DESAIN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Agusman Agusman

Abstract


Penelitian ini dimotivasi oleh kenyataan bahwa kemampuan berpikir siswa di indonesia berada pada tingkat rendah, terutama Siswa sulit menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah, dan menjelaskan hasil-hasil pemikirannya, hal ini disebabkan kurangnya informasi yang diketahui siswa terkait menyusun argumen, dan cara mengkomunikasikan dan Guru selama ini dalam pembelajaran cenderung hanya pada pencapaian hasil belajar bukan pada proses. Hal ini ditunjukkan oleh studi TIMMSS 2011 (Studi Tren di Matematika dan Ilmu Study (TIMSS 2011) menunjukkan bahwa siswa Indonesia berada pada peringkat ke-38 dalam matematika dari 42 negara (Mullis et al. 2012) dan PISA 2012 (hasil PISA 2012 survei menemukan siswa Indonesia di posisi 64 dari 65 negara dalam keterampilan keaksaraan matematika (OECD, 2014) dan juga beberapa penelitian pendahuluan dan hasil-hasil penelitian di beberapa sekolah. Tujuan umum penelitian ini adalah mendesain model  pembelajaran matematika yang meningkatkan kemampuan berpikir kritis (kemampuan terkait menyusun argumen, dan cara mengkomunikasikan). Tujuan khusus penelitian ini adalah (1) mengkaji model pembelajaran matematika yang meningkatkan kemampuan berpikir kritis, menyusun indikator-indikator kemampuan berpikir kritis dan (2) menggali pendapat pakar/calon pengguna model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan bepikir kritis.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Berpikir kritis, dan indikatorberpikir kritis

Keywords


Model Pembelajaran, Berpikir kritis, dan indikator berpikir kritis

Full Text:

PDF PDF

References


Bajracharya, I. K., B. 2010. Teaching Mathematics Through ABC Model of Critical Thinking. Mathematics Education Forum. Vol. II, issue 28, year 14, pp: 13-17. Thachal Kathmandu: Mahendra Ratan Campus.

Bell, T. 1981. Promting Thinking Through Physical Education, Learning and Teaching in Action, 1 : 35-40.

Buhaerah. 2012. Model Pembelajaran Yang Efektif Yang Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis ( Suatu Persepsi Guru ), Parepare 2(2).

Campbell, J. 2004. Assesing Teacher Effectivienes: Developing a Differential Model. London: RoutledgeFarmer

Chaipichit, D., Jantharajit, N., Chookhampaeng, S. 2010. Development Of Learning Management Model Based On Constructivist Theory And Reasoning Strategies For Enhancing The Critical Thinking Of Secondary Students, Academic Journal | Educational Research and Reviews, v10 n16

Dickerson, D.S, & Doerr,H. M. 2008. International Group for the Psychology of Mathematics Education. Proceedings of the Joint Meeting of PME 32 and PMENA XXX. Centro de Investigacion the Estudios Avanzados del IPN. San Nicolás de Hidalgo: Universidad Michoacana. (2013, Februari 23). Diperoleh dari

http://www.pmena.org/proceedings/PMENA203020200820Proceedings20Vol201.pdf

Duron, R., Limbach, B., & Waugh, W. 2006. Critical Thinking Framework. In International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. Vol. 17, no. 2, pp: 160-166. Virgilance: Illinois State Univercity.

Glaser, E. 2001. Advanced School of Education at Teacher’s College. An Experiment in the Development of critical Thinking, pp: 1-86. Columbia: Columbia Univercity.

Gokhale, A. 2005. Collaborative Learning Enhances Critical Thinking. Journal of Technology Education. Vol. 7, No. 1 Fall 2005. Virgilance: The Department of industrial Education and Technology Illinois State Univercity.

Hassoubah, I.Z. 2004. Cara Berpikir Kritisdan Kreatif. Bandung: Nuansa.

Hassoubah, I.Z. 2007. Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis Disertasi Ilustrasi dan Latihan.Bandung: Nuansa.

Innabi, H. 2003. Aspects of Critical thinking in Classroom Instruction of Secondary School Mathematics Teachers in Jordan. The Mathematics Education into the 21st Century Project. Proceeding of The International Conference. The Decidable and the Undecidable in Mathematics Education. pp: 124-129. Jordan: Brno, Czech Republic. (2012, Maret 14). Diperoleh dari http://math.unipa.it/~grim/21project/21brno03Innabi.pdf

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.

Morgan, Evans & Tsatsaroni. 2003. Emotion in school mathematics practices: A contribution from discursive perspectives.emotionInmat

Muijs, D., Reynolds, D. 2008. Effective Teaching. London: Sage Publication Ltd.

Mullis, Ina V. 2012. TIMSS 2011 International Result in Mathematics (Trends in International Mathematics and Science Study at the Fourth and Eight Grades). Chestnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Boston College.

Nickerson, R.S.1978. The Teaching of Thinking. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum.

OECD. 2014, PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do – Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume I, Revised edition, February 2014), PISA, OECD Publishing. http://dx.doi.org/10.1787/9789264201118-en.

Piaget, J 1985. The principles of genetic epistemology. London : Routledge & Kegan Paul

Pott, B. 1994. Strategies for Teaching Critical Thinking. Practical Asesment, Research & Evaluation, 4 (3).

Rofiq, Z. 2006. The Effect Learning on Instructional Strategy and Cognitive Style on Learning Outcome of Interpret Technical Drawing Machine. Disertasi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Romberg, T.A. 1995. Reform in School Mathematics and Authentic Assessment. USA: New York Press.

Sabandar, J. 2007. Berpikir Reflektif. Makalah Seminar Nasional Matematika 2007. UPI: Bandung.

Somakim. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Penggunaan Pendekatan Mateatika Realistik. Disertasi Tidak Dipublikasikan. Bandung: Program Pascasarjana UPI Bandung.

Sri Hastuti, N. 2009. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009. ISSN 978‐979‐16353‐3‐2.

Sudaryanto. 2008. Kajian Kritis tentang Permasalahan Sekitar Pembelajaran Kemampuan Berpikir Kritis, hhtp://www.fkundip.ac.id/pengembangan-pendidikan/77-pembelajaran-kemampuan-berpikir-kritis.html

Syahbana, Ali. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning.

Thompson, I. 1997. Teaching and Learning Early Number. Buckingham: Open Univercity Press.

Vygotsky, L.S. 1978. Mind in Society. USA. Harvard Colleege.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v2i2.187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JPM : Jurnal Pendidikan Matematika is Indexed by:

      

 


JPM : Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License