NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM TOLERANSI DALAM NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY

Authors

  • hakiman hakiman Fakultas Ilmu Tarbiyah IAIN Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33474/ja.v3i1.10664

Abstract

This study aims to find and describe the values of tolerance education in a novel entitled Bumi Cinta by Habiburrahman el Shirazy. This research is a library research with the primary data from the novel which is supported by secondary data to enhance the depth of this research. Data collection technique used documentation, while data analysis technique used content analysis. The results of the study show that the values of tolerance education in the novel Bumi Cinta by Haburrahman el Shirazy encourage the readers to: a) live in harmony between religious communities, b) do not impose one’s will, do not impose religion, c) respect differences of opinion, d) do good to others, e) respect different ways of worshiping, f) respect differences in places of worship, g) and respect the rights of others. The values of tolerance education are the values of Islamic education that needed to be presented in social life.

Keywords: values, islamic education, tolerance, novel bumi cinta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan toleransi dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman el Shirazy. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan data primer dari novel yang didukung dengan data sekunder untuk menambah kedalaman penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan toleransi dalam novel Bumi Cinta karya Haburrahman el Shirazy mendorong pembaca untuk: a) hidup rukun antar umat beragama, b) tidak memaksakan kehendak, tidak memaksakan agama, c) menghormati perbedaan pendapat, d) berbuat baik kepada orang lain, e) menghormati perbedaan cara beribadah, f) menghormati perbedaan tempat ibadah, g) dan menghormati hak orang lain. Nilai-nilai pendidikan toleransi merupakan nilai-nilai pendidikan Islam yang perlu dihadirkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Kata Kunci: nilai, pendidikan Islam, toleransi, novel bumi cinta

References

Ali, M. (2009). Pemetaan Kerukunan Kehidupan Beragama di Berbagai Daerah di Indonesia. Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan.

Anwar, S. S. (2014). Tanggung Jawab Pendidikan Dalam Perspektif Psikologi Agama. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.15575/psy.v1i1.463

Apriliani, I., & Ghazali, H. (2016). Toleransi Remaja Islam Kepada Pemeluk Agama yang Berbeda: Studi Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) SMA di Bekasi, Jawa Barat. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(1), 1. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v1i1.32

Azmi, R., & Kumala, A. (2019). Multicultural Personality pada Toleransi Mahasiswa. Tazkiya Journal of Psychology, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v7i1.13493

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Bakar, A. (2015). Konsep Toleransi Dan Kebebasan Beragama. Toleransi, 7(2), 123–131. https://doi.org/10.24014/trs.v7i2.1426

Casram, C. (2016). Membangun Sikap Toleransi Beragama dalam Masyarakat Plural. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 1(2), 187–198. https://doi.org/10.15575/jw.v1i2.588

Fachrian, M. R. (2018). Toleransi Antar Umat Beragama dalam Al-Qur’an: Telaah Konsep Pendidikan Islam. Depok: Rajawali Pres.

Gadug Kurniawan, S.H., M. . (2015). Kata-Kata Kunci: Demokrasi, Hukum, Masa Depan. Inovatif, VIII(2), 95–114.

Ghazali, A. M. (2016). Toleransi beragama dan kerukunan dalam perspektif islam. Religious: Jurnal Agama Dan Lintas Budaya, 1(1), 25–40.

Hamka. (1992). Tafsir Hamka. Tangerang: Lentera Hati.

Herman, Rijal, & Mohamad. (2018). Pembinaaan Toleransi Antar Umat Beragama Perspektif Pendidikan Agama Islam Bagi Remaja Kota Kendari. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(2), 224. https://doi.org/10.31332/ai.v13i2.1051

Hertina, H. (2010). Konsep Toleransi Dalam Budaya Melayu. Toleransi, Vol. 2, pp. 152–162. https://doi.org/10.24014/trs.v2i2.432

Husna, A. K. M., Andayani, A., & Suyitno, S. (2018). The Tolerance Value in Habiburrahman El Shirazy’s Novel Ayat-Ayat Cinta 2. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 25(2), 346. https://doi.org/10.19105/karsa.v25i2.1341

Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 27. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057

Marzuki. (2012). Pembinaan Karakter Mahasiswa Melalui Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Yogyakarta: Ombak.

Maulidah, R. (2014). Toleransi Umat Muslim terhadap Keberadaan Gereja Pantekosta di Surabaya. Religió: Jurnal Studi Agama-Agama, 4(2), 195–217.

Misbah, M. I., Yusuf, A., & Wijaya, Y. (2018). No Title. 2(September), 263–290.

Muawanah. (2018). Pentingnya Pendidikan untuk Tanamkan Sikap Toleran di Masyarakat. Jurnal Vijjacariya, 5(1), 57–70. https://doi.org/10.31219/osf.io/vqgj4

Muhid, M., & Sholikhah, A. (2020). Etika Belajar, Berdiskusi Dan Ketika Dalam Sebuah Forum Menurut Kitab Washoya Al-Abaa Li Al-Abnaa. Kajian Pendidikan Islam, 4(2), 1–15.

Nashirudin, M. (2015). Perbedaan dalam Furã Fiqhiyyah sebagai Akibat Perbedaan dalam Usãl Al-fiqh. None, 14(1), 100–110.

Neolaka, A. (2017). Landasan Pendidikan. Depok: Kencana.

Nisvilyah, & Lely. (2013). Toleransi Antarumat Beragama Dalam Memperkokoh Persatuan Dan Kesatuan Bangsa (Studi Kasus Umat Islam Dan Kristen Dusun Segaran Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(1), 382–396.

Permana, D. S. (2014). Potret Sikap Toleransi Beragama Siswa ( Studi Kasus SMA Negeri 5 Jakarta Pusat Kelas XI ) Dany Setyo Permana , Noor Rachmat, Yusuf Ismail Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani, 10(2), 168–177.

Prasetiawati, E. (2017). Urgensi Pendidikan Multikultur untuk Menumbuhkan Nilai Toleransi Agama di Indonesia. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 1(02), 272. https://doi.org/10.32332/tapis.v1i02.876

Qurtubi. (2007). Tafsir Qurtubi. Jakarta: Pustaka Azzam.

Rifqi, M. (2018). Toleransi Antar Umat Beragama dalam Al-Qur’an: Telaah Konsep Pendidikan Islam. Depok: Rajawali Pres.

Sukitman, T. (2016). Internalisasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran (Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter). JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 85. https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a5559

Susanti, M. (2013). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Nazar-Nazar Jiwa Karya Budi Sulistyo En- Nafi ’. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 274–282.

Susanto, E. (2006). Pluralitas agama: Meretas Toleransi Berbasis Multikulturalisme Pendidikan agama. Jurnal Pendidikan, 1, 43–50.

Umaya, I. (2017). No Titleالابتزاز الإلكتروني.. جرائم تتغذى على Ø·Ùرة «التواصل ال. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01(1), 1–7.

Usman, M., & Widyanto, A. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Lhokseumawe. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(1), 36. https://doi.org/10.22373/jie.v2i1.2939

Yanti, C. S. (2015). Religiositas Islam Dalam Ratu Yang Bersujud Karya Amrizal Mochamad Mahdavi. Religiositas Islam Dalam Novel, 3(15), 1–15.

Yaqub, A. M. (2008). Toleransi Antar Umat Beragama. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Yasir, M. (2014). Makna Toleransi dalam Al-Qur’an. 103.193.19.206, XXII(2).

Zaini. (2010). Penguatan Pendidikan Toleransi Sejak Usia Dini. Toleransi, 2(1), 16–30.

Zar, S. (2013). Kerukunan Hidup Umat Beragama dalam Perspektif Islam Religious Harmony in Islam Perspective Kemajemukan Agama : Pandangan Islam. Toleransi, Vol. 5 No. 2 Juli – Desember 2013 Islam, (Toleransi).

Zulyadain, Z. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Beragama Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai). Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 10(1), 123–149. https://doi.org/10.32489/al-riwayah.155

Downloads

Published

2021-05-30

How to Cite

hakiman, hakiman. (2021). NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM TOLERANSI DALAM NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 3(1), 43–58. https://doi.org/10.33474/ja.v3i1.10664

Issue

Section

Articles