Sani, Berlin. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Moleong, L. J.(2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya
Majid, Abdul dan Rochman, C. (2015). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Majid, A. (2013). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya (2015). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muzamiroh, L. M. (2013). Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Jakarta : Kata Pena.
Permendiknas . (2008). Undang-undag SISDIKNAS ( SistemPendidikan Nasional) (UU RI No. 20 Th. 2003). Jakarta : Sinar Grafika.
Permendibud. (2013).Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor.69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Jakarta: Permendikbud.
Rusman. (2011).Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.
Sani, A. R. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi 2013.PT Bumi Aksara
Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyono dan Hariyanto.(2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Rpsdakarya Remaja.
Tim Pustaka Yustisia. (2007). Panduan Lengkap KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Yogyakarta: Pustaka Yustisia