PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: KAJIAN PERSPEKTIF ONTOLOGI & AKSIOLOGI

Authors

  • Rosichin Mansur Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/ja.v3i1.11118

Abstract

Islamic education is something that exists, a true reality, not a string of words or images that will be lost in the dark. Islamic education as an activity that can be known to humans through its effects in life. Likewise, Islamic education is a means that has a good relationship with humans, nature and God. Islamic education is an education that carries a myriad of values given to humans. The values carried by Islamic education such as divine values, human values, absolute values, relative values, objective values and subjective values as well as usefulness values in life.

Keywords: Islamic education, ontology, axiology

Abstrak

Pendidikan Islam merupakan sesuatu ‘yang ada’, sebuah realitas yang benar adanya, bukan suatu deretan kata atau bayangan yang akan hilang dalam kegelapan. Pendidikan Islam sebagai suatu aktifitas yang dapat diketahui manusia melalui pengaruh-pengaruhnya dalam kehidupan. Demikian pula pendidikan Islam sebuah sarana yang memiliki hubungan baik dengan manusia, alam dan Tuhan. Pendidikan Islam merupakan pendidikan yang mengusung segudang nilai yang diberikan pada manusia. Nilai-nilai yang diusung pendidikan Islam seperti nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai absolut, nilai relatif, nilai obyektif dan nilai subyektif serta nilai kegunaan dalam kehidupan.

Kata Kunci: pendidikan Islam, ontologi, aksiologi

References

Adib, Mohammad. (2011). Filsafat Ilmu: Ontologi, Epistemologi, Aksiologi dan Logika Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Akhadiah, Sabarti dan Winda Dwi Listyasari (Ed). (2011). Filsafat Ilmu Lanjutan. Jakarta: Prenada Media Group

Ali, Muhammad dan Muhammad Asrori. (2012). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bina Aksara

Baharun, Hasan. (2017). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan dan Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum PAI). Yogyakarta: Cantrik Pustaka

Daradjat, Zakiah. (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Hamdani. (2011). Filsafat Sains. Bandung: Pustaka Setia

Jalaluddin dan Abdullah Idi. (2007). Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Kaelan. (2016). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma

Kattsoff, O. Louis. (2007). Pengantar Filsafat. Alih Bahasa: Soejono Soemargono. Yogyakarta: Tiara Wacana

Komara, Endang. (2011). Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Bandung: Rafika Aditama.

Nata, Abuddin. (2013). Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: Rajawali

Ramayulis dan Samsul Nizar. (2010). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Sadulloh, Uyoh. (2010). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Salahuddin, Anas. 2011. Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Suharto, Toto. (2014). Filsafat Pendidikan Islam: Menguatkan Epistemologi Islam dalam Pendidikan. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Suhartono, Suparlan. (2007). Filsafat Pendidikan. JogJakarta: Ar-Ruzz Media

Susanto, A. (2011). Filsafat Ilmu: Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologim Epitemologi, dan Aksiologi. Jakarta: Bumi Aksara

Tafsir, Ahmad. (2008). Filsafat Umum: Akal dan Hati Sejak Thales Sampai Capra. Bandung: Remaja RosdaKarya

Tumanggor, Rusmin, Kholis Ridho dan Nurochim. (2010). Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Jakarta: Kencana

Umar, Bukhari. (2010). Ilmu Pendidika Islam. Jakarta: Sinar Grafika Offset

Downloads

Published

2021-05-19

How to Cite

Mansur, R. (2021). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: KAJIAN PERSPEKTIF ONTOLOGI & AKSIOLOGI. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 3(1), 17–26. https://doi.org/10.33474/ja.v3i1.11118

Issue

Section

Articles