Peningkatan literasi masyarakat melalui perpustakaan desa berbasis inklusi sosial
DOI:
https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i3.15559Keywords:
literasi, inklusi sosial, perpustakaan desaAbstract
Perpustakaan berbasis inklusi sosial menjadi agenda penting dalam menyelenggarakan program transformasi perpustakaan khususnya perpustakaan desa. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik berupaya untuk meningkatkan peran dan fungsi perpustakaan desa di wilayahnya dengan mendukung program peningkatan literasi masyarakat. Pengabdian masyarakat kepada masyarakat dilakukan untuk penguatan literasi dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan menjadikan perpustakaan desa sebagai sarana kegiatan dan belajar. Sasaran program ini adalah 27 perpustakaan desa percontohan di Kabupaten Gresik. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) untuk melihat dan memahami gejala sosial terkait pengembangan perpustakaan desa. Adapun implementasinya, program ini telah melakukan metode-metode: 1). Persiapan; 2). Pelaksanaan; 3). Focus Group Discussion (FGD); 4). Monitoring; 5). Evaluasi. Tujuan akhir yang ingin dicapai dari program ini adalah adanya peningkatan literasi dalam meningkatnya minat baca masyatakat desa. Hasil program pengabdian ini adalah peserta yang mengikuti pelatihan mendapatkan pengetahuan serta skill yang lebih terasah untuk diterapkan dalam perpustakaan desanya untuk mendukung pengembangan perpustakaan desa berbasis inklusi sosial. Temuan ini mengindikasikan bahwa program pengabdian ini dapat menambah pengetahuan manajemen perpustakaan desa dan menyebarluaskan keterampilan teknis yang penting untuk keberlanjutan perpustakaan desa berbasis inklusi sosial.References
Adriyana, L., & Cahyaningtyas, D. F. (2022). The Importance of Rural Library Services Based on Social Inclusion in Indonesia. In Handbook of Research on the Role of Libraries, Archives, and Museums in Achieving Civic Engagement and Social Justice in Smart Cities. IGI Global Publiser of Time Knowledge. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-8363-0.ch010
Alphonse, M., George, P., & Moffatt, K. (2007). Redefining social work standards in the context of globalization: Lessons from India. International Social Work, 51(2), 145–158. https://doi.org/10.1177/00208728070858
Asnawi. (2015). Perpustakaan Desa Sebagai Sumber Layanan Informasi Utama. Media Pustakawan, 22(3), 40–46. https://doi.org/10.37014/medpus.v22i3.210
Diskominfo Gresik. (2021). Perpustakaan Desa Sukoanyar Cerme Nominator Wakil Jawa Timur di Kancah Nasional. https://gresikkab.go.id/berita/173-perpustakaan-desa-sukoanyar-cerme-nominator-wakil-jawa-timur-di-kancah-nasional
Gutama, P. P. B., & Widiyahseno, B. (2020). Inklusi Sosial dalam Pembangunan Desa. Reformasi, 10(1), 70–80. https://doi.org/10.33366/rfr.v10i1.1834
Heriyati, P., Kalumbang, Y. P., Dewanti, R., & Johan. (2020). Village Library for Sustainable Community Empowerment Program Case: Village Library at Tirtomoyo Village Pakis, Malang District, East Java. International Conference on Biospheric Harmony Advanced Research (ICOBAR 2020).
Husna, A. N., Yuliani, D., Rachmawati, T., Angraini, D. E., Anwar, R., & Utomo, R. (2021). Program Literasi Digital untuk Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Desa Sedayu, Muntilan, Magelang. Community Empowerment, 6(2), 156–166. https://doi.org/10.31603/ce.4259
Komariah, N., Saepudin, E., & Rukmana, E. N. (2021). Pelayanan perpustakaan desa berbasis inklusi sosial di Perpustakaan Desa Jendela Dunia Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 17(1), 112–127. https://doi.org/10.22146/bip.v17i1.1298
Mahdi, R. (2020). Perpustakaan Umum Berbasis Inklusi Sosial: Apa dan Bagaimana Penerapannya? (Sebuah Kajian Literatur). Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(2), 201–215. https://doi.org/10.14421/fhrs.2020.152.201-215
Perpusnas. (2021). Rakornas Bidang Perpustakaan 2021: Kuatkan Peran Perpustakaan dalam Transfer Pengetahuan. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. https://www.perpusnas.go.id/news-detail.php?lang=id&id=210322024648sRanzJoZq3
Prasetyawan, Y. Y., & Suharso, P. (2015). Inklusi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembangunan Perpustakaan Desa. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.23887/ap.v1i01.7146
Pratiwi, E., & Heriyanto. (2022). Social Inclusion-Based Library Transformation Program. Library Philosophy and Practice. https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/6705/
Purwantini, A. H., Aziza, D. A., Kurniawan, A. B., Azizah, F. N., Utami, W. I., & Anggitasari, F. (2021). Optimalisasi Peran Perpustakaan Desa Donorojo Berbasis Inklusi Sosial Guna Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat. Community Empowerment, 6(3), 480–485. https://doi.org/10.31603/ce.4348
Qulloh, F. I. (2021). Pengembangan Literasi Dalam Peningkatan Minat Baca Santri Pada Perpustakaan Mini Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kediri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 1(2), 71–78. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/165
Rohman, A. S., Erwina, W., & Lusiana, E. (2015). Transformasi Perpustakaan Desa Untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Pedesaan di Kabupaten Majalengka. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1–5. http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/20269
Utami, D., & Prasetyo, W. D. (2019). Perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk pembangunan Sosial-Ekonomi masyarakat. VISI PUSTAKA : Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 21(1), 31–38. https://doi.org/10.37014/visipustaka.v21i1.74
Walsh, K., Scharf, T., & Keating, N. (2017). Social exclusion of older persons: a scoping review and conceptual framework. European Journal of Ageing, 14(1), 81–98. https://doi.org/10.1007/s10433-016-0398-8
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ragil Tri Atmi, Endang Gunarti, Fitri Mutia, Ismi Choirunnisa Prihatini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.