Cara memasarkan produk UMKM pada masa COVID-19 melalui media sosial

Authors

  • Kadek Widiawati Universitas Pendidikan Nasional
  • Kadek Devi Kalfika Anggria Wardani Universitas Pendidikan Nasional
  • A.A. Ngr. Eddy Supriyadinata Gorda Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i3.15413

Keywords:

produk, UMKM, pandemi COVID-19, media sosial

Abstract

Melemahnya ekonomi karena adanya pandemi COVID-19 dapat berdampak langsung terhadap UMKM Roti yang ada di Desa Padangsambian, Kecamatan Denpasar Barat. Hal tersebut menyebabkan permintaan dan pendapatan berkurang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan memberikan edukasi dan pelatihan terkait dengan penggunaan dan pembuatan akun digital marketingsebagai alat untuk memasarkan produk UKM Roti di Desa Padangsambian. Edukasi yang diberikan berupa pelatihan mengenai cara memasarkan produk di media social, e-commerce, dan website dengan tepat dan benar. Program lain yang diberikan yaitu dengan asistensi pembuatan akun e-commerce dan digital marketingyang lainnya yang akan digunakan untuk promosi.Platform yang dipilih yaitu media yang memiliki jejaring pengguna besar di Indonesia, yaitu Facebook, Intagram, dan Shopee Food. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan dan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini adalah  terbentuknya akun digital marketingseperti Facebook, Instagram, dan juga Shopee Food yang digunakan untuk mempromosikan hasil produksi dari UMKM Roti sehingga dapat meningkatkan pendapatan penjualan hasil produksi, hasil pengabdian ini sangat bermanfaat bagi UMKM Roti untuk mempertahankan usahanya di tengah pandemi COVID-19 saat ini. Sebagai tindak lanjut, diharapkan pemerintah desa setempat bekerja sama dengan pihak ketiga memberikan pelatihan pembuatan konten marketing, sehingga akun yang telah dibuat dapat dimaksimalkan untuk memasarkan produk UKM Roti.

References

Anggoro, D., Hasugian, H., & Nofiyani. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk di Masa Pandemi COVID-19. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 384–391. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.345

Anisah, G. (2021). Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Platform Marketplace Shopee Untuk Kelompok Pemuda Wirausaha Di Desa Mulyoagung-Bojonegoro. Mafaza : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/mafaza.v1i1.256

Dari, W. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. 2(1), 294–300.

Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikraith Abdimas, 4(2), 68–73. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/982

Ekadjaja, M., & Siswanto, H. P. (2021). Strategi Dan Implementasi Digital Marketing Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(2), 278–286.

Fanreza, R., & Shilvana, R. (2021). Melatih Pelaku UMKM Dalam Memanfaatan Digital Marketing Upaya Mengembangkan Usaha Berbasis Teknologi di Dusun VII Manunggal. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 1179–1184. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/8457

Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42–47. https://doi.org/10.24036/sb.0310

Febriani, R. (2021). Penyuluhan Peran Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Keripik Ciping Desa Sukawana Curug Kota Serang. Abdikarya: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 194–202. https://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/abdikarya/article/view/1551

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive Jurnal LPPM Politeknik Pos Indonesia, 16(1), 32–41. https://doi.org/10.36618/competitive.v16i1.1171

Harinie, L. T., Hukom, A., & Juma’eh, J. (2020). Pendampingan dalam Memasarkan Produk Hasil Usaha UKM melalui Penggunaan Media Sosial di Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 51–59. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i1.179

Jaelani, & Suhaemi, B. (2021). Digitalisasi Marketing Sebagai Strategi dalam Meningkatkan Penjualan UMKM di Desa Rancabango [ada Masa Pandemi Covid-19. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(2), 100–121. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/297

Jelita, I. N. (2021). Gara-gara Pandemi Covid-19, Diperkirakan 30 Juta UMKM Bangkrut. Media Indonesia, 1.

Kemenkopukm. (2021). Target Pemerintah 30 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital Pada Tahun 2024. Press Release.

Kompas, R. (2020). UMKM Digital Berdaya Saing. Kompas.Com, 20.

Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkeru: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39–50. http://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru/article/view/33

Ningrum Desy, A. (2021). Teknologi Digital Sosial guna Meningkatkan Strategi Marketing di Era Pandemi Covid-19. Teknologi Digital Sosial Guna Meningkatkan Strategi Marketing Di Era Pandemi Covid-19, 1211800047.

Rahmani, R. A., & Abduh, M. (2022). Efektivitas Media PowerPoint Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2456–2465. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2378

Sholawati, L. D., Kumaeroh, N. A., & Syalima, I. (2020). Upaya Meningkatkan Nilai Ekonomi Pelaku UMKM Melalui Digital Marketing di Tengah Pandemi Covid-19 Dusun Karanganyar. Abdipraja Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–13. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3206

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Suprayogi, B., & Razak, A. (2019). Implementasi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku UMKM Pamokolan Ciamis. Produktif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 254–261. https://journal.umtas.ac.id/index.php/produktif/article/view/669

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47. https://doi.org/10.31603/ce.4244

Wijoyo, H., Ariyanto, A., Wongso, F., Indrawan, I., Musnaini, Akbar, M. F., Anggraini, N., Suherman, Suryanti, & Devi, W. S. G. R. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi (H. Wijoyo, D. Sunarsi, & I. Indrawan (eds.)). Insan Cendekia Mandiri.

Zahay, D. (2021). Advancing research in digital and social media marketing. Journal of Marketing Theory and Practice, 29(1), 125–139. https://doi.org/10.1080/10696679.2021.1882865

Published

2022-10-20

How to Cite

Widiawati, K., Kalfika Anggria Wardani, K. D., & Supriyadinata Gorda, A. N. E. (2022). Cara memasarkan produk UMKM pada masa COVID-19 melalui media sosial. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(3), 474–485. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i3.15413