PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: KAJIAN PERSPEKTIF ONTOLOGI & AKSIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.33474/ja.v3i1.11118Abstract
Islamic education is something that exists, a true reality, not a string of words or images that will be lost in the dark. Islamic education as an activity that can be known to humans through its effects in life. Likewise, Islamic education is a means that has a good relationship with humans, nature and God. Islamic education is an education that carries a myriad of values given to humans. The values carried by Islamic education such as divine values, human values, absolute values, relative values, objective values and subjective values as well as usefulness values in life.
Keywords: Islamic education, ontology, axiology
Abstrak
Pendidikan Islam merupakan sesuatu ‘yang ada’, sebuah realitas yang benar adanya, bukan suatu deretan kata atau bayangan yang akan hilang dalam kegelapan. Pendidikan Islam sebagai suatu aktifitas yang dapat diketahui manusia melalui pengaruh-pengaruhnya dalam kehidupan. Demikian pula pendidikan Islam sebuah sarana yang memiliki hubungan baik dengan manusia, alam dan Tuhan. Pendidikan Islam merupakan pendidikan yang mengusung segudang nilai yang diberikan pada manusia. Nilai-nilai yang diusung pendidikan Islam seperti nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai absolut, nilai relatif, nilai obyektif dan nilai subyektif serta nilai kegunaan dalam kehidupan.
Kata Kunci: pendidikan Islam, ontologi, aksiologi
References
Adib, Mohammad. (2011). Filsafat Ilmu: Ontologi, Epistemologi, Aksiologi dan Logika Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Akhadiah, Sabarti dan Winda Dwi Listyasari (Ed). (2011). Filsafat Ilmu Lanjutan. Jakarta: Prenada Media Group
Ali, Muhammad dan Muhammad Asrori. (2012). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bina Aksara
Baharun, Hasan. (2017). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan dan Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum PAI). Yogyakarta: Cantrik Pustaka
Daradjat, Zakiah. (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Hamdani. (2011). Filsafat Sains. Bandung: Pustaka Setia
Jalaluddin dan Abdullah Idi. (2007). Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Kaelan. (2016). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma
Kattsoff, O. Louis. (2007). Pengantar Filsafat. Alih Bahasa: Soejono Soemargono. Yogyakarta: Tiara Wacana
Komara, Endang. (2011). Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Bandung: Rafika Aditama.
Nata, Abuddin. (2013). Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: Rajawali
Ramayulis dan Samsul Nizar. (2010). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Sadulloh, Uyoh. (2010). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Salahuddin, Anas. 2011. Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Suharto, Toto. (2014). Filsafat Pendidikan Islam: Menguatkan Epistemologi Islam dalam Pendidikan. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Suhartono, Suparlan. (2007). Filsafat Pendidikan. JogJakarta: Ar-Ruzz Media
Susanto, A. (2011). Filsafat Ilmu: Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologim Epitemologi, dan Aksiologi. Jakarta: Bumi Aksara
Tafsir, Ahmad. (2008). Filsafat Umum: Akal dan Hati Sejak Thales Sampai Capra. Bandung: Remaja RosdaKarya
Tumanggor, Rusmin, Kholis Ridho dan Nurochim. (2010). Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Jakarta: Kencana
Umar, Bukhari. (2010). Ilmu Pendidika Islam. Jakarta: Sinar Grafika Offset