PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI DAN PENGUKURAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Authors

  • Sunismi Sunismi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v1i1.404

Keywords:

Bahan Ajar, Geometri dan Pengukuran, Realistic Mathematics Education (RME)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar geometri dan pengukuran berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk siswa SMP Kelas VIII. Hasil penelitian pengembangan diperoleh produk cetak, yaitu buku siswa materi geometri dan pengukuran berbasis RME dan buku panduan guru. Berdasarkan uji lapangan diperoleh hasil bahwa buku cetak efektif digunakan dalam pembelajaran matematika khusus materi geometri dan pengukuran untuk siswa SMP kelas VIII. Hasil temuan penelitian adalah: 1) materi dengan RME dapat diimplementasikan dengan pertanyaan-pertanyaan konseptual untuk membangkitkan aktivitas metakognisi, berpikir kritis, kreatif, dan berpikir tingkat tinggi dengan bimbingan guru; 2) materi RME dapat diimplementasikan dalam teks ajar sebagai media yang mudah dipahami, pemberian masalah yang bermanfaat dan berkaitan dengan dunia nyata, sehingga dapat membantu siswa memecahkan masalah belajar, dan penyedia informasi yang bermanfaat untuk memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan di dunia nyata; 3) peran guru dalam proses pembelajaran dengan materi RME sebagai fasilitator dan motivator bagi siswa.

References

Allsopp, D. H, Kyger, M. M, dan Lovin, L. D. 2007. Teaching Mathematics Meaningfully: Solution for Reaching Struggling Learners. Paul. H. Brookes Publishing. London.

Blum, W. and Niss, M. 1989. Mathematical Problem Solving, Modelling, Applications, and Links to Other Subjects–State, Trends and Issues in Mathematics Instruction. In: W. Blum, M. Niss, and I. Huntley (Eds.), Modelling, Applications and Applied Problem Solving: Teaching Mathematics in a Real Contexts. Chichester: Ellis Horwoord.

de Lange, J. 1995. Assessment: No Change Without Problems, In Romberg, T.A. (ed). Reform in School Mathematucs and Authentic Assessment. New York: Suny Press.

de Lange, J. 2004. Mathematical Literacy for Living from OECD-PISA Perspective. Paris: OECD-PISA.

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

Dick, W., Carey, L., dan Carey, J.O. 2001. The Systematic Desingn of Instruction. Fifth Edition. New York: Addison-Wesley Educational Publishers Inc.

Freudenthal, H. 1991. Revisiting Mathematics Education. China Lectures. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Gravemeijer, K.P.E. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: CD-ß Press/Freudenthal Institute.

Gravemeijer, K.P.E., & Cobb, P. 2001. Designing Classroom-Learning Environments That Support Mathematical Learning. Paper Presented at the Annual Meeting of the American Educational Research Association, Seattle.

Hadi, S. 2002. Effective Teacher Professional Development for The Implementation of Realistic Mathematics Education in Indonesian. Doctoral Dissertation, University of Twente, Enschede, The Netherlands.

Joni, T.R. 1996. Pembelajaran Terpadu D II PGSD dan S2 Pendidikan Dasar. Jakarta. Tim Pengembang PGSD Depdikbud Dirjendikti Bagian Proyek Pengembangan PGSD. IBRD: LOAN 3496-IND.

Nasution S. 2005. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

NRC (National Research Council). 2002. Everybody Counts. A Report to the Nation on the Future of Mathematics Education. Washington DC: National Academy Press.

Seels, B. B. dan Richey, R. C. 1994. Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. Bloomington, IN: Association for Educational Communications and Technology.

Soedjadi, R. 2004. PMRI dan KBK dalam Era Otonomi Pendidikan. Buletin PMRI. Edisi III, Jan 2004. Bandung: KPPMT ITB Bandung.

Soedjadi R. 2001a. Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan Alam Pembelajaran Matematika. (Makalah disampaikan pada Seminar Nasional tentang Realistic Mathematic Education Universitas Negeri Surabaya).

Soedjadi R. 2001b. Pembelajaran Matematika Realistik: Pengenalan Awal dan Praktis. Makalah disampaikan pada seminar Nasional di FMIPA UNESA. Surabaya.

Waldopo. 2002. Penelitian dan Pengembangan: Pendekatan dalam Mengembangkan Produk-produk di Bidang Pendidikan Pembelajaran. Pustekom, Jurnal Teknodik, Desember, 11(4). Pp.89-100.

Zulkardi.200 2. Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Doctoral Dissertation, University of Twente, Enschede, The Netherlands.

Downloads

Published

2015-02-13

How to Cite

Sunismi, S. (2015). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI DAN PENGUKURAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 1(1), 1–14. https://doi.org/10.33474/jpm.v1i1.404