STRUKTUR REPRESENTASI EKSTERNAL SISWA PADA TRANSISI PENGETAHUAN BAGUN RUANG KE BANGUN DATAR

Syarifudin Syarifudin, Ummu Fikriyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur representasi eksternal siswa tentang transisi pengetahuan mereka dari bangun ruang ke bangun datar. Penelitian ini dilakukan kepada 8 siswa SMP yang sudah menempuh materi bangun ruang. Data diperoleh dari hasil pekerjaan siswa tentang membuktikan soal luas permukaan tabung dan hasil wawancara mendalam. Data-data tersebut direduksi, diverifikasi dan dianalisa. Hasil penelaitian menunjukkan bahwa representasi eksternal siswa tentang transisi pengetahuan mereka memiliki tiga karakteristik. Pertama siswa membuktikan soal tersebut dengan jawaban persegi panjang dan dua lingkaran, kedua dengan jawaban jajar genjang dan dua lingkaran, dan ketiga ada jawaban dua persegi panjang didapat dari satu persegi panjang utuh dan 4 setengah lingkaran bagian dari tutup dan alas tabung.

Kata Kunci : Struktur Representasi, Transisi, dan Bangun Ruang

Keywords


Struktur Representasi, Transisi, dan Bangun Ruang

Full Text:

PDF

References


Cox, R. 1999. Representation construction, externalised cognition and individual differences. Learning andInstruction, 9, 343-363.

Cuoco, A. A., & Curcio, F. R. (Eds.). 2001. The roles of representation in school mathematics. National Council of Teachers of.

Irene T, Miura. 2001. The Roles of Representation in School Mathematics: The Influence of Language on Mathematical Representation. NCTM.

Hiebert, J., & Carpenter, T. P. 1992. Learning and teaching with understanding.

Goldin, G., & Shteingold, N. 2001. Systems of representations and the development of mathematical concepts. The roles of representation in school mathematics, 2001, 1-23.

Goldin, G. A. 2002. Representation in Mathematical Learning and Problem Solving. In L.D English (Ed) International Research in Mathematical Education IRME, 197-218. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Mayer, RE 2001. Multimedia learning. Cambridge, UK: Cambridge University Press. NCTM 2000. Principles and Standards for School Mathematics, Reston, Virginia. Patricia. C. Alcaro, dkk. 2000. Fractions Attack! Children Thinking and Talking Mathematically. Teaching Children Mathematics Vol 6 No 9 Mei 2000. Hal: 562-567

Wetzels, S., Kester, L., & Van Merriënboer, J. 2010. Use of external representations in science: Prompting and reinforcing prior knowledge activation.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v2i2.198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

 

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License