PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN BERBASIS ICT UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MATEMATIKA SMP KURIKULUM 2013

Anies Fuady, Isbadar Nursit

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam bidang penilaian. Dengan dikembangkannya Sistem penilaian berbasis ICT tersebut diharapkan dapat mempermudah kinerja guru dalam memberikan penilaian deskriptif pada setiap keunikan kemampuan siswa yang beragam.Target khusus yang ingin dicapai peneliti dalam pengembangan sistem penelitian ini adalah terciptanya produk penelitian berupa sistem penilaian berbasis ICT yang dapat menginterpretasi nilai siswa yang berupa data kuantitatif menjadi data deskriptif yang mampu menggambarkan setiap keunikan masing-masing siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini model 4D. Komponen 4 D terdiri dari 4 tahap yaitu Define (pendifinisian), Design (perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Berdasarkan analisis hasil validasi ahli Pengembang Penilaian dapat disimpulkan bahwa Sistem Penilaian berbasis ICT yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan yaitu cukup valid dengan banyak revisi dan persentase akhir 76,1%. Berdasarkan analisis hasil validasi praktisi memenuhi kriteria kevalidan dengan kategori sangat valid tanpa revisi dan persentase akhir adalah 90.33%. Berdasarkan hasil analisis validasi user pada 3 Guru Matematika SMP menunjukkan bahwa produk Sistem Penilaian berbasis ICT memiliki kriteria praktis tanpa revisi dengan persentase 82,46%.

Kata Kunci : Pengembangan, Sistem Penilaian, Kurikulum 2013, ICT

Keywords


Pengembangan, Sistem Penilaian, Kurikulum 2013, ICT

Full Text:

PDF

References


Bhakti, A. 2014. “Pengembangan Model Penilaian Autentik Berbasis kurikulum 2013”. Jurnal On-Line Universitas Negeri Malang, (Online),(http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel2B5157FBA171A8046A8FBCAD73267BA6.pdf diakses pada 24 April 2015.

Borg, W. R. and Gall, M. D. 1983. Educational Research: An Introduction. 4 Ed.New York: Longman, Inc

Havnes, A and McDowell, L. 2008. Balancing Dilemmas in Assessment and Learning in Contemporary Education. New York: Master eBook.

Kemdikbud. 2014. Kurikulum 2013: Sistem Penilaian Deskriptif Memuat Lengkap Kompetensi Siswa, (Online),(http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/index-berita-kurikulum/652-kurikulum-2013-sistem-penilaian-deskriptif-memuat-lengkap-kompetensi-siswa diakses pada 28 Februari 2015).

Kemdikbud. 2014. Paparan Wamendikbud: “Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013”. Jakarta: Kementrin Pendidikan dan Kebudayaan.

Meyer. C. 1992. What’s Different Between Authentic And Performance Assessment? Educational Leadership.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Rosda.

Mueller, J. 2014. Authentic Assessment Tool Box, (Online),

(http://jfmueller.faculty.noctrl.edu/toolbox/index.htm), diakses 9 Februari 2015

Popham, W.J. 2008.Transformative Assessment. USA: ASCD.

Rahayu, D. S. 2014. Guru: Penilaian di Kurikulum 2013 Lebih Ribet, (Online), (http://www.tempo.co/read/news/2014/08/16/079600023/Guru-Penilaian-di-Kurikulum-2013-Lebih-Ribet diakses 28 Februari 2015).

Rohmawati. 2013. Kurikulum 2013, 87 Persen Guru Kesulitan Cara Penilaian, (Online), (http://unnes.ac.id/berita/87-persen-guru-kesulitan-soal-penilaian-kurikulum-2013/ diakses 28 Februari2015).

Setiawati, N. 2014. “Kedudukan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Implementasi Kurikulum 2013”. Prosiding seminar nasional pendidikan matematika Volume 1, Tahun 2014.ISSN 2355-0473 di ProgramPascasarjana STKIPSiliwangi Bandung.

Sodikin M. 2014. Sistem Penilaian Siswa Kurikulum 2013 Sulitkan Guru.(Online), (http://pendidikan190.blogspot.com/2014/09/sistem-penilaian-siswa-kurikulum-2013.html), diakses pada 28 Februari 2015.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Widodo. 2013. “Menyongsong Pelaksanaan Kurikulum 2013 Bidang Matematika dan Pendidikan Matematika”. Prosiding Seminar nasional matematika dan Pendidikan matematika, Vol 1, Thn. 2013.ISSN 977-2338831di STKIP Siliwangi Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v2i2.190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

 

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License