PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS KEMAMPUAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH METODE NUMERIK

Anita Dewi Utami

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metode numerik. Penelitian ini menerapkan model Guided Discovery Learning berbassis keterampilan proses pada maata kuliah metode numerik. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa semester 6 IKIP PGRI Bojonegoro tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/ evaluasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil tes prestasi belajar pada siklus I menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar klasikal belum memenuhi indikator keberhasilan, sedangkan hasil tes prestasi belajar pada siklus II menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai kategori baik dan memenuhi indikator keberhasilan. Karena tindakan pada siklus II ini sudah berhasil maka tidak perlu dilakukan tindakan pada siklus selanjutnya. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metode numerik melalui model Guided Discovery Learning berbasis kemampuan proses.

Kata Kunci: Guided Discovery Learning berbasis kemampuan proses, hasil belajar, dan metode numerik

Keywords


Guided Discovery Learning berbasis kemampuan proses, hasil belajar, dan metode numerik

Full Text:

PDF

References


Eggen, P and Kauchak, D. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks.

Fatih I, Sarengat, & Muncarno. 2014. Penerapan Model Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi: Universitas Lampung.

Herman, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: JICA –Universitas Negeri Malang.

Markaban. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: Departemen pendidikan nasional pusat pengembangan dan penataran guru matematika.

Misriyadi. 2013. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SDN 3 Kresno Widodo Kabupaten Pesawaran Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi: Universitas Lampung.

Uddin, M. R. 2014. Penerapan Model Guided Discovery Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD 2 Honggosoco. Skripsi: Universitas Muria Kudus.

Nurcholis. 2013. Implementasi Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Penarikan Kesimpulan Logika Matematika. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 01, 32-42.

Nupita, Evi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas V SD. Skripsi: Unesa.

Munir, R. 2003. Metode Numerik. Bandung: Informatika.

Ranggi S. M. Pi. 2009. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII RSBI dan SMPN 1 Bantul melalui Penemuan Terbimbing dengan Menggunakan Student Worksheet. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rokhayati, N. 2010. Peningkatan Penguasaan Konsep Matematika melalui Model Pembelajaran Guided Discovery-Inquiry pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Sleman. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Simamora, I. 2010. Metode Penemuan Terbimbing.Jakarta: PT Indeks.

Sudirman, N. Et al. 1992. Ilmu Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syarif. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Model Penemuan Terbimbing.Jakarta: Rineka cipta.

UUD 1945 Pasal 31 ayat 3 tentang Pendidikan. Jakarta: Mendikbud.

Yoppy Wahyu Purnomo. 2011. Keefektifan Model Penemuan Terbimbing Dan Cooperative Learning Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Kependidikan, 41, 23-33.

Zuhelmi. 2009. Penilaian Psikomotor dan Respon Siswa dalam Pembelajaran Sains Fisika melalui Penerapan Penemuan Terbimbing. (online), vol 3 (2), 5 halaman. Tersedia: http:// ejournal.unri.ac.id/index.php/JGS/Article/download/300/29p.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v2i2.193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

 

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License