Perancangan logo produk pada usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i3.15003Keywords:
dodol, perancangan logo, pendampinganAbstract
Dodol merupakan panganan manis tradisional khas Indonesia yang terbuat dari santan kelapa, tepung ketan dan gula merah. UMKM Asri Dodol merupakan salah satu UMKM yang menghasilkan dodol di Kec. Bojonggede, Bogor melalui proses yang masih tradisional dan tergolong industri rumahan. Permasalahan yang dialami adalah logo produk pada kemasan saat ini kurang menarik dan tidak terlihat dengan jelas. Pemilik belum memahami bahwa logo menjadi salah satu hal penting untuk menarik para konsumen. Oleh karena itu UMKM ini membutuhkan perancangan logo untuk menarik konsumen. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah melalui wawancara dan kunjungan ke lokasi mereka. Desain logo yang diberikan ada dua alternatif dimana masing-masing alternatif logo dirancang dengan desain yang menarik dari sisi warna, tulisan, maupun gambar. UMKM Asri Dodol memilih desain dua karena memiliki warna dan bentuk yang lebih menarik. Keberhasilan dari kegiatan ini dapat dilihat dari bertambahnya pengetahuan UMKM mengenai pentingnya logo dan adanya desain logo baru yang diberikan kepada UMKM Asri Dodol untuk digunakan kedepannya. Pendampingan masih perlu dilanjutkan untuk membantu UMKM dapat bersaing dengan pesaing lokal lain dari seluruh Indonesia.References
Anam, C., Rochman, A. N., Fauzi, A., Nindyapuspa, A., & Khadafi, S. (2019). Perancangan Desain Logo “R3 - Viora†sebagai Identitas Baru UKM Viora Collection , Tanggulangin, Sidoarjo. JAST: Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi, 3(1), 50–59. https://doi.org/10.33366/jast.v3i1.1287
Arifudin, D., Heryanti, L., & Pramesti, D. (2021). Pelatihan Desain Mockup dan Logo sebagai Branding Produk untuk Meningkatkan Nilai Jual bagi UMKM. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2640–2651. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5304
Budiman, W. R., Apsari, D., & Wahab, T. (2020). Perancangan Identitas Visual Kemasan Dodol Cilenggang Khas Kota Tangerang Selatan. EProceedings of Art & Design, 7(2), 1642–1650. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/12613
Cempaka, G., Woelandhary, A. D., & Joesoef, A. (2017). Mendesain Ulang Logo Dodol Betawi “Ibu Maemunah†sebagai Upaya Mempertahankan Ikon Kekayaan Warisan Kuliner Masyarakat Betawi. Jurnal Universitas Paramadina, 14, 1576–1596.
Dawami, A. K. (2017). Logo sebagai Komunikasi Visual dari Identitas Organisasi Difabel Tuli. Magenta : Jurnal Ilmiah Komunikasi Dan Media, 1(02), 133–141. https://jurnal.trisaktimultimedia.ac.id/index.php/magenta/article/view/14
Farhana, M. (2012). Brand Elements Lead to Brand Equity: Differentiate or Die. Information Management and Business Review, 4(4), 223–233. https://doi.org/10.22610/imbr.v4i4.983
Hardy, G. (2011). Smashing Logo Design: The Art of Creating Visual Identities. Wiley.
Harsanto, B., Mulyana, A., Faisal, Y. A., & Shandy, V. M. (2022). Inovasi lingkungan dan dampak pandemi: Studi kasus pada UMKM makanan dan minuman. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(2), 268–279. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i2.14147
Ishlahuddin, F., Mustikawan, A., & Siswanto, R. A. (2016). Perancangan Identitas Visual Dodol Khas Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor. EProceedings of Art & Design, 3(3), 779–788. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/4550
Kwanda, C., Hagijanto, A. D., & Maer, B. D. A. (2019). Perancangan Visual Branding sebagai Pendukung Promosi Produk Batik Ikat Celup UMKM Siwalankerto di Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, 1(14). https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/8558
Listya, A. (2017). Visual Branding Kemasan Produk Olahan Belimbing Khas Depok. Magenta : Jurnal Ilmiah Komunikasi Dan Media, 1(2), 109–124. https://jurnal.trisaktimultimedia.ac.id/index.php/magenta/article/view/12
Listya, A., & Rukiah, Y. (2018). Visual Branding Produk Belimbing Olahan Umkm Depok Melalui Desain Logo. Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, Dan Periklanan, 3(02), 199–218. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1548
Monica, M., & Luzar, L. C. (2011). Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan. Humaniora, 2(2), 1084–1096. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i2.3158
Nastain, M. (2017). Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk). CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 5(1), 14–26. https://doi.org/10.12928/channel.v5i1.6351
Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191–202. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3429
Sampurna, A., Tandian, M., Huang, V., Florescia Simanjuntak, R., & Marta, R. F. (2020). Implementasi Total Branding dalam Perspektif Semiotika Pemasaran. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(2), 59–73. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i2.1384
Sari, N. L. D. I. D. (2013). Elemen Visual Kemasan sebagai Strategi Komunikasi Produk. Profetik: Jurnal Komunikasi, 6(1), 43–52. http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view/1175
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Elfira Febriani, Ratna Mira Yojana, Dorina Hetharia, Richard A. Rambung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.