Penerapan model pembelajaran untuk mengembangkan berpikir kritis siswa bagi guru sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.18689Keywords:
model pembelajaran, berpikir kritisAbstract
Peningkatan kualitas mengajar guru adalah hal terpenting dalam dunia Pendidikan mengingat guru adalah ujung tombak pelaksanaan pendidikan di sekolah. Selain itu pemerataan kualitas Pendidikan juga menjadi perhatian tersendiri pada kabupaten berkembang seperti di Kabupaten Barito Utara. Sejalan dengan hal tersebut, salah satu sekolah dasar swasta di Barito Utara yaitu SD Muhammadiyah memiliki komitmen dalam peningkatan kualitas mengajar guru agar guru di sekolah tersebut dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa di daerahnya. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kompetensi guru-guru daerah dalam hal pengajaran. Adapun metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dalam bentuk pelatihan dengan tahapan yaitu: identifikasi, Pretest, pelaksanaan pelatihan dan Posttest. Dampak positif dirasakan dari pelatihan ini. Hal ini karena kegiatan ini dapat membantu kesulitan serta memenuhi kebutuhan peserta dalam hal penerapan model pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Selanjutnya, kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini juga mencapai target yang sudah disusun sebelumnya yaitu para guru mampu meningkatkan dan memperkaya pengetahuan mereka model pembelajaran, kemampuan berpikir kritis siswa serta cara pengembangan instrument berpikir kritis siswa.
References
Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 216–231. https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449
Khofiatun, Akbar, S., & Ramli, M. (2016). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 984–988. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6336
Manalu, A. (2021). Penguatan Wawasan Guru tentang Penerapan Model Pembelajaran Berorientasi HOTs (Higher Order Thingking Skill) bagi Guru SMA Swasta Bintang Timur Pematangsiantar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 460–467. https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/706
Maruli, S. (2014). Quality in Teaching : A review of literature. International Journal of Education and Research, 2(12), 193–200.
Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807
Navy, A. (2013). Manajemen Sumber Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sains: Studi Kasus di Pratomseksa (SD) Sassanasuksa Thailand. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(4), 388–395. http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/view/4148
Naz, F., & Murad, H. S. (2017). Innovative teaching has a positive impact on the performance of diverse students. SAGE Open, 7(4), 1–8. https://doi.org/10.1177/2158244017734022
Ni’mah, N. (2022). Analisis Indikator Berpikir Kritis Terhadap Karakter Rasa Ingin Tahu dalam Kurikulum 2013. Anterior Jurnal, 22(Special-1), 118–125. https://doi.org/10.33084/anterior.v22ispecial-1.3220
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 3(2), 155–158. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10490
Rachmadhan, O., Arifin, Z., & Silviana, H. (2017). Effectiveness of the Use of Inquiry Learning Approach Towards Students’ Improvement in Process Skills of Iv Graders in Cikeas Natural School. Edutcehnologia, 3(1), 1–12. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/8900
Rahman, A. Z., Hidayat, T. N., & Yanuttama, I. (2017). Media Pembelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 5(1), 43–48. http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1797
Rusmansyah, Hamid, A., Sugianti, R., Baihaqi, A., Parida, E., Mahda, & Kirana, G. F. A. (2022). Pelatihan Pembelajaran Model Scientific Critical Thinking (SCT) di Lingkungan Lahan Basah. PRO SEJAHTERA (Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat), 4, 71–74. https://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-abdimas/article/view/653
Rusnilawati, & Gustiana, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik (BAE) Berbantuan Flipbook Berbasis Keterampilan Pemecahan Masalah Dengan Pendekatan CTL Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 190–201. https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.5450
Snyder, L. G., & Snyder, M. J. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills How Critical Thinking Relates to Instructional Design. The Delta Pi Epsilon Journal, 1(2), 90–100. http://0-search.ebscohost.com.library.alliant.edu/login.aspx?direct=true&db%0A=bth&AN=36047753&site=ehost-live&scope=site
Suarjana, I. W. G. (2020). Analisis Beban Kerja Mahasiswa Praktikum Parasitologi Di Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Manado. Jurnal Ergonomi Indonesia (The Indonesian Journal of Ergonomic), 6(1), 45–51. https://doi.org/10.24843/jei.2020.v06.i01.p06
Suryaningsih, E., & Fatmawati, L. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar tentang Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Api untuk Siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 113–124. https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.5310
Yusnita, D., Wahyudin, D., & Fathoni, T. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman. Edutcehnologia, 3(1), 8–18. http://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/8894
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurun Ni'mah, Bulkani, Endang Sri Estimurti, Dedy Setyawan, Agung Riadin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.