MAPPING MATHEMATICS UNTUK MENGANALISIS PROSES METAKOGNITIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH ALJABAR

Authors

  • Alifiani Alifiani Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v1i1.406

Keywords:

Mapping Mathematics, Proses Metakognitif, Pemecahan Masalah Aljabar

Abstract

Dalam proses pemecahan masalah terdapat peran metakognitif yang mempengaruhi proses pemecahan masalah. Proses pemecahan masalah menjadi lebih efektif apabila siswa melibatkan proses metakognitifnya. Oleh karena itu, perlu ada perhatian terhadap proses metakognitif siswa. Memahami proses metakognitif siswa sangat penting dilakukan dalam upaya menentukan model pembelajaran yang tepat. Dalam usaha memahami proses metakognitif siswa dapat digunakan metode analisis tematik dengan bantuan mapping mathematics. Mapping mathematics merupakan diagram yang menggambarkan struktur hasil analisis tematik. Berdasarkan hasil penelitian, mapping mathematics terbukti dapat membantu dalam memahami proses metakognitif siswa dalam memecahkan masalah aljabar.

References

Callejo, M.L. dan Vila, A. Approach to Mathematical Problem Solving and Students Belief Systems: Two Case Studies. Educational Studies in Mathematics, 72(1): 111-126.

Charters, E. 2003. The Use of Think-aloud Methods in Qualitative Research an Introduction to Think-aloud Methods. Brock Education, 12 (2): 68-82.

Danker, J.F. dan Anderson, J.R. The Roles of Prefrontal and Posterior Parietal Cortex in Algebra Problem Solving: A Case of Using Cognitive Modeling to Inform Neuroimaging Data. NeuroImage, 35 (3): 1365-1377.

Herbel-Eisenmann, B.A. dan Otten, S. 2011. Mapping Mathematics in Classroom Discourse. Journal for Research in Mathematics Education, 42 (5): 451-485.

In’am, A.; Sa’ad, N.; Ghani, S.A. 2012. A Metacognitive Approach to Solving Algebra Problems. International Journal of Independent Research and Studies, 1(4): 162-173.

Mageira, M.T., dan Zawojewski, J.S. 2011. Characterization of Social-Based and Self-Based Contexts Associated with Students’ Awareness, Evaluation, and Regulation of Their Thinking During Small-Group Mathematical Modelling. Journal for Research in Mathematics Education, 42(5): 486-516.

Özsoy, G. dan Ataman, A. The Effect of Metacognitive Strategy Training on Mathematical Problem Solving Achievement. International Electronic Journal of Elementary Education, 1(2): 67-82.

Tarim, K. 2009. The Effects of Cooperative Learning on Preschoolers Mathematics Problem-Solving Ability. Educational Studies in Mathematics, 72(3): 325-340.

Downloads

Published

2015-02-14

How to Cite

Alifiani, A. (2015). MAPPING MATHEMATICS UNTUK MENGANALISIS PROSES METAKOGNITIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH ALJABAR. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 1(1), 22–32. https://doi.org/10.33474/jpm.v1i1.406