Kemampuan Komunikasi Matematis: Sebuah Systematic Literature Review dengan Analisis Bibliometrik Menggunakan Vos Viewers

Authors

  • Zahra Maya Syamsyiah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Sri Amelia Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Samsul Maarif Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.16352

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Systematic Literature Review.

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh setiap siswa pada proses pembelajaran khususnya matematika. Karena dengan adanya kemampuan tersebut, siswa akan berani dalam menyampaikan pendapatnya atau mengungkapkan idenya mengenai matematika secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan penelitian mengenai komunikasi matematis yang berhubungan dengan pemecahan masalah . Metode dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan bantuan aplikasi Publish or Perish (PoP) untuk mencari data dan VosViewers untuk menganalisisnya.Hasil dari penelitian ini adalah mengenai tren, gap, serta kebaruan dari topik kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah. Distribusi Systematic Literature Review (SLR) ini menunjukkan bahwa masih jarangnya artikel yang membahas topik komunikasi matematika yang membahas pemecahan masalah .

 

References

Af-idah, N. Z., & Suhendar, U. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Teori APOS saat Diterapkan Program Belajar dari Rumah. Jurnal Edupedia, 4(2), 103–112.

Ali, R. H., Roza, Y., & Maimunah. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI TINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA MTs. Jurnal Pendidikan Matematika APOTEMA, 6(1), 34–43.

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82–91.

Aulianto, D. R., Yusup, P. M., & Setianti, Y. (2020). Pemanfaatan Aplikasi “ Publish Or Perish †Sebagai Alat Analisis Sitasi Pada Jurnal Kajian Komunikasi Universitas Padjadjaran. Book Chapter Seminar Nasional MACOM III "Communication and Information Beyound Boundaries, July, 873–880.

Hendriana, H., Sumarmo, U., & Rohaeti, E. E. (2016). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SERTAKEMAMPUAN DAN DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIK. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1).

Heryan, U. (2018). Meningkatkan kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(1), 55–66.

Hidayat, R., Adnan, M., & Abdullah, M. (2021). Measurement of Mathematical Modeling in Mathematics Education Context: A Systematic Literature Review. 18(5). https://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/9994

Hotimah, H., Ermiana, I., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Progres Pendidikan, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.57

Joklitschke, J., Rott, B., & Schindler, M. (2021). Notions of Creativity in Mathematics Education Research: a Systematic Literature Review. International Journal of Science and Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/s10763-021-10192-z

Karim, A., & Soebagyo, J. (2021). Pemetaan Bibliometrik Terhadap Trend Riset Matematika Terapan Di Google Scolar Menggunakan Vosviewer. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2), 234–241. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5835

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Madhavia, P., Murni, A., & Saragih, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1239–1245. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.357

Mathematics, N. C. O. T. O. (2000). Principles and Standard for School Mathematics.

Morin, S., & Herman, T. (2022). Systematic Literature Review : Keberagaman Cara Berpikir Siswa Dalam Pemecahan Masalah. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1), 271–286. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.271-286

Nasution, S. R., & Mujib, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. EDUMASPUL (Jurnal Pendidikan), 6(2), 40–48. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2687

Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Confidence. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6(2), 704–709. https://doi.org/10.30738/.v6i2.2213

Nursupiamin, & Badjeber, R. (2021). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI BEBERAPA ASPEK. Jurnal Pembelajaran Matematika Dan Sains, 2(2), 21–32.

Polya, G. (1978). How To Solve It: A New Aspect of Mathematical Method Second Edition. In The Mathematical Gazette (Vol. 30, p. 181). http://www.jstor.org/stable/3609122?origin=crossref

Purnomo, R. W. A., & Wahyudi. (2021). PERAN SELF CONFIDENCE BAGI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. JURNAL EDUPEDIA Universitas, 2(5), 1–179.

Putri, A. K. (2021). Analisis Bibliometrik Pada Pengaruh Berita Di Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja Di Lingkungan Masyarakat. Jurnal Common, 5, 108–117. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/6351%0Ahttps://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/download/6351/2887

Sari, L. S. P., & Rahadi, M. (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 143–150.

Setiawan, M. A. (2017). Analisis Kinerja Hadoop Pada Cluster Raspberry Pi. Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/27486

Siswono, T. Y. E. (2008). Model pembelajaran matematika berbasis pengajuan dan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Surabaya: Unesa university press.

Soemarmo, U., & Hendriana, H. (2014). Penilaian pembelajaran matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Suciati, I., & Mailili, W. H. (2022). Implementasi geogebra terhadap kemampuan matematis peserta didik dalam pembelajaran: a systematic literature review. Teorema : Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 27–42.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.

Umrana, Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa ( Analysis of mathematical problem solving abilities in terms of student learning styles ). Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67–76. http://karyailmiah.uho.ac.id/karya_ilmiah/Muh_Sudia/18.ANALISIS_KEMAMPUAN.pdf

Zain, B. P., & Ahmad, R. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3668–3676.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Syamsyiah, Z. M., Amelia, S., & Maarif, S. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis: Sebuah Systematic Literature Review dengan Analisis Bibliometrik Menggunakan Vos Viewers. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(2), 114–128. https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.16352