Metode Pengendalian Atensi Peserta Didik dalam Pembelajaran Muhammad SAW (Analisis terhadap Variasi Teknik Penyampaian Hadis)
DOI:
https://doi.org/10.33474/ja.v1i2.4728Abstract
Abstract
The implementation of Islamic education still faces various problems, for example students who often pay no attention to lessons. This is one of the challenges for the teachers. One of the educators who can be used as an example to overcome this problem is Muhammad pbuh. Attention control applied by Muhammad pbuh is supported by jawami'ul kalim (concise words with meaningful meaning), and qaulan baligha (words that imprint in the heart). This study uses a text study method with functionalist pragmatic data analysis technique consisting of interpretation and holistic stages. Interpretation, namely diving a text message according to research needs. Holistic, that is interpretation by positioning the text as a product of the interaction of all the surrounding reality. The method of data collection in this study is to collect various primary and secondary sources that are related to the object of research. This research shows that attention control which Muhammad pbuh has applied has a meeting point with various theories of attention. The technique includes (1) repetition, (2) interactive dialogue with rhetorical questions (3) utilization of momentum, (4) mention of global things, (5) displaying abnormalities and surprises, and (6) touching the communicant.
Â
Keyword: Methods, Attention Control, PAI Learning
Â
Abstrak
Implementasi pendidikan Islam masih menghadapi berbagai masalah, misalnya siswa yang sering tidak memperhatikan pelajaran. Ini adalah salah satu tantangan bagi para guru. Salah satu pendidik yang bisa dijadikan contoh untuk mengatasi masalah ini adalah Muhammad SAW. Kontrol perhatian yang diterapkan oleh Muhammad SAW didukung oleh jawami'ul kalim (kata-kata singkat dengan makna yang bermakna), dan qaulan baligha (kata-kata yang membekas di hati). Penelitian ini menggunakan metode studi teks dengan teknik analisis data pragmatis fungsional yang terdiri dari tahapan interpretasi dan holistik. Interpretasi, yaitu menyelam pesan teks sesuai dengan kebutuhan penelitian. Holistik, yaitu interpretasi dengan memposisikan teks sebagai produk dari interaksi semua realitas di sekitarnya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan berbagai sumber primer dan sekunder yang terkait dengan objek penelitian. Penelitian ini menunjukkan bahwa kontrol perhatian yang diterapkan Muhammad SAW memiliki titik temu dengan berbagai teori perhatian. Teknik ini meliputi (1) pengulangan, (2) dialog interaktif dengan pertanyaan retoris (3) pemanfaatan momentum, (4) penyebutan hal-hal global, (5) menampilkan kelainan dan kejutan, dan (6) menyentuh komunikasi..
Â
Kata Kunci: Metode, Pengendalian Atensi, Pembelajaran PAI
References
Referensi
Al-Qaththan, Syaikh Manna, Pengantar Studi Hadits, Cet. 9, Penerjemah: Mifdhol Abdurrahman, Jakarta: Pustaka Al Kautsar. 2015
Bagus, Lorens, Psychology of Cognitive, USA: McGraw-Hill, 1996
DePorter, Mark Reardon dan Sarah Singer, Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning dalam Ruang Kelas, Bandung: Kaifa, 2008
DeVito, Joseph A, Komunikasi Antarmanusia, Edisi ke-5, Penerjemah: Agus Maulana. Jakarta: Professional Books, 1997
Ghuddah, Abdul Fattah, 40 Metode Pendidikan dan Pengajaran Rasulullah, Bandung: Irsyad Baitus Salam, 2009
Hamka, Tafsir Al Azhar, Jakarta: Pustaka Panji Mas, 2008
Hilgart, Introduction for Psikologi, New York: Brace and Inc, 1996
Ilahi, Fadhl, An-Nabiyyul Karim Mu’alim: Bersama Rasul Mendidik Generasi Idaman. Penerjemah: Ahmad Yunus, Jakarta: Pustaka Imam Asy Syafi’I, 2010
Jensen, Eric, Brain-Based Learning, Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak. Penerjemah: Narulita Yusron, Yogjakarta: Pustaka Pelajar, 2008
Johnson, Addie and Robert W. Proctor, Attention, Theory and Practice, New Delhi: Sage Publications, 2004
Matlin, Margaret W., Cognition. USA: Harcourt Brace Publishers, 1994
Muhadjir, Noeng, Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996
Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001
Oetiningsih, The Power of Memory, Jakarta: Erlangga, 2009
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Rakhmad, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung: Rosdakarya, 2015
Sholeh, Khudori, Integrasi Agama dan Filsafat (Pemikiran Epistemologi Al-Farabi), Malang: UIN Maliki Pres, 2010
Silberman, Melvin L., Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Penerjemah: Sarjuli, Yogyakarta: Pustaka Insani Madani, 2007
Sugiharto, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press, 2007
Suryabrata, Sumardi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pustaka Pelajar, 2001
Titscher, Stefan dkk, Metode Analisis Teks dan Wacana, Pen. Gazali, dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Woolfolk, Anita, Educational Psychology, Active Learning Edition, Edisi ke-10, bag. Ke dua. Penerjemah: Helly P.S dan Sri M. Yogjakarta: Pustaka Pelajar, 2009