MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MAN 3 SLEMAN YOGYAKARTA

Indel Indel

Abstract


Abstract

In the context of regional autonomy and decentralization of education the succeed also failure of education in schools is  techer as educator, principals, and supervisors, because these figures are the keys that determine and mobilize various other school components and dimensions. To achieve the expected goals, it takes an organization in which there is organization cooperationor ganizational cooperation. This research is included in the field research namely: this research is carried out in a certain environment to carry out observations and data collection needed. The research was conducted by researchers at MAN 3 Sleman Yogyakarta, this research method uses descriptive qualitative research. In terms of its nature, this research is descriptive in nature, that is, research that aims to systematically and accurately describe the facts and characteristics of a particular field. The results of the study of the headmaster of the school have applied management in the improvement of the professionalism of PAI MAN 3 S teachers in Yogyakarta, this is evident that the teachers of MAN 3 Sleman have extensive mastery as evidenced by the standardization of certification. And have very personal competencies so that they can communicate very well with other staff.

Keywords: Management, Professionalism, Principal

 

Abstrak

Dalam konteks otonomi daerah dan desentralisasi pendidikan, keberhasilan juga kegagalan pendidikan di sekolah adalah techer sebagai pendidik, kepala sekolah, dan pengawas, karena angka ini merupakan kunci yang menentukan dan memobilisasi berbagai komponen dan dimensi sekolah lainnya. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, dibutuhkan sebuah organisasi di mana ada organisasi kooperasiatau kerjasama ganizational. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan yaitu: penelitian ini dilakukan di lingkungan tertentu untuk melaksanakan pengamatan dan pengumpulan data yang diperlukan. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti di MAN 3 Sleman Yogyakarta, metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam hal sifatnya, penelitian ini adalah deskriptif di alam, yaitu, penelitian yang bertujuan untuk secara sistematis dan akurat menggambarkan fakta dan karakteristik dari bidang tertentu. Hasil kajian kepala sekolah telah menerapkan manajemen dalam peningkatan profesionalisme para guru PAI MAN 3 S di Yogyakarta, hal ini terbukti bahwa para guru dari MAN 3 Sleman memiliki penguasaan luas yang dibuktikan dengan standardisasi sertifikasi. Dan memiliki kompetensi yang sangat pribadi sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan baik dengan staf lain.

Kata Kunci: Manajemen, Profesionalisme, Kepala Sekolah


References


Abdul Choliq, Pengantar Manajemen , Semarang : Rafi Sarana Perkasa, 2011.

Bapak Nur Wahyudin Al Aziz.kepala sekolah MAN 3 Sleman Yogyakarta Wawancara pada tanggal 25 November 2019 pukul 13.20 wib.

Daryanto, Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional, Yogyakarta : Gava Media, 2013.

Dokumentasi, Profil MAN 3 Sleman Yogyakarta, Websibe, pada tanggal 21 November 2019, pukul 13.43 Wib.

Eka Prihatin, Manajemen Peserta Didik, Bandung : ALFABETA, 2011.

Jamil Suprihatiningrum, Guru Profesional, Yogyakarta : Ar-Ruzza Media, 2016.

Kompri, Manajemen Sekolah Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah, Yogyakarta : Pustaka Belajar, 2015.

Mulyasa, Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta : PT Bumi Aksara, 2012.

Mulyasa, Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta : PT Bumi Aksara, 2012.

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: UPI & UPT Remaja Rosda Karya, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.