Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam PAI Sebagai Upaya Mencegah Perkelahian Siswa

Moh Eko Nasrulloh

Abstract


Abstract

Various problems related to SMP students still occur in the East Java region. Among these problems is the brawl between students. Teachers are instrumental in preventing juvenile delinquency. In choosing forward learning materials related to the values of peace and positive attitudes of students. The learning strategies used by teachers in those processes can use problem-based learning strategies. Research discussion with the type of library research or research library related to problem-based learning strategy. In research studies and analysis of content on documents and books and scientific works. One way to be aware and prevent students from negative behaviors by drafting a problem-based learning strategy. With the use of problem-based learning strategies students can understand the role that can be taken when there are problems. The result of learning from a problem-based learning strategy students can realize what the cause of the fight and what the must is doing to prevent the fight.

Keywords: Strategy, Problem-Based Learning, Fights

 

Abstrak

Berbagai permasalahan terkait pelajar SMP masih terjadi di wilayah jawa timur. Diantara permasalahan tersebut yaitu tawuran antar pelajar. Guru berperan penting dalam mencegah terjadinya kenakalan remaja. Dalam memilih materi pembelajaran dikedepankan yang berkaitan dengan nilai-nilai perdamaian dan sikap positif siswa. Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses tersebut dapat menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah. Pembahasan penelitian dengan jenis library  research  atau  penelitian pustaka terkait objek strategi pembelajaran berbasis masalah. Dalam penelitian dilakukan kajian dan analisis isi terhadap dokumen maupun buku serta karya ilmiah. salah satu cara untuk menyadarkan dan mencegah siswa dari perilaku negatif dengan menyusun strategi pembelajaran berbasis masalah. Dengan penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah siswa dapat memahami peran yang bisa diambil ketika terjadi permasalaha. Hasil belajar dari strategi pembelajaran berbasis masalah siswa  dapat menyadari apa yang menjadi sebab terjadinya perkelahian dan apa yang ahrus dilakukan siswa untuk mencegah tejadinya perkelahian.

Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran Berbasis Masalah, PAI, Perkelahian


Full Text:

PDF

References


Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: isu-isu metodeis dan paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hartono, Izi. 2019 https://jatim.tribunnews.com diunduh pada 2-10-2019 pukul 10.00 WIB

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Wena, Made. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Zulkifli dan Royes, Nadjamuddin. 2017. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI Volume 3, Nomor 2, Desember.

Hakim, Lukman. 2015. Jurnal Pendidikan Islam. Ta’lim. Vol 13. No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/ja.v2i1.4856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Indexed by

       

 

Editorial Office
Islamic Education Department, Universitas Islam Malang
Jl. Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Fax: +62(341) 552249
Email: andragogi@unisma.ac.id