Pemanfaatan aplikasi keuangan digital untuk mewujudkan UKM handal

Authors

  • Juwita Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya
  • Titik Mildawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya
  • Yahya Yahya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya
  • Kurnia Kurnia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i2.13976

Keywords:

pandemi, toko kelontong, bukuwarung, keuangan digital, UKM

Abstract

Program pemerintah “Belanja di Warung Tetangga†merupakan salah satu upaya meningkatkan transaksi penjualan di toko kelontong, yang mayoritas dikelola pemilik dengan ekonomi menengah kebawah. Di sisi lain, dengan adanya pembatasan ruang gerak masyarakat atas himbauan dari pemerintah untuk menekan penyebaran COVID-19, perilaku belanja masyarakat mulai berubah. Jika biasanya berbelanja di Supermarket, menjadi diam dirumah dan berbelanja di dekat rumah. Hal ini menunjukkan fakta bahwa pembeli toko kelontong memang menurun, tetapi penjualan barang kebutuhan rumah tangga tetap berjalan. Penjualan bahan pokok masih terus beroperasi. Oleh karena itu, sembari bertahan ditengah pandemi mungkin saja toko kelontong dapat mengefisiensikan operasionalnya. Kegiatan pengabdian masyarakat dengan mitra bisnis toko kelontong ini menguraikan solusi atas permasalahan toko kelontong yaitu melalui kegiatan pendampingan pengelolaan keuangan menggunakan aplikasi BukuWarung. Kontribusi mendasar dari kegiatan ini adalah peningkatan UKM toko kelontong dalam mengelola efektivitas finansialnya. Menambah pemahaman UKM toko kelontong terkait pencatatan finansial secara digital dan membuka wawasan pemilik toko kelontong akan perkembangan teknologi saat ini. Harapannya, di masa pandemi ini UKM Toko kelontong dapat bertahan serta mampu melakukan efisiensi keuangan dengan mencatat setiap transaksi yang timbul dari bisnis toko kelontong dengan rapi menggunakan aplikasi BukuWarung.

References

Azzahra, K., Arianti, B. F., P., S. C., R., A. P., & Setiawan, I. (2019). Pengabdian Masyarakat Melalui Penyuluhan Financial Technology Dalam Mengelola Keuangan Keluarga Pada Ibu Rumah Tangga Di Desa Pamegarsari – Bogor. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 47–56. https://doi.org/10.31540/jpm.v2i1.626

Fitriani, Y. (2021). Analisa Pemanfaatan Aplikasi Keuangan Online Sebagai Media Untuk Mengelola Atau Memanajemen Keuangan. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(2), 454. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i2.432

Fitrianto, A. R., Amaliyah, E. R., Safitri, S., Setyawan, D., & Arinda, M. K. (2020). Pendampingan dan Sosialisasi pada Usaha Toko Kelontong dengan Metode ABCD (Asset Based Community Development) Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi dan Peningkatan Literasi Usaha Toko Kelontong. Jurnal Abdidas, 1(3), 149–156. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.120

Hidayat, R. A. L., Juitania, Suharna, Indrawan, I. G. A., & Syahputra, A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Keuangan Si Apik Dalam Pembuatan Laporan Keuangan Umkm Rumah Pemberdayaan Masyarakat Tangerang Selatan. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(3), 1–10. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMAIKA/article/view/5643

Khamimah, W., Tegowati, T., Syahrenny, N., & Widiarma, I. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Kiat Meningkatkan Omzet Penjualan dan Pencatatan Transaksi Keuangan pada Koperasi Toko Kelontong Rungkut Surabaya. Abdimas Galuh, 3(1), 143–154. https://doi.org/10.25157/ag.v3i1.5083

Mahmudah, N., Yasmin, A., Harjanti, R., Krisdiyawati, K., & Sulistiyowati, D. (2019). Peningkatan Pengetahuan Manajemen Usaha Dengan Menggunakan Aplikasi Android (Akuntansi Umkm) Pada Paguyuban Ibu-Ibu Pedagang Kelontong Kelurahan Margadana. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 2(2), 56–63. https://doi.org/10.30591/japhb.v2i2.1353

Pentiana, D., & Yuniarti, E. (2018). Faktor yang Mempengaruhi Penjualan Toko Kelontong di Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Esai, 12(1), 25–31. https://doi.org/10.25181/esai.v12i1.1100

Putri, W. C., Lindawati, Anggraini, A., Hanah, S., & Indawati. (2021). Menciptakan UMKM Handal Melalui Tertib Laporan Keuangan. Jurnal Abdimas Universitas Paamulang, 2(3), 108–115. https://doi.org/10.32493/ABMAS.v2i3.p108-115.y2021

Salmah, E., Yuniarti, T., Wahidin, & Agustiani, E. (2020). Penyuluhan Tentang Pengelolaan Keuangan dan Administrasi Usaha Pada Kelompok Industri Rumahtangga di Desa Madana Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Abdimas Sangkabira, 1(1), 27–40. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v1i1.27

Suherman, A., Warasto, H. N., & Sawukir, S. (2020). Aplikasi Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Dalam Dunia Usaha. Dedikasi Pkm, 1(1), 17–20. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6043

Yunanto, R., & Rahmasari, T. (2021). Pemanfaatan Tautan Obrolan WhatsApp pada E-Commerce dan Pelatihan Aplikasi Pencatatan Keuangan Pada Kelompok Usaha Jasa Boga Aghnia. ABDIKAMSIA: Pengabdian Kepada Masyarakat Sistem Informasi Akuntansi, 1(1), 31–36. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/abdikamsia/article/view/4538

Yunia, D., Mulyasari, W., Nofianti, N., & Astuti, K. D. (2020). Pelatihan Laporan Keuangan UMKM Menggunakan Smartphone. ARSY : Aplikasi Riset Kepada Masyarakat, 1(1), 58–64. https://doi.org/10.55583/arsy.v1i1.37

Published

2022-04-14

How to Cite

Sari, J., Mildawati, T., Yahya, Y., & Kurnia, K. (2022). Pemanfaatan aplikasi keuangan digital untuk mewujudkan UKM handal. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(2), 210–220. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i2.13976