KAJIAN STRATEGI MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS BUDAYA SEKOLAH

Authors

  • Qurroti A'yun Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/ja.v3i1.18085

Abstract

Faith and piety are spiritual things that affect mental and reasoning giving birth to righteous deeds. PAI learning activities through a culture-based approach model strategy grow as the spirit of Islam Rahmatan lil Alamin. The learning model includes the habituation of Islamic values, carrying out cultural activities with Islamic symbols, and contemplating through activities of understanding, reflecting, wisdom and practicing the values of the Qur'an and Hadith in culture. The School Culture-Based PAI Integration Method includes Tafaquh which means understanding science with full sincerity. Tafakur means observing, contemplating the verses of Kauniyah and Allah's qouliyah to take wisdom in the form of values. Tadabur means contemplating all behavior in life by practicing values based on the Qur'an. Habituation, all activities carried out based on independence, awareness, and movement.

Keywords: learning model, PAI learning, school culture

 

Abstrak

Iman dan taqwa merupakan hal-hal rohani yang mempengaruhi mental dan nalar sehingga melahirkan amal shaleh. Kegiatan pembelajaran PAI melalui strategi model pendekatan berbasis budaya tumbuh sebagai spirit Islam Rahmatan lil Alamin. Model pembelajaran tersebut meliputi pembiasaan nilai-nilai Islam, melaksanakan kegiatan budaya dengan syiar Islam, dan renungan melalui kegiatan memahami, merenungkan, hikmah dan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadist dalam budaya. Metode Integrasi PAI Berbasis Budaya Sekolah termasuk Tafaquh yang artinya memahami ilmu dengan penuh keikhlasan. Tafakur berarti mengamati, merenungkan ayat-ayat Kauniyah dan qouliyah Allah untuk mengambil hikmah berupa nilai-nilai. Tadabur berarti merenungkan segala tingkah laku dalam kehidupan dengan mengamalkan nilai-nilai berdasarkan Al-Qur'an. Pembiasaan, segala kegiatan yang dilakukan atas dasar kemandirian, kesadaran, dan gerak.

Kata Kunci: model pembelajaran, pembelajaran PAI, budaya sekolah

References

Agustian, Ary Ginanjar. 2009. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi Dan Spiritual ESQ Emotional Spiritual Quotient The ESQ Way 165 1 Ihsan 6 Rukun Iman Dan 5 Rukun Islam (Jakarta: Arga Publishing)

Daradjat, Zakiah. 2014. Ilmu Agama Islam (Jakarta: Bumi Aksara)

Hanief, Muhammad, and Muhammad Fahmi Hidayatullah. 2021. ‘INTERNALIZATION OF CHARACTER VALUES BASED ON SPIRITUAL INTELLIGENCE AT SD ISLAM BANI HASYIM MALANG REGENCY’, Conciencia, 21.1 (State Islamic University of Raden Fatah Palembang): 37–48 <https://doi.org/10.19109/CONCIENCIA.V21I1.8576>

Hasbullah. 2018. ‘LINGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN DAN HADIS’, Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4.01 (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten): 13–26 <https://doi.org/10.32678/TARBAWI.V4I01.1768>

Hidayatullah, Muhammad Fahmi, Muhamad Anwar Firdausi, Yusuf Hanafi, and Zawawi Ismail. 2021. ‘THE DIALECTICS OF RELIGIOUS AND CULTURAL LIBERALISM IN THE TRANSCULTURAL ERA’, El-HARAKAH (TERAKREDITASI), 23.2 (Maulana Malik Ibrahim State Islamic University): 273–88 <https://doi.org/10.18860/EH.V23I2.13956>

Jaeni, Dahlan. 2019. ‘SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) MENURUT DANAH ZOHAR & IAN MARSHALL DAN ARY GINANJAR AGUSTIAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP DOMAIN AFEKTIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM’ (Purwokerto: IAIN Purwokerto) <http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6173/1/cover_abstrak_daftar isi_bab i_bab v_daftar pustaka.pdf> [accessed 19 August 2022]

Kuncoro, Anis Tyas. 2019. ‘Penguatan Nilai Moderasi Dan Kultural Beragama Bagi Umat Islam Dalam Kehidupan Berbangsa’, Conference on Islamic Studies FAI 2019: 98–108

Makhrus, Zulfa Ali. 2018. ‘Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Tanbihul Ghafilin Karya Al-Imam Abu Laits as-Samarqandi’ (IAIN Salatiga)

Marimba, Ahmad D. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam (Bandung: Al Ma’arif)

Muhaimin. 2004. Paradigna Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah (Bandung: Remaja Rosdakarya)

Nata, Abudin. 2005. Tokoh-Tokoh Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia (Jakarat: PT. Grafindo Persada)

Pamungkas, Cahyo. 2014. ‘TOLERANSI BERAGAMA DALAM PRAKTIK SOSIAL: Studi Kasus Hubungan Mayoritas Dan Minoritas Agama Di Kabupaten Buleleng’, Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 9.2 (IAIN Tulungagung): 285–316 <https://doi.org/10.21274/EPIS.2014.9.2.285-316>

Rahmat. 2021. Orientasi Pendidikan Agama Islam Society 5.0 Telaah Kitab Ayyuhal Al-Walad Karya Imam Al-Ghazali (Malang: Pustaka Learning Center (PLC))

Ramayulis. 2010. Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia)

Sahlan, Asmaun. 2012. Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah Upaya Mengembangkan PAI Dari Teori Ke Aksi (Malang: UIN-Maliki Press)

Suyanto. 2010. Pendidikan Karakter Teori Dan Aplikasi (Jakarta: Rineka Cipta)

Agustian, Ary Ginanjar. 2009. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi Dan Spiritual ESQ Emotional Spiritual Quotient The ESQ Way 165 1 Ihsan 6 Rukun Iman Dan 5 Rukun Islam (Jakarta: Arga Publishing)

Daradjat, Zakiah. 2014. Ilmu Agama Islam (Jakarta: Bumi Aksara)

Hanief, Muhammad, and Muhammad Fahmi Hidayatullah. 2021. ‘INTERNALIZATION OF CHARACTER VALUES BASED ON SPIRITUAL INTELLIGENCE AT SD ISLAM BANI HASYIM MALANG REGENCY’, Conciencia, 21.1 (State Islamic University of Raden Fatah Palembang): 37–48 <https://doi.org/10.19109/CONCIENCIA.V21I1.8576>

Hasbullah. 2018. ‘LINGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN DAN HADIS’, Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4.01 (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten): 13–26 <https://doi.org/10.32678/TARBAWI.V4I01.1768>

Hidayatullah, Muhammad Fahmi, Muhamad Anwar Firdausi, Yusuf Hanafi, and Zawawi Ismail. 2021. ‘THE DIALECTICS OF RELIGIOUS AND CULTURAL LIBERALISM IN THE TRANSCULTURAL ERA’, El-HARAKAH (TERAKREDITASI), 23.2 (Maulana Malik Ibrahim State Islamic University): 273–88 <https://doi.org/10.18860/EH.V23I2.13956>

Jaeni, Dahlan. 2019. ‘SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) MENURUT DANAH ZOHAR & IAN MARSHALL DAN ARY GINANJAR AGUSTIAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP DOMAIN AFEKTIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM’ (Purwokerto: IAIN Purwokerto) <http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6173/1/cover_abstrak_daftar isi_bab i_bab v_daftar pustaka.pdf> [accessed 19 August 2022]

Kuncoro, Anis Tyas. 2019. ‘Penguatan Nilai Moderasi Dan Kultural Beragama Bagi Umat Islam Dalam Kehidupan Berbangsa’, Conference on Islamic Studies FAI 2019: 98–108

Makhrus, Zulfa Ali. 2018. ‘Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Tanbihul Ghafilin Karya Al-Imam Abu Laits as-Samarqandi’ (IAIN Salatiga)

Marimba, Ahmad D. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam (Bandung: Al Ma’arif)

Muhaimin. 2004. Paradigna Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah (Bandung: Remaja Rosdakarya)

Nata, Abudin. 2005. Tokoh-Tokoh Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia (Jakarat: PT. Grafindo Persada)

Pamungkas, Cahyo. 2014. ‘TOLERANSI BERAGAMA DALAM PRAKTIK SOSIAL: Studi Kasus Hubungan Mayoritas Dan Minoritas Agama Di Kabupaten Buleleng’, Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 9.2 (IAIN Tulungagung): 285–316 <https://doi.org/10.21274/EPIS.2014.9.2.285-316>

Rahmat. 2021. Orientasi Pendidikan Agama Islam Society 5.0 Telaah Kitab Ayyuhal Al-Walad Karya Imam Al-Ghazali (Malang: Pustaka Learning Center (PLC))

Ramayulis. 2010. Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia)

Sahlan, Asmaun. 2012. Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah Upaya Mengembangkan PAI Dari Teori Ke Aksi (Malang: UIN-Maliki Press)

Suyanto. 2010. Pendidikan Karakter Teori Dan Aplikasi (Jakarta: Rineka Cipta)

Subana dan Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Downloads

Published

2021-05-19

How to Cite

A’yun, Q. (2021). KAJIAN STRATEGI MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS BUDAYA SEKOLAH. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 3(1), 68–80. https://doi.org/10.33474/ja.v3i1.18085

Issue

Section

Articles