MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA BERBASIS KELUARGA PADA PROGRAM TAḤFIZ Al-QUR’AN DENGAN METODE AL-QOSIMI DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENGHAFAL Al-QUR’AN DI RUMAH TAḤFIẒ AR-ROYYAN KLATEN

Authors

  • Laili Itsnaini Fauziyah UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.33474/ja.v2i1.6694

Abstract

Abstract

A good learning program can be managed by a structured management. Management is important to facilitate the achievement of the goals of human needs. The things that can be managed by management are facilities, infrastructure, time, human resources, methods, and others. Likewise with the process of learning the Qur'an, many ways or even methods are used to facilitate someone in learning it. This study uses a qualitative approach whose data are taken from the field (field research) that is descriptive qualitative. As a field study, what is needed in this study is primary data. That is, data that are directly taken from the research location. The results show that (1) family-based management in Ar Royyan's Taḥfiẓ house is management with close collaboration between the team, namely with social and interpersonal management. (2) The management strategy adopted by Ar-Royyan's Taḥfiẓ house is propose of Al-Qosimi learning for Taḥfiẓ Al-Quran. (3) The evaluation system used is the evaluation of Context, Input, Process, Product (CIPP), which is seen from the purpose of applying the Al-Qosimi method.

Keywords: Religious Management, Taḥfiz, al Qosimi Method

 

Abstrak

Sebuah program belajar yang baik dapat dikelola oleh manajemen terstruktur. Manajemen sangat penting untuk memfasilitasi pencapaian tujuan kebutuhan manusia. Hal yang dapat dikelola oleh pihak manajemen adalah fasilitas, infrastruktur, waktu, sumber daya manusia, metode, dan lain-lain. Demikian juga dengan proses belajar Al-Qur'an, banyak cara atau bahkan metode yang digunakan untuk memfasilitasi seseorang dalam mempelajarinya. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang datanya diambil dari lapangan (Riset Lapangan) yang bersifat kualitatif. Sebagai studi lapangan, apa yang dibutuhkan dalam studi ini adalah data primer. Yaitu, data yang langsung diambil dari lokasi penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) manajemen berbasis keluarga di rumah Taḥfiẓ AR Royyan adalah manajemen dengan kolaborasi erat antara tim, yaitu dengan manajemen sosial dan interpersonal. (2) strategi manajemen yang diadopsi oleh rumah Taḥfiẓ AR-Royyan adalah mengusulkan pembelajaran Al-Qosimi untuk Taḥfiẓ Al-Quran. (3) sistem evaluasi yang digunakan adalah evaluasi konteks, masukan, proses, Produk (CIPP), yang dilihat dari tujuan penerapan metode Al-Qosimi.

Kata Kunci: Manajemen Agama, Taḥfiẓ, Metode al Qosimi

Author Biography

Laili Itsnaini Fauziyah, UIN Sunan Kalijaga

Manajemen Pendidikan Islam

References

Al-Hafidz, AhsinW.,Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an, Jakarta : PT Bumi Aksara,2005.

Al-Qosimi, Abu Huri, Anda Pasti Bisa Hafal Al-Qur’an Metode Al-Qosimi, Solo : Al-Hurri,2010.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta,2006.

______, Dr Suharsimi dan Cepi Adul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara,2009.

As’ad, Shatitin Nashihah, Program Pembelajaran Bahasa Arab di Lembaga Raudah Lugah Arabiyah Pondok Pesantren Annuqayah Daerah Latee II Sumenep Jawa Timur (Studi Evaluatif Perspektif Model CIPP), Tesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,2017.

Atmodiwiro, Soebagio,Manajemen Pendidikan Islam, Jakarta:Ardadiza Jaya,2000.

Az-Zubaidi, Al Imam Zainuddin Abdul ‘Abbas Ahmad bin ‘Abdul Lathif, Penerjemah : Arif Rahman Hakim, Lc., Mukhtashar Shahih Bukhari, Solo : Insan Kamil, 2014.

Bachtiar, Wardi, Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah, Jakarta: Logos, 1997.

Baduwailan, Ahmad bin Salim, Menjadi Hafizh : Tips & Motivasi Menghafal Al-Qur’an, Solo : PT. Aqwam Media Profetika, 2013.

Chaoaini, Lisyadan Subandi, Psikologi Santri Menghafal Al-Qur’an : Peran Regulasi Diri, Yogyakarta : Pustaka Belajar, 2010.

Creswell, John W., Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an, Terjemah dan Asbabub Nuzul, Surakarta : Pustaka Al Hanan,2009.

Hamid, Abdul, Manajemen Program ADP pada Lembaga IMZ, Jurnal, Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah, 2013.

Holil, Soelaiman,Partisispasi Sosial dalam Usaha Kesejahteraan Sosial, Bandung,1980.

Iman, Kholidul, Strategi Menghafal Al-Qur’an bagi Siswa (Studi Kasus di Rumah Taḥfiẓ Daarul Qur’an Putra Kepanjen Malang), Tesis, UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang,2016.

Kamusbisnis.com (diakses pada hari senin, 18 Maret 2019 pukul 11.30)

Karianga, Hendra, Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Keuangan Daerah, Bandung : PT Alumni, 2011.

Kurniawan, Arief, Hubungan Antara Minat Terhadap Media Pornografi Dengan Intensi Pacaran Pada Siswa-Siswi SMP H.Isriati Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Jurnal, Semarang : Universitas Negeri Semarang,2009.

Maghfiroh, Nur Laili, Anlisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Minat Masyarakat untuk Menabung, Jurnal, Surabaya : UIN Sunan Ampel, 2018.Mahardhika, Esan Bayu, Peran Rumah Taḥfiẓ Zulfa Qurrota’ayun dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Purbayan Kotagede Yogyakarta, Tesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,2013.

Machali, Imam & Noor Hamid, Pengantar Manajemen Islam, Yogyakarta : MPI FITK UIN SUKA,2017.

______,&Ara Hidayat, The Hanbook of Education Management ; Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia, Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP,2016.

Milles, Mathew B & A. Michael Huberman, Anaisis data Kualitatif, terjemahan Rohendi Rohidi, Jakarta : UI Press,1992.

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya,2006.Muhajir, Noeng,Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta : Rake Sarasin,1996.

Muhdir, Sistem Pembelajaran TaḥfiẓAl-Qur’an dengan Metode Al-Qosimi di Sekolah Dasar Islam Al-Mujahidin Cilacap, Tesis, IAIN Purwokerto,2018

Muhtar, Desain Pembelajaran PAI, Jakarta : Misaka Galiza, 2003.

Muklasin, Manajemen Pendidikan Karakter Santri (Studi Kualitatif di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Margodadi Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus), Tesis, Universitas Lampung,2016.

Mustari, Muhamad, Manajemen Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada,2014.

Muyana, Siti,CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT (CIPP) : Model Evaluasi Layanan Informasi. Jurnal. Vol. 1, No.1, UAD : Yogyakarta,2017.

Nata, Abuddin,Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Raja Grafindo Persada,2009.

Nasir, Moh., Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1999.

Nawawi, Hadari, Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2005.

P, Heri,Pengantar Perilaku Manusia. Jakarta : EGC,1998.

Puspitawati, Herien, Gender dan Keluarga : Konsep dan Realita di Indonesia, PT IPB Press : Bogor,2012.

Ramadhani,Riki & Untung Nopriansyah, Manajemen Berbasis Keluarga dalam Pengelolaan PAUD, Al Athfaal : Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini, 2019.

Rifai, Veithzal dan Deddy Mulyadi,Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi, Jakarta:Raja Grafindo Persada,2011.

Ross, Murray G. and B.W. Lappin,Community Organization: theory, principles and practice. (Second Edition. NewYork : Harper & Row Publishers,1967.

Rosyid, Abdul, Model Pembelajaran Taḥfiẓ Al Qur’an dalam Meningkatkan Hafalan Mahasiswa Pencinta Al-Qur’an di Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2015, Tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta,2015.

S Q., Sa’dullah, 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an, Jakarta : Gema Insani,2008.

Shaleh, Abdul Rachman et al., Psikologis Suatu Pengantar, Jakarta : Prenada Media, 2004.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta,2009.

______, Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, Bandung : Alfabeta,2010.

______, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta,2012.

______, Metode Penelitian Pendidikan, cet. Ke 21, Bandung : Alfabeta,2015.

Suharso, dan Ana Retnoningsih, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Lux, Semarang : CV. Widya Karya,2005.

Sukandarumidi, Metodologi Penelitian : Petunjuk Praktis untuk Penelitian Pemula, Yogyakarta : Gajahmada Universiti Press,2006.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta : Bumi Aksara,2015.

Sukmadinata, Nana Syaodih,Metode Penelitian Pendidikan,Bandung : PT. Remaja Rosdakarya,2012.

Syafaruddin,Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta : Ciputat Press,2005.

Tim Produksi Riels Grafika dkk, Al-Qur’anul Karim, Surakarta : CV. Pustaka Al Hanan, 2015.

Yunus, Mahmud, Kamus Bahasa Arab – Indinesia, Jakarta : PT Hidakarya Agung,1989.

Zainal, Veithzal Rivai, Dkk.,Islamic Management : Meraih Sukses melalui Praktis Manajemen Gaya Rasulullah secara Istiqomah. BPFE – Yoogyakarta,2013.

Zamani, Zaki dan Sukron Maksum, Metode Cepat Menghafal Al-Qur’an, Yogyakarta : Al Barokah,2014.

Published

2020-05-26

How to Cite

Fauziyah, L. I. (2020). MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA BERBASIS KELUARGA PADA PROGRAM TAḤFIZ Al-QUR’AN DENGAN METODE AL-QOSIMI DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENGHAFAL Al-QUR’AN DI RUMAH TAḤFIẒ AR-ROYYAN KLATEN. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2(1), 57–75. https://doi.org/10.33474/ja.v2i1.6694

Issue

Section

Articles