PERAN GURU PENDIDIKAN AGAM ISLAM DALAM PEMBINAAN AHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL – AZHAR PAGELARAN

Authors

  • Alif Achadah Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/ja.v1i2.4964

Abstract

Abstract

Education is a very important thing in human life. When talking about education, it is inseparable about education personnel called teachers. Therefore in this study discussed about the role of teachers of Islamic religious education which is basically a forum for fostering student morals when the students are in the school environment. This study uses qualitative methods that basically collect data from interviews, observations, and observations. With this method it is considered very good for this research so that it can answer the problem. The teacher at this school is very cooperative in improving student morals both at school and outside school.

 

Keyword: Role, Teacher Islamic Education, Moral Development

 

Abstrak

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Ketika bicara tentang pendidikan, tak dapat dipisahkan tentang tenaga pendidikan yang disebut dengan guru. Oleh sebab itu dalam penlitian ini dibahas tentang peran guru pendidikan agama islam yang dasarnya adalah untuk wadah membina akhlak siswa ketika siswa tersebut dalam lingkungan sekolah.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif  yang pada dasarnya mengumpulkan data dari wawancara, pengamatan, dan observasi.  Dengan metode tersebut dirasa sangat baik untuk penelitian ini sehingga dapat menjawab permasalahan. Guru disekolah ini sangat kooperatif dalam meningkatkan akhlak siswa baik ketika di sekolah amupun diluar sekolah.

 

Kata Kunci: Peran, Guru PAI, Pembinaan Akhlak

 

References

Majid, Abdul dan Dian andayani. 2006. Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya

Abdul Wahid Hasan. 2006. SQ Nabi Aplikasi strategi di masa kini. Yogyakarta: IRCioD

Ahmadi, Ahmad. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2010. Mengembangkan Kecerdasan Spititual Bagi Anak. Cet,I, Jogjakarta: Katahati

Burzan, Tony. 2003. cara menjadi orang yang cerdas spiritual. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Derajat, Zakia. Dkk. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Etta Mamang Sangadji dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian. Cet.I, Yogyakarta: C.V Andi Offset

Fuaidi, Nur. 2012. Profesional Guru. Purwokerto: STAIN Press

Lubna. 2009. Mengurangi Ilmu Pengetahuan Islam. Mataram: LKIM

Ihsan, fuad. 2003. Dasar-dasar Kependidikan. Cet.III, Jakarta: Rineka Cipta

Idrus, Muhamad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Cet. II, Yogyakarta: PT Gelora Aksara Pratama

Maleong, J Lexy. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Marshall dan Zohar. 2002. Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual. Bandung: Mizan

Muslich, Mansur. 2011. Pendidikan Karakter, Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara

Nata, Abudin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana

Nurdin, Muhammad. 2009. Kiat Menjadi Guru Profesiona. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Grub

Sukidi. 2004. Kecerdasan Spiritual SQ Lebih Penting Dari Pada IQ dan EQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Steven J. Stein dan Howard E. Book. 2002. Ledakan EQ 15 Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional Meraih Sukses. Bandung: Kaifa

Syaifudin sa’ududin. 2008. Pengembangan Profesi Guru. Cet.II, Bandung

http://Pendidikanku.org/2016/09pengertian-kecerdasan-dan-macam-macam.html?m= 1 (Diakses pada tanggal 3-02-2019 pukul 09.00)

http://kbbi.web.id/upaya.dedipnas,2008. (Dikutip pada tanggal 28-1-2019 pukul 10.00)

Downloads

Published

2019-11-02

How to Cite

Achadah, A. (2019). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAM ISLAM DALAM PEMBINAAN AHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL – AZHAR PAGELARAN. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.33474/ja.v1i2.4964

Issue

Section

Articles