Pemanfaatan aplikasi learning management system (LMS) menggunakan sevima edlink bagi guru SMA

Authors

  • A’am Rifaldi Khunaifi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Arif Supriyadi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Dedy Setyawan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i2.13978

Keywords:

pelatihan, LMS, sevima edlink

Abstract

Guru SMAN 1 Pandih Batu belum menggunakan Learning Management System (LMS) secara maksimal sehingga membutuhkan pelatihan dalam menggunakan aplikasi ini.  Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman guru mengenai LSM khususnya menggunakan Sevima Edlink.  Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah demonstrasi, praktek, dan diskusi. Peserta pada kegiatan ini adalah 30 orang guru di SMAN 1 Pandih Batu.  Target pelatihan ini yaitu guru mampu menggunakan Sevima Edlink, pembuatan topik materi,  invite  siswa,  pengunggahan materi pelajaran, dan kuis daring. Hasil dari kegiatan ini menunjukan terjadi peningkatan kemampuan berdasarkan hasil pretest dengan nilai 62,3 meningkat pada hasil postest dengan nilai 80,5. Hasil skor N-Gain menunjukan terjadi peningkatan kemampuan guru sebesar 0,48 dengan kategori sedang. Peserta menilai bahwa pelatihan ini dapat memberikan manfaat berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan diri bagi peserta dengan metode ceramah maupun kegiatan demonstrasi dan peserta juga menilai bahwa pemateri baik ceramah maupun praktek sangat baik dalam penguasaan metode dan materi.

References

Dori, Y. J., Tal, T., & Peled, Y. (2002). Characteristics of Science Teachers Who Incorporate Web-Based Teaching. Research in Science Education, 32(4), 511–547. https://doi.org/10.1023/A:1022499422042

Georgouli, K., Skalkidis, I., & Guerreiro, P. (2008). A Framework for Adopting LMS to Introduce e-Learning in a Traditional Course. Educational Technology & Society, 11(2), 227–240. https://www.jstor.org/stable/jeductechsoci.11.2.227

Heathcote, L., & Dawson, S. (2005). Data Mining for Evaluation, Benchmarking and Reflective Practice in a LMS. Proceedings E-Learn 2005: World Conference on E-Learning in Corporate, Government, Healthcare & Higher Education. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.92.4297&rep=rep1&type=pdf

Kent, C., Laslo, E., & Rafaelia, S. (2016). Interactivity in online discussions and learning outcomes. Computers & Education, 97, 116–128. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0360131516300537

Kim, B., & Park, M. J. (2018). Effect of personal factors to use ICTs on e-learning adoption: comparison between learner and instructor in developing countries. Information Technology for Development, 24(4), 706–732. https://doi.org/10.1080/02681102.2017.1312244

MacKenzie, A., Muminovic, M., & Oerlemans, K. (2017). The Intentional use of Learning Management Systems (LMS) to Improve Outcomes in Studio. Journal of Problem Based Learning in Higher Education, 5(1), 47–63. https://doi.org/10.5278/ojs.jpblhe.v0i0.1558

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations (5th ed.). Simon and Schuster.

Sheridan, L., Kotevski, S., & Dean, B. A. (2014). Learner perspectives on online assessments as a mechanism to engage in reflective practice. Asia-Pacific Journal of Cooperative Education, 15(4), 335–345.

Steel, C. (2009). Reconciling university teacher beliefs to create learning designs for LMS environments. Australasian Journal of Educational Technology, 25(3), 399–420. https://doi.org/10.14742/ajet.1142

Yakubu, M., Kah, M., & Dasuki, S. (2019). Student’s Acceptance of Learning Management Systems: A Case Study of the National Open University of Nigeria. International Conference on Sustainable ICT, Education, and Learning. https://doi.org/10.1007/978-3-030-28764-1_27

Published

2022-03-24

How to Cite

Khunaifi, A. R., Supriyadi, A., & Setyawan, D. (2022). Pemanfaatan aplikasi learning management system (LMS) menggunakan sevima edlink bagi guru SMA. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(2), 189–198. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i2.13978