Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berlandaskan Multikultural (Telaah Implikasi Model Cooperative Learning di Perguruan Tinggi)

Authors

  • Rahmat Rahmat Institut KH. Abdul Chalim Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.33474/ja.v1i2.5290

Abstract

Abstract

The learning model of Islamic Education (PAI) in tertiary institutions has recently been highlighted by many observers of education. This situation is reasonable considering that from year to year, racism acts mainly occur in universities. A nation of caliber in Indonesia with large heterogeneity is indeed very possible for friction between students, considering all the possibilities, this paper tries to analyze the PAI learning model based on multiculturalism in tertiary institutions. This research uses the library research method by analyzing the results of the study of books and scientific journals. This research produces a multicultural PAI based learning model through which students can absorb and practice multicultural PAI based learning in tertiary institutions so that it has implications for attitudes of respect, acceptance and appreciation of differences between students.

 

Keyword: Learning Model, PAI, Multicultural, Higher Education

 

Abstrak

Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di perguruan tinggi akhir-akhir ini disoroti banyak pemerhati pendidikan. Keadaan ini merupakan hal wajar mengingat dari tahun ketahun terus terjadi perbuatan rasisme terutama di perguruan tingginya. Bangsa sekaliber Indonesia dengan heterogenitas besar memang sangat memungkinkan terjadinya gesekan antar mahasiswa, memperhatikan segala kemungkinan tersebut tulisan ini mencoba menganalisis model pembelajaran PAI berlandaskan multikultural di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan menganalisis hasil kajian buku dan jurnal ilmiah. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran PAI berlandaskan multikultural yang dengannya mahasiswa dapat menyerap dan mengamalkan pembelajaran PAI berlandaskan multikultural di perguruan tinggi sehingga berimplikasi pada sikap penghormatan, penerimaan dan penghargaan terhadap perbedaan antar mahasiswa.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran, PAI, Multikultural, Perguruan Tinggi

References

Alim, Muhammad, Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim Bandung : PT.Remaja Rosda Karya, 2006

Aly, Abdullah, Pendidikan Islam Multikultural Di Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011

Assegaf, Abd. Rachman, “Kata Pengantar†dalam Syamsul Kurniawan, Pendidikan di Mata Soekarno; Modernisasi Pendidikan Islam dalam Pemikiran Soekarno, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group, 2009

Bruce Joyce & Marsha Weil, Models of Teaching, Fifth Edition. (USA: Allyn And Bacon A Simon & Scuster Company, 1980

Darajat, Zakiah, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekoalh, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995

Dawam, Ainurrafiq, “Emoh Sekolahâ€: Menolak “Komersialisasi Pendidikan†dan “Kanibalisme Intelektualâ€, Menuju Pendidikan Multikultural, Jogjakarta: INSPEAL Ahimsakarya Press, 2003

Fahrurrozi, “Nilai-nilai Hak Asasi Manusia dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Daerah Istimewa Yogyakarta,†Jurnal Studi Agama Millah, Vol. IV, No. 2 Januari 2005

George R. Knight, Issues and Alternatives in Educational Philosophy, Michigan: Andrews University Press, 1992

Harli Trisdiono, dkk, Strategi Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7 (2) 95-103, Desember 2017. ISSN: 2528-5173

Hidayat, Komaruddin, “Memetakan Kembali Struktur Keilmuan Islam (Kata Pengantar)â€, dalam Fuaduddin dan Cik Hasan Bisri, Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi: Wacana tentang Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Logos, 1999

HS Barrows, RM Tamblyn, Problem-Based Learning, An Approach to Medical Education. Adult Educ Quart, 2002; 43 (4)

https://andiplampang.wordpress.com

https://www.liputan6.com

Imam Setyobudi dan Mukhals Alkaf, Kendala Multikulturalisme di Indonesia Analisis Diakronis dan Sinkronis, (Mudra Jurnal Seni Budaya) ISSN 0854-3461, Vol 26, No2 Juli 2011

Jalaluddin, Teologi Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo, 2003

James A. Banks and Cherry A. McGee Banks, Handbook of Research on Multicultural Education, San Francisco, California: Jossey-Bass, 1996

James A. Beane, et.all, Curricullum Planning and Development, United Stete of America: McGraw-Hill Book Company, 1991

Lestari, Barkah dan Mustofa, Media Pembelajaran Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran, Yogyakarta: Fak Ilmu Sosial, 2009

Mahfud, Choirul, Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010

Majid, Abdul, Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013

Muhaimin, Arah Pengembangan Pendidikan Islam: Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum, hingga Redefinisi Islamisasi Ilmu Pengetahuan, Bandung: Nuansa, 2003

Munadlir, Agus, Strategi Sekolah dalam Pendidikan Mulitkultural, Yogyakarta: Jurnal JPSD) Vol 2, No 2 Agustus 2016

Nasuiton, Harun, Islam Rasional: Gagasan Pemikiran, Bandung: Mizan, 1995

Nata, Abudin, Paradigma Pendidikan Islam Jakarta: Grasindo, 2001

Parekh, Bikhu, Rethinking Multiculturalisme: Keberagaman Budaya dan Teori Politik, Yogyakarta: Kanisius, 2008, cet. Ke-5

Rahmat, PAI Interdisipliner; Layanan khusus CIBI, Kenakalan Remaja, Integrasi IMTAQ & IPTEK, Pendidikan Anti Kekerasan, dan Kurikulum Berbasis Karakter Yogyakta: Deepublish Publisher, 2016

Rianto, Milan, Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran, Malang: Pusat Pengembangan Penataran Guru, 2006

RM Felder, R Brent, Effective Strategies for Cooperative Learning. J Coop Collab Teaching, 2001; 10 (2)

Rohani, Isu-isu kritis Pendidikan Kontemporer, Wawasan Multikultural Dalam Pendidikan Islam, ISSN 1829-765X

Rusman, Model-model Pembelajaran, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2010, Cet-2

S. Truna, Dody, Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikulturalisme, Telaah Kritis atas Muatan Pendidikan Multikulturalisme dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di Perguruan Tinggi Umum di Indonesia Jakarta: Kementerian Agama RI, 2010

Sobry, M., Reaktualisasi Strategi Pendidikan Islam: Ikhtiar Mengimbangi Pendidikan Global, (Jurnal Studi Keislaman: Ulumuna), Volume 17 No. 2 Desember 2013

Sulalah, Pendidikan Multikultural Didaktika Nilai-nilai Universalitas Kebangsaan, Malang: UIN-Maliki Press, 2011

Sulalah, Pendidikan Multikultural Didaktika Nilai-nilai Universalitas Kebangsaan, Malang: UIN-Maliki Press, 2011

Sumartana, dkk., Pluralisme, Konflik dan Pendidikan Agama di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001

Suryadinata dkk, Penduduk Indonesia, Jakarta: LP3ES, 2003

Syaodih Sukmadinata, Nana, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Bandung: Rosda Karya, 2004

Tafsir, Ahmad, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1996

Tilaar, H.A.R., Multikulturalisme; Tantangan-tantangan Global Masa Depan Dalam Transformasi Pendidikan Nasional, Jakarta: Grasindo, 2004

Yakin, M. Ainul, Pendidikan Multikultural; Cross-Kultur Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan¸ Yogyakarta: Pilar Media, 2005

Yaqin, Ainul, Pendidikan Multikultural: Cross Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan, Yogyakarta: Pilar Media, 2005

Yaya Suryana, H. A. Rusdiana, Pendidikan Multikultural Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa, “Konsep-Prinsip-Implementasiâ€, Bandung: Pustaka Setia, 2015

Downloads

Published

2019-11-14

How to Cite

Rahmat, R. (2019). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berlandaskan Multikultural (Telaah Implikasi Model Cooperative Learning di Perguruan Tinggi). Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 1(2), 68–85. https://doi.org/10.33474/ja.v1i2.5290

Issue

Section

Articles