Pemanfaatan aplikasi learning management system (LMS) menggunakan sevima edlink bagi guru SMA
DOI:
https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i2.13978Keywords:
pelatihan, LMS, sevima edlinkAbstract
Guru SMAN 1 Pandih Batu belum menggunakan Learning Management System (LMS) secara maksimal sehingga membutuhkan pelatihan dalam menggunakan aplikasi ini. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman guru mengenai LSM khususnya menggunakan Sevima Edlink. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah demonstrasi, praktek, dan diskusi. Peserta pada kegiatan ini adalah 30 orang guru di SMAN 1 Pandih Batu. Target pelatihan ini yaitu guru mampu menggunakan Sevima Edlink, pembuatan topik materi, invite siswa, pengunggahan materi pelajaran, dan kuis daring. Hasil dari kegiatan ini menunjukan terjadi peningkatan kemampuan berdasarkan hasil pretest dengan nilai 62,3 meningkat pada hasil postest dengan nilai 80,5. Hasil skor N-Gain menunjukan terjadi peningkatan kemampuan guru sebesar 0,48 dengan kategori sedang. Peserta menilai bahwa pelatihan ini dapat memberikan manfaat berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan diri bagi peserta dengan metode ceramah maupun kegiatan demonstrasi dan peserta juga menilai bahwa pemateri baik ceramah maupun praktek sangat baik dalam penguasaan metode dan materi.
References
Dori, Y. J., Tal, T., & Peled, Y. (2002). Characteristics of Science Teachers Who Incorporate Web-Based Teaching. Research in Science Education, 32(4), 511–547. https://doi.org/10.1023/A:1022499422042
Georgouli, K., Skalkidis, I., & Guerreiro, P. (2008). A Framework for Adopting LMS to Introduce e-Learning in a Traditional Course. Educational Technology & Society, 11(2), 227–240. https://www.jstor.org/stable/jeductechsoci.11.2.227
Heathcote, L., & Dawson, S. (2005). Data Mining for Evaluation, Benchmarking and Reflective Practice in a LMS. Proceedings E-Learn 2005: World Conference on E-Learning in Corporate, Government, Healthcare & Higher Education. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.92.4297&rep=rep1&type=pdf
Kent, C., Laslo, E., & Rafaelia, S. (2016). Interactivity in online discussions and learning outcomes. Computers & Education, 97, 116–128. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0360131516300537
Kim, B., & Park, M. J. (2018). Effect of personal factors to use ICTs on e-learning adoption: comparison between learner and instructor in developing countries. Information Technology for Development, 24(4), 706–732. https://doi.org/10.1080/02681102.2017.1312244
MacKenzie, A., Muminovic, M., & Oerlemans, K. (2017). The Intentional use of Learning Management Systems (LMS) to Improve Outcomes in Studio. Journal of Problem Based Learning in Higher Education, 5(1), 47–63. https://doi.org/10.5278/ojs.jpblhe.v0i0.1558
Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations (5th ed.). Simon and Schuster.
Sheridan, L., Kotevski, S., & Dean, B. A. (2014). Learner perspectives on online assessments as a mechanism to engage in reflective practice. Asia-Pacific Journal of Cooperative Education, 15(4), 335–345.
Steel, C. (2009). Reconciling university teacher beliefs to create learning designs for LMS environments. Australasian Journal of Educational Technology, 25(3), 399–420. https://doi.org/10.14742/ajet.1142
Yakubu, M., Kah, M., & Dasuki, S. (2019). Student’s Acceptance of Learning Management Systems: A Case Study of the National Open University of Nigeria. International Conference on Sustainable ICT, Education, and Learning. https://doi.org/10.1007/978-3-030-28764-1_27
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
.