PENGGUNAAN DESIGN INTRUKSIONAL MODEL ASSURE PADA MATERI PAI DI MI DARUL HIDAYAH TIRTOYUDO

Ning Fina Inayatus Sofa

Abstract


Abstract

In determining the learning design teachers must pay attention to learning models that fit the needs of students, so they can help the learning process that is good, effective and efficient. This study aims to illustrate the use of instructional design model learning in PAI materials at MI Darul Hidayah Tirtoyudo, describe the obstacles faced by the use of convincing design learning models on PAI material, and describe solutions to overcome the obstacles encountered. The method used is a qualitative approach to the type of evaluation research, while data collection techniques use observation and interviews. The results of this study are: 1) the use of design learning models assure strongly supports the teaching and learning process and can motivate students to increase their potential, 2) the obstacle faced is the presence of some students who are lazy to learn so they need supervision additional to the teacher, there are delays ABK students in understanding the subject matter, 3) solutions to overcome obstacles namely, teachers can work together with psychologists in order to find out the cause of student laziness, so they can find solutions. While solutions for special needs students can be handled by teachers through a comprehensive learning approach.

Keywords: Design, Instructional, Model Assure

 

Abstrak

Dalam menentukan desain pembelajaran guru harus memperhatikan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga mereka dapat membantu proses pembelajaran yang baik, efektif dan efisien. Kajian ini bertujuan menggambarkan penggunaan pembelajaran desain model instruksional dalam bahan PAI di MI Darul hidayah Tirtoyudo, menggambarkan kendala yang dihadapi dengan penggunaan model pembelajaran desain yang meyakinkan pada materi PAI, serta menggambarkan solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif terhadap jenis penelitian evaluasi, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan dan wawancara. Hasil studi ini adalah: 1) penggunaan model pembelajaran assure sangat mendukung proses pengajaran dan pembelajaran dan dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan potensi mereka, 2) hambatan yang dihadapi adalah kehadiran beberapa siswa yang malas untuk belajar sehingga mereka membutuhkan pengawasan tambahan dari guru, ada penundaan siswa ABK dalam memahami materi pelajaran , 3) solusi untuk mengatasi rintangan yaitu, guru dapat bekerja sama dengan psikolog dalam rangka untuk mengetahui penyebab kemalasan siswa, sehingga mereka dapat menemukan solusi. Sementara solusi bagi siswa ABK dapat ditangani oleh guru melalui pendekatan pembelajaran yang komprehensif.

Kata Kunci: Desain, Instruksional, Model Assure


Full Text:

PDF

References


Abuddin, N. (2011). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran (hlm. 155). Kencana.

Djamarah, Bahri, S., & Zain, A. (1997). Strategi Belajar Mengajar (hlm. 67). PT Rineka Cipta.

Fridani, L., Wulan, S., & Puji Astuti, S. I. (2010). Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini (hlm. 3–5). Universitas Terbuka.

Heinich, R., Molenda, M., Russel, J., & Smaldino, S. (2005). Instructional Technology And Media For Learning (hlm. 114). Prentice-Hall Inc.

Hildayanti, R., Sugianto, M., Tarigan, R., Handayani, E., Pudjiati, R., & Mary Kouri, A. (2008). Psikologi Perkembangan Anak (hlm. 15–22). Universitas Terbuka.

Jense, E. (2011). Pembelajaran Berbasis Otak Paradigma Pengajaran Baru (hlm. 160–162). Indeks.

Liu, J. (2015). College English Writing Teaching Design Based On Contructivist Mode. Journal Of Modern Linguistics, 43.

Pribadi, B. A. (2011). Model Assure Untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Dian Rakyat, 31.

Rougtledge. (1994). Teaching To Transgress (hlm. 41–44). Gloria Watkins.

Routledge. (2003). Teaching Community (hlm. 67–81). Gloria Watkins.

Salamah Zainiyati, H. (2010). Model dan Strategi Pembelajaran Aktif Teori dan Praktek Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (hlm. 67). CV. Putra Media Nusantara.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (hlm. 54–60). Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/ja.v2i1.6740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Indexed by

       

 

Editorial Office
Islamic Education Department, Universitas Islam Malang
Jl. Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Fax: +62(341) 552249
Email: andragogi@unisma.ac.id