EXAMPLE AND NON-EXAMPLE LEARNING MODEL BERBANTUAN MEDIA POSTER UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA

Wanda Nugroho Yanuarto, Eka Setyaningsih

Abstract


Proses belajar matematika yang dilakukan di program studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, hendaknya mendukung kemampuan mahasiswa untuk mencari konsep dari belajar itu sendiri sebagai proses belajar mereka. Untuk menciptakan suasana belajar dimana mahasiswa dapat mencari ide dan konsep belajar matematika mereka sendiri perlu didukung oleh model pembelajaran yang dapat efektif untuk menyelesaikan masalah tersebut dan media pembelajaran guna alat bantu mahasiswa untuk memaksimalkan kemampuan matematika mereka. Penggunaan Example and Non-Example Learning Model dengan berbantuan media pemelajaran poster diharapkan dapat merubah kondisi belajar yang pasif menjadi aktif dan kreatif, menumbuhkembangkan kemampuan dalam pembelajaran secara umum, dan menciptakan kemampuan matematika secara khusus, seperti kemampuan koneksi matematika, serta mengubah pembelajaran yang teacher oriented ke student oriented. Oleh karena itu, dengan menggunakan Pembelajaran Example and Non-Example berbantuan media pembelajaran poster secara berulang-ulang di mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran program studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto diharapkan dapat menumbuhkan kemampuan koneksi matematika mahasiswa.

Kata Kunci : example and non-example, media pembelajaran poster, dan kemampuan koneksi matematis

Keywords


example and non-example, media pembelajaran poster, dan kemampuan koneksi matematis

Full Text:

PDF

References


Buehl, C. 1996. Example and non-example teaching and learning for students intelligence in classroom. Oklahoma: New Light Published

Budiningsih. 2005. Discovery learning sebagai pemecahan masalah pendidikan Indonesia. Bandung : Bineka Cipta Utama

Creswell, J. W. 2012. Educational Research. Boston: Pearson Education.

Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Emetembun. 1986. Penemuan sebagai Discovery learning dalam belajar. Yogyakarta: Media Raya

Fraenkel, R. J., & Wallen, E. N. 2010. How To Design And Evaluate Research in Education. Boston: Mc Graw Hill

Hamalik, O. 2009. Curiculum guiding commite of the winconsin cooperative educational program.

Hamzah. 2003. Teori belajar dan pembelajaran sebagai jiwa pendidikan. Jakarta: Media Utama

Joolingen, W.R. van, & Jong, T. de. 1997. An extended dual search space model of scientific discovery learning. Instructional Science, 25, 307-346.

Miles & Huberman. 1992. Penelitian kualitatif dalam pendidikan. Jakarta: Cipta Reka Utama

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

National Council of Teachers of Mathematics. 1989. How to connecting concepts and real situation in students’ life. New York: Routledge dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Sudjana, N., Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sumarmo, U. 2005. Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi matematika pada Guru dan Siswa SMP. Laporan penelitian IKIP Bandung. Bandung: Tidak diterbitkan.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susilana, R., Riyana, C. 2009. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Uno. 2006. Instructional Learning as good goals in education. New York: Routledge




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v2i2.199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JPM : Jurnal Pendidikan Matematika is Indexed by:

      

 


JPM : Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License